5 Ide Olahraga di Rumah untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

by - Maret 25, 2020

ide olahraga di rumah untuk meningkatkan imunitas


Sejak himbauan untuk #dirumahaja digaungkan pemerintah, saya banyak sekali mendapat ajakan untuk bergaya hidup sehat. Mulai dari anjuran seperti yang digaungkan pemerintah (lebih sering cuci tangan, menjaga jarak) sampai ajakan untuk mengonsumsi makanan dan minuman tertentu.

Tapi saya jarang banget memperoleh ajakan untuk melakukan olahraga. Paling hanya sebatas di pamflet seperti sering cuci tangan, makan seimbang, dan olahraga.

Padahal olahraga sama pentingnya dengan konsumsi makanan seimbang.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan konsumsi makanan sehat yang tidak dibarengi dengan olahraga tidak akan menghasilkan kesehatan yang maksimal.


Ide olahraga yang bisa dilakukan di rumah


Waktu ngobrol sama teman-teman di grup Arisan Link, olahraga biasanya juga jarang dilakukan, begitu juga dengan grup ibu-ibu di RT tempat saya tinggal.

Sebelum ada pembatasan keluar rumah, kami memang biasa melakukan senam pagi dua minggu sekali, sayang, begitu masuk hujan + corona, ya sudah, selamat tinggal, deh olahraga.

Hubungan imunitas dan olahraga

Mengutip unggahan di situs medlineplus.gov milik pemerintah Amerika, olahraga akan membuat perubahan pada antibodi dan sel darah putih. Seperti kita ketahui, sel darah putih adalah sistem imun yang berperan dalam mempertahankan kesehatan tubuh kita. 

Situs ini juga menyarankan, dengan jalan kaki setiap hari atau olahraga ringan beberapa klai seminggu akan membantu tubuh aliran darah di tubuh kita lebih lancar, mengurangi resiko penyakit jantung, plus memperkuat tulang tubuh. 

Tapi sayang, meski sudah tahu jika olahraga itu baik untuk tubuh, kita masih juga sering malas untuk memulai olahraga. 

Alasan kita enggan memulai olahraga


Sudah pernah dengar jika salah satu resolusi adalahmenurunkan berat badan dan berolahraga? Ya, memulai olahraga memang sangat susah. Saya pun jika tidak karena sering review kelas-kelas olahraga, kemungkinan besar ya, akan malas memulai.

Saya pernah menyimak sebuah presentasi di channel TED tentang bagaimana mengubah perilaku dan kebiasaan kita. Dalam persentasi tersebut, pembicara menyebutkan, ketika membayangkan sesuatu yang berat,- seperti bangun lebih pagi-, otak kita memang cenderung menghindari. Dan memang butuh lingkungan yang dapat mendukung agar kita mau untuk bergerak.

Sebagai makhluk sosial, kita cenderung melakukan hal-hal yang sama dengan lingkungan kita. Kita tidak mau jika tertinggal sesuatu dengan yang lain.

Tapi gimana ya, untuk memulai olahraga di saat justru aktivitas sosial malah dilarang?

5  Rekomendasi video YouTube untuk olahraga di rumah


Mumpung hampir sebagian besar anggota keluarga ada di rumah nih, bagaimana jika olahraga dijadikan aktivitas tambahan di rumah. Bukannya kita sering bingung mencari aktivitas untuk anak? Nah, olahraga ini bisa jadi salah satu alternatifnya.

#1. Walk at Home



Saya paling sering merekomendasikan olahraga ini untuk teman-teman yang baru mulai olahraga. Saya juga sering memilih channel ini jika sudah cukup lama berhenti olahraga. Atau malah jika sedang tidak punya banyak waktu untuk berolahraga.

Alasan saya merekomendasikan karena .... cuma jalan doang. Iya, beneran, hanya jalan ditempat, maju-mundur, sesekali kesamping, dan dengan beberapa gerakan modifikasi tangan. Enteng dan gampang.

Di channel ini Sahabat RPB dapat memilih durasi olahraga sesuai kebutuhan, bahkan ada yang hanya 8 menit saja. Sahabat juga bisa memilih jenis latihan sesuai kekuatan Sahabat, misal ingin yang melatih tangan, kaki, atau malah jenis latihan HIT.


#2. Poco-poco



Senam asli Indonesia ini juga sering saya rekomendasikan untuk teman-teman. Malahan Bapak instruktur senam di RT juga sering memilih olahraga ini jika kami sudah lama jeda latihan.

Gerakannya cukup sederhana, dengan variasi gerakan juga tidak begitu banyak, seperti gerakan silatm lempar lembing, atau kuda lumping. Ditambh dengan alunan musik asli Indonesia. Bikin badan pengen terus goyang. 😀 Aseeekkkk .....

#3. Bipasha Bashu, Break Free



Senam ini cocok untuk Sahabat yang sudah mulai terbiasa berolahraga (olahraga 2-3 kali seminggu). rekomen juga untuk para Kakak usia belasan.

Oya, para penyuka film India, pasti suka ikut aerobik ini. Bipasha Bashu adalah seorang artis India yang tertarik dengan aerobik. Saat ini selain membintangi banyak film, ia juga aktif mengenalkan gaya hidup sehat di India,

Seperti nama penciptanya, aerobik ini banyak menggunakan gerakan tari India untuk berolahraga. Asik, penuh tantangan, tapi bener-bener nguras keringat saat latihan.

Durasi olahraga ini 30 menit dengan 5 menit break untuk istirahat minum.

#4. Pop Sugar Fitness



Ada banyak kategori latihan di channel Pop Sugar ini. Mulai dari 30-Minutes Workout, Pilates, Yoga, Dance, dan masih banyak lagi. Tinggal milih mana yang paling cocok dengan kekuatan dan waktu yang tersedia.

Asiknya, di channel ini, semua video olahraga juga ada peserta yang melakukan olahraga dengan gerakan alternatif. Tujuannya, agar kita bisa memilih gerakan yang sesuai dengan kemampuan kita.

#5. Strong by Zumba, Ai Lee Syarief



Ini adalah olahraga favorit saya, durasi pendek, nguras keringat sampai habis. He he, saya memang penyuka olahraga yang ngluarin keringat banyak, kecuali untuk lari dan permainan bola. Nggak cocok banget.

Gerakan olahraganya sebetulnya sederhana, tapi powerful banget. Plus banyak gerakan memukul, menendang, dan loncat. Jadi, kalau baru mulai olahraga, jangan pilih ini, nanti kecapekan.

Selalu sediakan air dan handuk saat mengikuti latihan Strong by Zumba, biar nggak dehidrasi juga.


Oke, itulah 5 rekomendasi olahraga yang bisa Sahabat RPB lakukan di rumah.

Untuk Sahabat yang sudah memiliki riwayat gangguan kesehatan, saya sarankan untuk konsultasi dulu ke dokter jika ingin melakukan latihan-latihan diatas. Jangan lupa cek denyut nadi sebelum latihan, ya. Selamat berolahraga...!


You May Also Like

0 komentar