Jalan-Jalan dan Belajar di Situs Gondosuli, Temanggung

by - 7/09/2016

situsgondosuli_rahayupawitri_parakan_temanggung


Hari ini iseng ngajak Hana jalan-jalan di lereng gunung Sumbing, Kecamatan Bulu, Temanggung.
Kebetulan dia juga sudah lama nanya tentang candi mlulu. Selain ingin menambah wawasan Hana, niatnya sih, test drive; pengen ngerti kuat nggak si Kimpuy tercinta ini diajak backpacker-an.

Situs Gondosuli tidaklah berbentuk candi. Hanya temuan dari reruntuhan candi yang kemudian dijadikan cagar budaya.

Belum begitu paham gimana cerita aslinya. Nanti kalau sudah ketemu nara sumber yang kompeten, saya update lagi deh. Sekarang nikmati dulu koleksi fotonya ya. Kalau pengen main kesini, sebaiknya datang pas pagi hari. Biar nggak panas gitu. Apalagi kalau bisa mendaki seputar waktu matahari terbit; wuah, view-nya cantik banget.

Deretan Merbabu, Merapi yang diselimuti kabut pagi hari, seolah gambaran lautan luas yang menajubkan.

Track ke Situs Gondosuli

Untuk menuju ke situs Gondosuli, kita cukup mendaki ke track gunung Sumbing, yang ada di sebelah RSK Ngesti Waluyo Parakan.

situsgondosuli_rahayupawitri_parakan_temanggung
Cantik kan?

situsgondosuli_rahayupawitri_parakan_temanggung
Lihat "lautan" kabut dan gunung di kejauhan itu

situsgondosuli_rahayupawitri_parakan_temanggung
Abaikan gambar "ABG"-nya, nikmati saja background-nya :)

Masuk ke Gang ini nih, kalau mau ke situs Gondosuli

situsgondosuli_rahayupawitri_parakan_temanggung

Situs Gondosuli


situsgondosuli_rahayupawitri_parakan_temanggung
Reruntuhan Candi Gondosuli
situsgondosuli_rahayupawitri_parakan_temanggung

situsgondosuli_rahayupawitri_parakan_temanggung
Relief seperti ini biasanya ada di gerbang candi
situsgondosuli_rahayupawitri_parakan_temanggung
Relief pada pagar Candi
situsgondosuli_rahayupawitri_parakan_temanggung

Prasasti Candi Gondosuli

situsgondosuli_rahayupawitri_parakan_temanggung

situsgondosuli_rahayupawitri_parakan_temanggung

situsgondosuli_rahayupawitri_parakan_temanggung
Kayak gini ni, tulisan Jawa Kuno


situsgondosuli_rahayupawitri_parakan_temanggung


Sampai jumpa di Hangout berikutnya, ya...

You May Also Like

4 komentar

  1. abg nya ngapain itu wkwkwkkw *salah fokussss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak tahu tu, mereka lagi ngapain. Maklum pengantin baru ...

      Delete
  2. Prasasti nya bagus. Tapi situs Gondosuli ini kelihatannya gak terlalu besar ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabarnya situs ini sebetulnya besar, selayak tempat pemujaan jaman dahulu. tapi kalau digali, maka penduduk di sekitar harus pindah. Jadi, sampai saat ini hanya digali di seputar makam dan lokasi pengumpulan situs tersebut.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.