Acer Liquid Z320, Sahabat Terbaik Ibu untuk Mendidik Anak dan Beraktivitas

by - 1/31/2016


Saat mendengar berita tentang kehebohan komunitas homoseksual yang mencapai pengikut fantatis saya semakin sadar akan bahaya penggunaan teknologi pada anak bila tak terkendali atau dibatasi.

Terlebih saat tahu bahwa akun tersebut berisi gambar-gambar tak pantas, kekawatiran saya pun semakin bertambah.

Seperti kita semua tahu, paparan pornografi dan hal-hal yang berkaitan dengannya bisa sangat membahayakan pada anak, karena bisa merusak daya pikir anak dan mengakibatkan seorang anak menjadi (salah satunya) menjadi kecanduan.

Sebagai orangtua, saya memang telah melakukan beberapa tindakan preventif, seperti meletakkan (meng-install) semua games, meski itu edu games, pada perangkat yang tak bergerak seperti desktop.

Yah, tapi namanya juga anak-anak, dilarang dirumah ternyata dia main game di smartphone Oomnya. Hadeuh ....

Tentu saja saya malah lebih mengkawatirkan masalah ini, karena jelas saya nggak bisa mengontrol jenis games atau isi dari smartphone adik ipar saya itu. Ga bermaksud buruk sangka si, tapi bagaimanapun juga, bujang gitu lho ... Saya kawatir dia belum men-screening smartphone-nya sebelum dimainkan oleh putri saya.

Akhirnya, daripada Hana nyuri-nyuri main di hape Oomnya, mungkin lebih baik untuk memberikannya di rumah, tapi dilengkapi dengan aplikasi parental control, kemudian dibatasi dan didampingi saat ia menggunakannya.

Terlebih anak saya termasuk tipe audio, belajar bisa jadi lebih mudah bila menggunakan perangkat yang sesuai dengan gaya belajarnya.

Kids Center, aplikasi untuk membantu anak belajar dan bermain


Saya ingat, waktu itu pernah menggunakan sebuah aplikasi edukasi dari Acer yang dilengkapi dengan parental control. Tapi sayang saya lupa namanya.

Jadi, saya langsung menuju ke situs Acer dan malah ketemu artikel review tentang Kids Center yang ternyata fungsinya sama dengan aplikasi buatan Acer dulu.

Aplikasi Kids Center dilengkapi dengan fitur bermain dan belajar; diantaranya adalah games, video, folder untuk koleksi foto anak, saran aplikasi, dan sarana perambah pada pelbagai situs.

Seperti aplikasi edukasi yang dulu pernah Acer buat; aplikasi Kids Center ini juga dibuat dengan kemampuan untuk menfilter aktivitas anak. Misal, situs yang bisa anak kunjungi hanyalah situs-situs ramah anak. Jadi, sebagai ortu kita ga perlu risau kan kalau si kecil sedang butuh referensi untuk tugas sekolah?
kids+center,acer+Liquid+Z320+rahayupawitriblog
Konten yang ada dalam aplikasi Kids Center

Video-video yang ditampilkan melalui Kids Center juga telah diubah, agar anak tak lagi mampir ke video-video yang memang tak pantas untuk ia tonton. Konten yang ditawarkan Kids Center, sepertinya sudah cukup menarik ni, untuk membuat anak betah bermain dan belajar dalam aplikasi ini.

Seandainya kita bingung untuk memilih aplikasi tambahan, Kids Center juga dilengkapi dengan fitur rekomendasi aplikasi-aplikasi yang bermanfaat untuk anak.

Saat ini aplikasi Kids Center merupakan aplikasi pre-instal salah satu produk baru Acer (launching November 2015), yaitu Acer Liquid Z320. Produk ini telah dilengkapi dengan fitur Acer BluelightShield TM yang berfungsi untuk mengurangi kelelahan mata saat menggunakan ponsel. Cukup ramah untuk anak bukan?

Fitur Acer Liquid Z320 yang berguna untuk ibu


kids+center,acer+Liquid+Z320+rahayupawitriblog
Spesifikasi Acer Liquid Z320
(klik gambar untuk memperbesar)
 Mungkin dengan alasan inilah Acer menyebut smartphone ini sebagi "produk orang Indonesia". Karena siapa saja memang bisa mendapatkan dan melakukan apa yang menjadi favoritnya dari smartphone ini.

Tahu kan, kalo orang Indonesia tu, paling suka berkumpul melalui media sosial. Nah, Acer Liquid Z320 telah dilengkapi dengan perangkat yang mendukung semua aktivitas di media sosial.

Misalkan ni, dengan kamera depan 2 megapixel dan kamera utama 5 megapixel dengan autofocus dan LED flash light. Lumayan untuk jeprat-jepret sana-sini plus selfie.

Lebih asik Z320 telah dilengkapi dengan aplikasi Gourmet Mode; itu lho, aplikasi yang bisa digunakan untuk mempercantik tampilan makanan. Cocok ni, buat ibu-ibu yang suka update masakan dan nyambi jadi food blogger sesekali he he he.

Bagi saya yang hobi nge-blog, fitur produktivitas Acer SnapNote juga bisa digunakan untuk menangkap ide-ide yang muncul saat mobile. Kapasitas penyimpanannya yang lumayan (internal storage 8GB dan memori 1GB) bagi saya cukup membantu untuk menyimpan ide-ide sementara. 

Ukuran ponselnya yang tidak terlalu besar, 4,5 inch, cukup nyaman lah untuk digenggam dan mengetik saat di perjalanan. Nah, yang paling membahagiakan untuk ukuran ibu rumah tangga macam saya ni, adalah harganya; ramah kantong; Rp 999.000,- saja. Tidak terlalu mahal, tapi cukup memenuhi kebutuhan blogging (kamera mumpuni, menulis ide saat di jalan, update di sosial media, cek email), dan yang utama, aman saat digunakan anak saya.

Bagi saya, tepatlah bila menyebut Acer Liquid Z320 ini sebagai Sahabat Ibu dalam mendidik anak dan beraktivitas.

kids+center,acer+Liquid+Z320+rahayupawitriblog

You May Also Like

8 komentar

  1. era digital membuat para ortu harus bekerja ekstra keras dlm menangani anak2 yg sudah mengenal gadget. Dgn HP ini, kita bisa sedikit santai ya mba...

    ReplyDelete
  2. Komunitas itu bikin saya ngeri loh mba. Orang tua harus lebih pintar dalam membimbing anak-anaknya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mak. Bener-bener harus bisa membangun komunikasi sama anak agar bimbingan dan saran kita masuk ke mereka. Ah, serem bener ni, kalo ingat komunitas itu

      Delete
  3. Acer ini emang bikin ngiler banget hape-nya...
    Cocooook banget buat dipake sama anak2 kita yah, jadi pengen :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mak, biar hp kita ga dirusuin lagi sama game anak-anak. ya kan?

      Delete
  4. Lebih tenang memang dengan gawai ini. Semoga sukses yaaaaa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.