Perlukah Blogger Belajar Bisnis Online?

by - 8/12/2016

Ilmu dari bisnis online bisa membantu Blogger membangun brand yang dimilikinya 

Ahay...

Tulisan kali ini judule asik banget he he he. Ini ni, gara-gara ikut kelas mbak Isah Kambali, jadi dapat PR deh. Padahal aslinya saya nggak gape-gape amat omongin bisnis. Hanya suka mempelajarinya saja, karena punya cita-cita suatu saat pengen punya bisnis sendiri.

Tapi sepertinya perkembangan dunia digital saat ini tanpa saya sadari telah memasukkan saya kedunia bernama bisnis online ini. Terlebih ketika akhirnya terjum kedunia content writer. Kok bisa dan apa alasannya? Yuk, cuss lanjut ke bawah.

Blogger dan bisnis online


Kalau dengar bisnis online, apa yang ada di benak teman-teman? We sell something on the worlwideweb, right?

Nah, gitu juga blogger.

Fine, orang bilang blog itu diary berjalan, tulisan atau rekaman aktivitas sehari-hari. Tapi nggak bisa dipungkiri juga kan kalau saat ini blog atau situs sudah berubah menjadi multi fungsi. Ada yang menggunakannya sebagai media informasi (situs berita tu), sebagai media jualan, media review, pamer foto atau portofolio dan lain sebagainya.

Begitu juga seorang blogger, saya misalnya. Saya dulu menggunakan blog ini sekedar untuk mengumpulkan contoh jenis-jenis tulisan yang saya kuasai. Tulisan yang bisa saya gunakan sebagai portofolio awal saya saat mula-mula terjun ke dunia content writing.

Ketika mendapat tawaran atau melamar pekerjaan saya biasanya cukup memberikan link blog ini kepada calon klien. Atau bila mereka ingin tulisan lain sesuai tema mereka, maka blog ini bisa menjadi contoh kedua bagi saya, terutama tentang gaya tulisan yang saya miliki.

Dengan kata lain, tanpa saya sadari, saya telah menggunakan blog ini sebagai branding, sebagai tempat jualan jasa dan kreativitas saya. Nah, ketemu juga kan akhirnya poinnya? Sama-sama jualan.

Pentingkah blogger belajar bisnis online?


Pernah dengar nama Neil Patel, Jon Morrow atau Nathan Matthew (agak lupa ni nama lengkapnya) ? Mereka adalah blogger yang kini mulai merambah dunia marketing menawarkan jasa untuk membantu oranglain melejitkan penjualan mereka. Modal mereka, apalagi jika bukan tulisan mereka.

Ilmu basic marketing online yang perlu Blogger tahu

Di ranah off line, produk bisa bersaing karena rasanya yang enak, terbuat dari bahan berkualitas, atau malah diskonnya yang besar-besaran. Tapi diranah digital, persaingannya hanya satu, masuk dalam halaman pertama mesin pencari.

Tentu saja bagi seorang blogger yang inging me-monetizing blog-nya, berada di halaman pertama mesin pencari sangatlah menguntungkan. Terlepas apakah ia ingin mendatangkan uang dari paid review, afiliasi, atau pemasangan iklan, berada di halaman pertama tetap menjadi idaman.

Jadi, penting nggak seorang blogger belajar bisnis online? I believe you can answer it by your self.

Apa yang bisa blogger pelajari dari bisnis online


Sebagai part time blogger saya pun tentu ingin mendapat penghasilan dari blog. Makanya kalau ada woro-woro kursus, seminar atau sekedar buku how to monetize your blog biasanya saya pasti daftar. Malah saya juga subscribe beberapa newsletter dari para praktisi internet marketing.

Jadi ketika ada orang bilang tentang bisnis online, pikiran saya biasanya langsung tertuju pada marketing online.

Samakah marketing online dengan bisnis online? Menurut saya nggak beda jauh si.

Di wikipedia online bussiness di alih bahasakan dengan nama perdagangan elektronik. Kegiatannya meliputi penjualan, pemasaran, juga pembelian melalui sarana elektronik (baca: internet).

Jadi menurut saya, marketing online adalah bagian yang tak terpisahkan dari bisnis online. Dari newsleteer marketing online yang biasa saya terima, seorang blogger bisa menggunakan tips and trik untuk berada di halaman pertama mesin pencarian misalnya. Atau bagaimana membranding diri mereka di sosial media.


As you know, SEO sekarang nggak cuma singkatan dari Search Engine Optimization, tapi lebih ke Search Experience Optimization.

Jika di SEO seorang Blogger bisa belajar bagaimana mengoptimalkan tulisan mereka agar berada di halaman pertama mesin pencari, menjadi landing page dari banyak kata kunci (sesuai branding mereka tentu); maka ilmu search experience bisa membantu blogger untuk membuat pengunjung betah berlama-lama di blog yang mereka miliki, membagikan tulisan yang mereka buat, termasuk kembali mengunjungi blog mereka nanti.

Is it all about SEO?

Ya, nggak juga si. Seperti yang saya bilang diatas, SEO saat ini tidak hanya tentang "to be number one" tapi juga share-able, mendatangkan trafik baru dan lama, juga informatif.

Karena itu, seorang blogger tidak hanya dituntut untuk mampu menulis sesuai dengan kaidah SEO tapi juga mampu menjual brand atau jasa dia dengan cantik. Istilah kerennya soft selling gitu.

SEO sebetulnya tidak hanya tentang kata kunci atau statistik, masih ada banyak hal-hal kecil yang seseorang harus ketahui bila ingin mengoptimalkan blog atau jualannya secara online.

Tentang tampilan blog misalnya. Akan lebih baik bila seorang blogger juga menguasai bagaimana mempercantik tampilan situs/ blog-nya, agar pengunjung yang datang betah dan mudah mencari informasi yang diinginkan.

Tidak ada salahnya seorang Blogger melengkapi dirinya dengan ilmu basic HTML,
pengetahun yang bisa membantu Blogger ketika harus merapikan blog-nya

Mau tak mau, seorang blogger juga paling tidak, harus menguasai HTML dasar atau coding yang bisa ia gunakan untuk mengoptimalkan tulisannya juga. Sebuah blog yang cantik, membuat betah, seharusnya juga tidak mengambil waktu terlalu banyak untuk loading. Salah-salah, pengunjung sudah ngacir duluan karena nggak sabar nunggu loading setiap halaman.

Begitulah, ada banyak trik yang seorang blogger bisa pelajari dari sebuah bisnis online. Sebuah paket komplit dari hulu sampai hilir. Paket agar seorang Blogger mampu menembak sasaran sesuai yang diinginkan.

Jadi bagaimana, tertarik untuk mulai masuk dunia bisnis online?

Tempat belajar bisnis online

Ada banyak cara bagi blogger untuk belajar bisnis online. Bahkan buku yang menulis tentang topik ini pun sudah sangat banyak. Bila teman-teman biasa mampu membaca tutorial buku, tipe yang disiplin, model seperti ini akan cocok untuk teman-teman.

Sayangnya dengan modal buku, kadang kita sulit jika ingin konsultasi atau bertanya hal-hal yang tidak kita pahami.

Mengikuti panduan yang banyak tersebar di dunia maya juga banyak. tapi lagi-lagi, teman-teman harus mau praktek dan telaten mencoba. Setiap tutorial yang telah dipraktekkan dicatat hasilnya dan kesalahan yang dilakukan dicari jalan keluarnya.

Ada sisi baiknya lho, cara ini; lama-kelamaan Anda bisa menjadi ahli he he he. Meski ya itu tadi, it takes time, much times.

Kalau untuk saya si, paling enak belajar dengan tutor. Memang harus keluar biaya, tapi kita bisa puas bertanya dan hasil latihan langsung bisa dikoreksi. Bukankah belajar sebetulnya tentang tahu mana yang betul dan mana yang salah, apa yang harus dilakukan untuk mengoreksinya, dan seterusnya.

To sum up, bagi saya, jelas penting seorang blogger belajar bisnis online. Paling tidak mengetahui dasar-dasar dari bisnis online, agar blog yang kita buat pada akhirnya benar-benar bermanfaat untuk kita.



All pictures taken from pixabay.com

You May Also Like

4 komentar

  1. Boleh kok say belajar bisnis, siapa sih yg bisa ngelarang kamu *lareeeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo, kemana aja? Kangen deh. Kalau balik Bekasi ketemuan lagi yo, okay ....
      (reply yang nggak nyambung wkwkwkk)

      Delete
  2. wah keren banget artikelnya mbak... seruuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weee...ada cik gu. Ciyus keren cik gu? Tak ada koreksikah?

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.