-->

Brain Dump, Arti, Manfaat, dan Bagaimana Cara Melakukannya

manfaat journaling


Saat mengunggah tentang brain dump di status Facebook, ada seorang kawan yang bertanya, apa sebetulnya brain dump, dan apa manfaatnya. So, daripada jawabnya panjang, saya buat tulisan saja deh, tentang brain dump ini. 


Brain dump, arti dan manfaatnya

Brain dump, sebetulnya merupakan aktivitas yang biasa digunakan untuk "melepaskan" pikiran, perasaan, ide, atau apa saja yang ada dikepala,- pada media lain, misalnya buku atau catatan digital. Secara umum, brain dump membantu kita untuk menguraikan dan mengorganisasikan pikiran yang mungkin membuat kita cemas, berpikir kurang jelas (brain frog), dan lain sebagainya. 


Jika Sahabat RPB adalah penggemar film Harry Potter, tentu Sahabat ingat kebiasaan Albus Dumbledore yang suka memindahkan pikirannya ke dalam sebuah bejana (pensieve). Ya, kira-kira seperti itulah brain dumping. 


Manfaat brain dump


Hidup kita sebagai manusia tentu saja tidak hanya berfokus pada satu hal. Pekerjaan, tugas rumah tangga, tanggung jawab sosial, juga kewajiban untuk terus sebagai individu, tentu membutuhkan banyak perhatian. Tidak heran jika kita sering mudah merasa kewalahan, stres, sulit berpikir dengan kreatif, karena ... ya, terlalu banyak hal di dalam pikiran kita. 


Disinilah fungsi brain dump, membantu menjernihkan pikiran. 
Merekam pikiran dan perasaan kita di media lain akan membantu kita menemukan gambaran besar dari sebuah masalah. Sehingga kita akan lebih mudah menemukan solusi, atau tahu mana masalah yang perlu kita tinggalkan atau ditindak lanjuti. 


Dan sebagai seorang freelancer, yang kadang mengerjakan beberapa project dalam satu waktu, brain dump banyak membantu saya untuk memetakan pikiran, membantu membuat prioritas, dan tentu saja mencegah lupa. 😁


Bagaiman cara melakukan brain dump


Ada banyak cara orang melakukan brain dump, diantaranya: 

1. Mind map

Ini salah satu cara favorit saya untuk melakukan brain dumping. Saat hendak menulis artikel, atau punya rencana baru, seringkali ada banyak ide yang bermunculan di kepala. Dan dengan menuangkannya pada mind map, saya bisa melihat hal mana saja yang memang terkait dengan subject yang sedang saya kerjakan, dan mana yang tidak. 


2. Menuangkan pada catatan digital

Bentuknya bisa beragam, sebagian ada yang memilih dengan menggunakan dokumen, sementara lain memilih menggunakan journal online. 


Saya sendiri memilih menggunakan Google Keep. Fitur labelling dan warna yang ada pada Google Keep membantu saya mengkategorikan semua hal dengan lebih mudah.

3. Kertas atau buku catatan biasa

Beberapa teman saya yang menyukai bullet journal, lebih menyukai melakukan brain dump di atas kertas atau buku. Bagi mereka cara ini juga isa menjadi sarana healing yang murah meriah. 😁

Ya, siapa sih yang tidak suka mencorat-coret buku dengan gambar atau tulisan semau kita? 


Selain menggunakan Google Keep, saya juga memiliki catatan konvensional yang biasa saya gunakan untuk melakukan brain dumping. 


Catatan saya ada dua macam, lifebook dan journal. Khusus untuk journal saya membaginya menjadi empat macam, journal produktivitas, journal emosi, journal habit, dan journal bersyukur. 


Di dalam journal-journal itulah biasanya saya meletakkan brain dump, planing, dan insight harian atau quote yang tiba-tiba terlintas di pikiran. 


Agar tidak membingungkan begini saya membagi "catatan pikiran" saya. 


#1. Lifebook 


Ini merupakan buku besar semua perkembangan hidup saya. Tujuan hidup saya, alasan saya memilih tujuan tersebut, break down rencana mewujudkan, pencapaian penting dalam hidup -, semua ada di buku ini.  Dan tentu saja, jika ada brain dump terkait tujuan hidup, saya tulis disini juga. 


Lifebook ini tidak saya tidak saya sering isi, hanya di awal dan akhir tahun, atau saat ada momen tertentu yang sekira bisa mengubah life plan saya. 


#2. Journal


Pada journal lah, semua catatan keseharian biasanya saya simpan. 

Seperti namanya, journal adalah catatan keseharian yang memiliki tema tertentu. Dan milik saya adalah journal produktivitas, journal emosi, habit, dan bersyukur.

Saya memilih empat hal tersebut, karena empat hal itulah yang menjadi hal penting dalam hidup saya. 


Journal produktivitas saya berisi catatan ritme produktivitas sehari-hari. Isinya antara lain: 

  • Project yang sedang saya kerjakan
  • Bagaimana saya menyelesaikan pekerjaan 
  • Berapa lama waktu saya bekerja dan menghasilkan berapa (log focus)
  • Trial sistem produktivitas 
  • Insight harian saya
  • Brain dump terkait pekerjaan

Journal kategori ini paling tebal, karena saya menyimpan semua pikiran dan rencana karir saya disini. 


Journal yang kedua adalah journal emosi. 

Journal ini saya buat karena dulu saya punya kecenderungan overthinking dan ini sering membuat emosi saya naik turun. Di journal ini saya biasa menuliskan hal kurang baik yang terjadi, bagaimana saya menghadapinya, dan insight atau hikmah apa yang saya peroleh dari kejadian tersebut. 

Journal ini banyak membuat saya lebih tenang, dan mengendalikan overthinking saya. Sedikit membuat saya lebih bijak juga sih, #eh 😃


Journal ketiga adalah journal habit atau catatan kebiasaan yang sedang saya bangun.  

Tapi journal ini bukan habit tracker ya,. Karena saat ini saya masih menggunakan habit tracker di aplikasi ticktick saya hanya menggunakan journal habit ini sebagai review perkembangan habit saja. 

Misalnya kebiasaan olahraga selama bulan juni berapa persen, tilawah setelah sholat berapa persen, sarapan buah berapa persen dan lain sebagainya. 

Biasanya saya mengisinya di akhir bulan, atau saat tiba-tiba ada hal baru terkait dengan habit yang sedang saya bangun. 


Bagaimana denga jurnal bersyukur atau gratitude journal? Ya, tentu saja berisi catatan hal-hal apa yang saya syukuri di hari berjalan. 


Banyak ya, catatan saya? 

Ya, begitulah, hidup saya memang penuh dengan tulisan. 😁


Seperti yang pernah saya tulis pada artikel "Manfaat Journaling", semua catatan tersebut sebetulnya hanya berfungsi sebagai tracker. Dalam ilmu perkembangan diri, semua hal yang tidak dicatat, maka tidak akan bisa dilihat kesalahan dan kemajuannya. Akibatnya, kita pun akan kesulitan melihat perkembangannya. 


Dan tentu saja, inilah cara saya untuk melakukan brain dumping, mengeluarkan pikiran atau apa yang dirasakan pada media lain, tepat seperti pensieve-nya Dumbledore. 😀 Terkadang membaca journal membuat saya bersyukur dan bangga, bahwa sudah ada banyak perubahan yang saya buat. Mengetahui hal ini memotivasi saya untuk terus belajar dan tumbuh, juga yakin jika pada saatnya, saya akan sampai pada tujuan.


Ide-ide yang saya simpan di Google Keep, selain membantu saya tidak melupakan hal penting, juga biasa menjadi sumber inspirasi saat saya butuh ide-ide segar untuk project yang berjalan. 


Jadi, yuk, biasakan untuk melakukan brain dump, agar pikiran lebih lega, dan kita bisa menghasilkan hal-hal kreatif yang bermanfaat untuk sesama. 


Terima kasih sudah bersedia berkunjung, semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Sahabat. 

Rahayu Pawitri for rahayupawitriblog.com

Review Masker Scarlett Facecare, Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask

review_masker_scarlett_facecare


Hai, hai, ...ketemu lagi dengan  review Scarlett Facecare. 😃 Semoga nggak bosen, ya. Saya memang lagi seneng nyoba-nyoba produk facecare nih, in the name of self-care gitu. 😊


Bulan ini saya mencoba 2 produk masker dari Scarlett, "Herbalism Mugwort Mask" dan "Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask". 


Niat awal, sebetulnya hanya ingin coba produk "Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask" saja untuk melengkapi set Scarlett Brightly yang sudah saya pakai sehari-hari. Tapi karena pas baca di Instagram Scarlett masker "Herbalism Mugwort Mask"  juga bisa untuk eksfoliasi wajah, akhirnya ya, angkut juga deh, masker ini.  


Sejak salah seorang teman di Facebook mengunggah status tentang eksfoliasi saya jadi kepo. Meski sudah biasa dengan perawatan yang lebih komplit, -pakai serum, sun block, daily facecare-, tapi tetep aja, kalau step komplit sampai maskeran atau malah eksfoliasi masih belum bisa jalankan. 


Alasan utamanya, "kayaknya kok ribet, ya?" 😃 Alasan keduanya, enggak ngerti milih produknya. 


Tapi kalau pas duduk di depan kaca, lihat komedo di hidung, bintik-bintik hitam yang makin banyak, kulit bekas jerawat yang benjol-benjol; baru deh, berasa, "Wah, kudu maskeran rajin sama ekfoliasi, nih!" 


Oya, bicara tentang ekfoliasi, sejujurnya, saya tuh nggak paham banget, cuma tahu ada dua macam saja, kimia dan fisik. Eksfoliasi kimia sebaiknya dilakukan oleh seorang ahli atau dokter karena tujuannya untuk memperbaiki kerusakan wajah sementara eksfoliasi fisik kadang bisa dilakukan sendiri kadang disebut dengan scrubbing. 


Makanya, waktu tahu ada produk Scarlett yang bisa digunakan untuk eksfoliasi, saya jadi pengen coba. 


Kenalan dengan "Herbalism Mugwort Mask" dan "Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask"


Sebelum ke pengalaman pakai maskernya, kenalan dulu ya, dengan kedua masker dari Scarlett Facecare ini. 


Herbalism Mugwort Mask


Akhir-akhir ini produk perawatan wajah dengan bahan dasar Bamboo Charcoal sedang banyak dicari orang. Sifatnya yang mampu menyerap minyak dan kotoran pada wajah membuat produk dengan bahan dasar ini jadi favorit. 


Dan dengan kandungan bahan Bamboo Charcoal ini , Scarlett menyebut produk masker mereka mampu untuk 

  • Membantu menghidrasi dan menenangkan kulit
  • Membantu produkdi kolagen 
  • Menyamarkan pori dan noda bekas jerawat, sehingga kulit terlihat lebih cerah
  • Menyerap minyak berlebih 
  • Berfungsi sebagai natural eksfoliator (Herbalism Mugwort Mask mengandung Bamboo Charcoal)
  • Menjaga kelembapan kulit 
  • Antioksidan 


review_masker_scarlett_herbalism_mugwort_mask


Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask

Namanya panjang, ya. 😃 Kata "Soothing-nya" itu bikin saya penasaran. Ngebayangin panas-panas habis olahraga trus maskeran pakai Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask, sepertinya jadi auto adem.


Produk yang dikemas seperti kemasan Brightly Ever Serum ini, mempunyai kandungan utama 
  • Niaciamide
  • Vitamin C
  • Grape Fruti Water
  • Seven Berry ekstract
  • Ginseng ekstrak 
  • Centella Asiatica
  • Rose Flower Water


review_masker_scarlett_seriously_soothing-gel_mask


Menurut keterangan resmi di Instagram Scarlett, Serioulsy Shooting & Hydrating Gel Mask ini, fungsi utamanya membantu menghidrasi dan sebagai anti-oksidan melindungi wajah dari terpaan sinar matahari yang bisa membuat wajah terlihat lebih kusam. 


Review Seriously Shooting & Hydrating Gel mask dan Herbalism Mugwort Mask


Sebelum mulai pakai kedua produk ini saya mencoba dulu di bagian lengan dalam, sekedar untuk tahu, apakah kandungan kedua masker sesuai dengan kulit wajah saya. Alhamdulillah, saat dioleskan di lengan, kedua masker tidak menimbulkan efek apa-apa. So, mantap deh mencoba. 


Produk yang pertama saya coba adalah Herbalism Mugwort Mask (enggak sabar pengen coba ekfoliasi maksudnya).


Cara pakainya tentu saja cuci muka dulu dengan sabun wajah Scarlett Brightening Facial Wash. Kemudian dilanjutkan dengan mengaplikasikan masker Herbalism Mugwort mask. 


Produk Herbalism Mugwort Mask ini teksturnya kental tapi terlihat kalau kandungan airnya cukup banyak. 


Di dalam kemasan produk, Scarlett sudah menyertakan spatula kecil yang berfungsi untuk mengaplikasikan masker. Jadi kita nggak perlu repot-repot beli atau malah olesin masker pakai tangan. Spatulanya kecil, dan pas banget dengan kemasan botol masker. Seusai pakai, kita tinggal cuci, keringkan, dan simpan spatulanya ke dalam kemasan botol guna menjaga kebersihannya. 


review_masker_scarlett_facecare


Saat mencoba mengaplikasikan Herbalism Mugwort Mask ini, wajah saya baik-baik saja, tapi saat nunggu masker mengering, timbul rasa gatal di wajah dan diikuti dengan rasa panas. 


Karena khawatir, saya nggak nunggu masker mengering, langsung cuci muka dan kompres dengan air es. Sepertinya, saya kurang cocok dengan produk Herbalism Mugwort Mask.


Yach, sedih deh, musti hunting lagi produk untuk eksfoliasi.  Padahal saya sudah suka sama produknya. Senang aja gitu bisa nemu produk eksfoliasi yang juga yang satu merk dengan produk facecare yang saya pakai sehari-hari. Tapi ya, mau gimana lagi. 


Setelah 2 hari memastikan kondisi wajah saya baik-baik saja, saya mulai mencoba produk masker Serioulsy Shooting & Hydrating Gel Mask. 


Kali ini sebelum sebelum aplikasikan ke wajah, saya coba lagi di belakang telinga yang katanya, termasuk kulit yang lebih sensitif dibandingkan kulit lengan bagian dalam. 


Pas cobain di belakang telinga ada sedikit rasa panas, tapi hanya sedikit (hampir tidak begitu terasa) dan itu pun hanya sesekali muncul. Biar aman, saya coba dulu aplikasikan di leher. Alhamdulillah, aman, nggak ada reaksi apa-apa. Adem dan seger.


Keesokan harinya barulah saya coba untuk aplikasi di wajah. Alhamdulillah tetep aman. Hasil setelah menggunakan produk ini kulit jadi terasa lebih lembut, dan kencang. 


review_masker_scarlett_facecare


Kesimpulan: 

Dari hasil mencoba kedua produk masker Scarlett ini, hasil seperti yang dijanjikan oleh kedua masker tersebut memang belum terlihat nyata (ya, kan saya baru dua kali coba he he he). Hasil langsung yang saya peroleh adalah kulit yang lebih halus, lembut, dan tumpukan komedo yang sering mengganggu di bagian hidung juga berkurang. 


Meskipun produk Herbalism Mugwort Mask kurang sesuai untuk kulit saya, tapi setelah pemakaian dan radang menghilang, kulit saya juga terlihat lebih bersih dan segar. 


Oya, saat kemarin mengalami radang tersebut, saya mencoba bertanya pada customer care Scarlett; dan ternyata Herbalism Mugwort Mask memang lebih pas untuk pemilik kulit wajah normal cenderung berminyak. Sementara tipe kulit saya kan normal cenderung kering. Jadi, mungkin ini yang menjadi salah satu sebab saya kurang cocok dengan masker Herbalism Mugwort Mask. 


Tapi, bagaimanapun juga reaksi wajah setiap orang kan berbeda-beda, ya. Salah seorang teman yang kulitnya cenderung kering tidak mendapat masalah apapun saat mencoba Herbalism Mugwort Mask. 


So, kalau ingin coba masker ini, tidak ada salahnya sih, tetep dicoba aja. Apalagi harga produk Scarlett memang terjangkau dan mudah didapatkan apotik atau counter sekitar rumah. Nggak ribet kalau pas habis, kan?


Kalau ragu dengan keaslian produk Scarlett yang Sahabat beli di apotik atau  toko, Sahabat RPB dapat mengunjungi tautan di bawah ini. Isi data sesuai form yang muncul, dan tunggu hasil pengecekan dari data Scarlett. 



cara_cek_keaslian_produk_scarlett_facecare

Jika produk yang Sahabat miliki asli, maka akan muncul pop up notifikasi seperti di bawah ini. 


cara_cek_keaslian_produk_scarlett_facecare


Untuk nomor BPOM-nya Sahabat juga bisa cek dengan cara memindai barcode yang ada di kemasan produk Scarlett. 


cara_cek_nomor_bpom_scarlett_facecare


Pengen lebih gampang membeli produk asli tanpa harus verifikasi? Kunjungi aja tautan di bawah ini



Atau kunjungi akun resmi Scarlett di Instagram 
@scarlett_whitening. 

Sebelum ditutup, saya mau cerita, ah. 

Kemarin usai mencoba Herbalism Mugwort Mask itu, saya jadi punya angan-angan, andai Scarlett punya set kemasan sample untuk konsumen yang ingin mencoba produk perawatan wajah Scarlett. Kan enak tuh, kalau ingin coba tidak perlu membeli yang kemasan besar. Kemasan sample kan juga bisa jadi alternatif tetap glowing dengan Scarlett saat travelling, ya nggak? 


Okay, gitu ya, cerita review-ku. Terima kasih sudah bersedia berkunjung, semoga review aku bermanfaat untuk Sahabat yang sedang cari produk masker atau perawatan sehari-hari. 


See you at another product review, ya. 

Rahayu Pawitri for rahayupawitriblog.com

Menyiapkan Dana Cadangan dengan Passive Income

kelas bisnis online passive income
Sumber gambar: koleksi premium canva.com



Sebagai seorang freelancer, sudahkah teman-teman menyiapkan dana cadangan? Bagaimana jika menyiapkannya dengan membangun passive income?  


Seperti kita semua sudah sadari, salah satu syarat wajib seorang Freelancer adalah punya self-management, terutama kemampuan mengatur waktu dan keuangan. Sifat pekerjaan Freelancer yang “tidak pasti” menuntut Freelancer agar mempunyai cukup persiapan saat kondisi darurat dan masa depannya (saat pensiun). Karena itu, wajib bagi seorang Freelancer untuk memiliki dana darurat, dana kesehatan, dan tentu saja dana pensiun.  


Menyiapkan ketiga dana tersebut tidak mudah, seringkali memaksa seorang Freelancer untuk bekerja lebih keras. Tapi kadang hal ini pun tidak mudah dilakukan. Bagaimanapun waktu kita terbatas, hanya 24 jam. Dan setiap jamnya, tidak mungkin diisi dengan kerja, kerja, dan kerja agar kebutuhan ketiga dana tersebut terpenuhi.  


Salah satu cara yang bisa seorang Freelancer lakukan, adalah mulai membangun sumber pendapatan baru melalui passive income.  


Cara membuat passive income, untuk seorang Freelancer 



Apa yang ada dibenak Sahabat RPB bila mendengar tentang passive income, MLM?  Padahal mendapatkan passive income enggak selalu harus dari MLM, lho. Ada banyak cara untuk mendapatkan pendapatan pasif, terlebih jika profesi Sahabat saat ini adalah seorang Freelancer. 


Passive income umumnya diartikan sebagai penghasilan sampingan. Tapi sebetulnya passive income adalah penghasilan yang diperoleh seseorang dengan melakukan aktivitas yang sedikit tapi memberikan hasil yang memuaskan 


Tanggal 21 Mei kemarin, saya berkesempatan untuk mengikuti event Xpreneur Summit Indonesia 2022 dengan tema Wealth Automation.  Acara yang diisi oleh banyak ahli bisnis ini bertujuan untuk memberikan bimbingan kepada peserta,- karyawan, profesional, Business Owner, konsultan, dan Freelancer,- agar dapat menciptakan dan mengembangkan bisnisnya melalui pendapatan pasif.  


Xpreneur Summit 2022 kali ini diisi oleh banyak pembicara, seperti  
 
  1. James Gwee, Sales Xpert & Indonesia’s Favorite Trainer & Seminar Speaker 
  2. Tom MC Ifle, Indonesia’s #1 Business Coach & CEO of Top Coach Indonesia 
  3. Sunil Tolani, Founder dari Mindset Merdeka & Calibreworks 
  4. Roy Shakti, Pakar Kartu Kredit No. 1 di Indonesia 
  5. Hendra Hilman seorang FMCG Sales & Distribution Xpert 
  6. Anthony Sudarsono yang dikenal dengan juragan belasan kost eksekutif di usia 25 tahun

Saya mendapat pencerahan passive income untuk freelancer dari pemaparan yang diberikan oleh bapak Joshua Tan praktisi bisnis, dan founder Xpreneur & Lightrees Group; tempat belajar bisnis online dengan bimbingan banyak pakar dan praktisi bisnis online. 


Menurut Beliau, di zaman serba digital ini penting mendapatkan penghasilan yang konsisten. Dan akan lebih baik jika penghasilan tersebut kita hasilkan dengan mengeluarkan tenaga dan waktu yang sedikit. 


kelas bisnis online passive income
Sumber gambar: dokumen pribadi pada saat live zoom event Xpreneur Summit 2022

Tidak berarti uang besar tidak baik, tapi kalau besar namun hanya sesekali dapatnya, maka kita akan kerepotan sendiri untuk memenuhi kebutuhan kita. Caranya tentu saja dengan membangun wealth automation, mengubah pendapatan aktif, yang notabene kita "tukar" dengan tenaga dan waktu; menjadi pendapatan pasif. Hasilnya, kita akan tetap memiliki penghasilan, tapi waktu dan tenaga yang kita keluarkan tidak sebanyak saat mengusahakan pendapatan aktif. 

Bagaimana cara mendapatkan passive income bagi Freelancer 

Ada banyak cara kaya dengan pendapatan pasif bagi seorang Freelancer. Sahabat RPB bisa membuat e-book misalnya. Sebagai seorang praktisi bisnis online, bapak Joshua Tan menyarankan agar kita mengubah ketrampilan kita menjadi produk. Ini adalah salah satu cara membuat passive income. Misalnya dengan membuat automated seminar, online course, dan lain sebagainya. 


Untuk mendapatkan passive income terbaik, bapak Joshua juga menyarankan agar kita tidak mencukupkan diri dengan membuat produk saja. Kita juga perlu mengadaptasi strategi yang tepat agar produk yang kita buat bisa menjadi sumber penghasilan passive income terbaik. Pak Joshua menyebutnya dengan nama Value Ladder Funnel. 

kelas bisnis online passive income
Sumber gambar: dokumen pribadi saat live zoom Xpreneur Summit 2022

Saya penasaran dengan tips otomasi kekayaan Joshua Tan ini, karena ternyata setiap produk yang kita buat punya karakter berbeda untuk memasarkannya. Untungnya, pak Joshua membuka kelas bisnis online yang bisa diikuti siapa saja, termasuk kita para Freelancer. Saya juga sedang menunggu buku Beliau tentang wealth automation yang kabarnya, tidak lama lagi akan terbit. 


Jika ingin mengikuti kelasnya, Sahabat dapat mengunjungi website kelas bisnis online dari Xpreneur. Ya, memang sih kita bisa join di kelas belajar bisnis dimana saja tentang stream passive income ini, tapi berdasarkan pengalaman belajar mandiri selama ini, belajar dengan bimbingan ahlinya lebih menguntungkan. 


Kita tidak hanya akan mendapat lebih banyak ilmu, tapi juga bisa mempercepat keberhasilan dari aktivitas belajar yang bisa kita lakukan. Coba bayangkan, jika belajar sendiri kita perlu menyusun silabus sendiri, belum lagi trial and error nya. Proses ini tentu berbeda jika kita belajar langsung pada ahlinya. Kita bisa menyerap ilmu dari berbagai sumber dalam satu waktu. 


Belum lagi Kelas Bisnis Xpreneur ini berisi pengalaman dari para mentor yang bisa kita jadikan tambahan pengetahuan juga. Masuk akal bukan, jika belajar pada ahli itu seperti “shortcut” untuk sukses dengan wealth automation


Jadi, yuk, jangan ragu lagi, mulai lah membangun passive income dengan mendaftar di kelas bisnis online yang tepat.

Tips Kehamilan Sehat untuk Ibu Bekerja dari Rumah

tips_kehamilan_sehat_rahayupawitriblog
Sumber gambar: canva.com


Bekerja dari rumah bagi seorang ibu hamil tentu tidak mudah. Melihat daftar pekerjaan harian saja sudah sangat panjang, apalagi ditambah dengan pekerjaan profesional. Namun, sulit tidak berarti tidak bisa dilakukan. Ada banyak cara bagi ibu untuk menjaga kesehatan dan kehamilannya selama bekerja dari rumah. 



Tips kehamilan sehat untuk ibu WAHM


Disamping keleluasan dalam mengatur waktu dan tempat bekerja, sebetulnya bekerja dari rumah juga banyak tantangannya. Seperti saat himbauan WFH diterapkan saat pandemi kemarin, tidak terhitung banyaknya keluhan stres karena kaburnya batasan antara waktu kerja dan waktu istirahat. 


Kondisi seperti ini tentu akan semakin menantang bagi seorang ibu. Ibu hamil yang bekerja dari rumah perlu melengkapi diri dengan informasi yang tepat, agar dapat menjaga kesehatan dan kehamilannya dengan baik. 


Saat mengikuti "Sarapan IIDB" tanggal 2 Juni kemarin, saya banyak mendapat info yang berkaitan dengan menjaga kesehatan selama kehamilan. 


Sesi zoom bersama bapak Agus Jatmika Soegiarto founder klinik "Kehamilan Sehat" kemarin memang tidak secara spesifik membahas menjaga kehamilan bagi ibu bekerja dari rumah. Namun ada beberapa poin yang menurut saya, perlu dilakukan oleh seorang WAHM (Working at Home Mother; ibu bekerja dari rumah).


Dan berikut ini beberapa poin yang ibu bisa catat saat harus bekerja dari rumah di saat hamil. 


Bagaimana menjaga kehamilan yang sehat pada ibu bekerja dari rumah


#1. Konsultasi rutin


Umumnya, konsultasi pada dokter dilakukan sebulan sekali. Namun menurut bapak Agus kemarin kondisi setiap ibu berbeda, jadi frekuensi konsultasi setiap ibu juga berbeda. Misalnya bagi ibu yang sudah masuk usia berisiko hamil, maka jumlah sesi konsultasi bisa saja lebih dari satu kali. 


Oya, ada hal penting yang perlu kita semua catat. Saat ini, banyak sekali aplikasi konsultasi kedokteran yang memungkinkan ibu hamil berkonsultasi dari rumah. Namun, jika ibu menginginkan kehamilan sehat, cara terbaik adalah berkonsultasi langsung pada dokter kandungan (obgyn). 


Kondisi ibu memang mudah dilihat dari luar, tapi kondisi janin tidak bisa dilihat begitu saja. Dengan berkonsultasi langsung pada obgyn, kondisi janin akan diperiksa melalui pemeriksaan USG (ultrasonografi). 


Jadi, ibu jangan lupa dan jangan pernah melewatkan sesi konsultasi, ya. Jika perlu gunakan reminder pada kalender elektronik untuk membantu ibu memenuhi kewajiban konsultasi. 


#2. Penuhi kebutuhan nutrisi


Setiap ibu hamil tentu sadar dan paham, jika nutrisi penting bagi ibu dan janin. Namun literasi  nutrisi para ibu di negeri kita ternyata masih perlu ditingkatkan. 


Pada sesi zoom kemarin, bapak Agus bercerita jika ibu hamil saat ini sudah banyak yang mengetahui  pentingnya konsumsi sayur saat hamil. Sayangnya belum banyak yang mengetahui sayur mana yang baik dan mencukupi nutrisi ibu hamil. 


Hal lain yang perlu ibu perhatikan, mencukupi kebutuhan makanan ibu dan anak tidak berarti sekedar kenyang dan kebutuhan kalori tercukupi. Kebutuhan lain, terutama vitamin dan mineral (asam folat, besi, kalsium, vitamin D) juga perlu diperhatikan. 


Tentu saja, kita tidak boleh asal mengonsumsi vitamin dan mineral tersebut, jumlah takarannya, jenis makanannya juga perlu sesuai dengan petunjuk dokter. 


Jika kegiatan ibu membuat ibu tidak punya banyak waktu, coba gunakan aplikasi ticketing yang biasanya disediakan oleh beberapa klinik kehamilan. Seperti aplikasi ticketing milik klinik Kehamilan Sehat yang tidak hanya membantu para ibu mempermudah proses pendaftaran, namun juga menyimpan rekam medik pasiennya. 


Bagi ibu yang ada di kota Jakarta (tepatnya Jakarta Timur), Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, dan Palembang, bisa lho, menggunakan fasilitas dari klinik Kehamilan Sehat ini. Ada banyak keuntungan yang bisa ibu peroleh dengan mendaftar pada klinik Kehamilan Sehat, seperti 

  • Ditangani oleh dokter ahli yang berpengalaman
  • Mendukung persalinan normal
  • Akan mendapat rujukan dokter Rumah Sakit dan rumah sakit yang tepat
  • Harga sangat kompetitif namun mendapat standar pemeriksaan dan perawatan Rumah Sakit
  • Jujur, jelas dan transparan dalam memberikan informasi pada pasien. Jika memang harus dirujuk dan membutuhkan bantuan rumah sakit, maka ibu akan langsung dirujuk ke rumah sakit 
Sebagai tambahan, pasien klinik Kehamilan Sehat juga bisa mendapatkan harga diskon di rumah sakit rujukan. 


tips_kehamilan_sehat_rahayupawitriblog
Sumber gambar: canva.com


#3. Penuhi kebutuhan air 

Rata-rata seorang ibu membutuhkan air sekitar 2,1 liter. Kekurangan air minum dapat menyebabkan ibu mengalami dehidrasi dan gangguan kesehatan baik jangka panjang atau pun jangka pendek. 


Mencukupi kebutuhan air membantu organ dalam tubuh ibu berfungsi dengan normal, mood atau pikiran juga lebih terjaga. Sementara kekurangan air dapat menyebabkan ibu mengalami pesalinan prematur, turunnya volume cairan ketuban, dan sirkulasi darah terganggu.


Jadi Ibu, jangan pernah lupa untuk memenuhi kebutuhan air, ya. 


#4. Olahraga

Menjadi seorang ibu bekerja dari rumah yang seringkali menghabiskan lebih banyak waktu di depan komputer atau meja, berolahraga dengan teratur termasuk kewajiban. Begitu juga di saat ibu sedang hamil. Tapi tentu saja, jenis olahraga yang dilakukan tidak seperti saat ibu sedang tidak hamil, ya. 


Sebelum berolahraga, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter, termasuk kemungkinan untuk melakukan senam hamil. 


Jika ingin melakukan senam hamil, usahakan memilih tempat yang mudah dijangkau dari rumah, ruangan senam yang cukup nyaman, juga biaya untuk sekali pertemuan.


Untuk ibu yang lokasinya dekat dengan klinik Kehamilan Sehat, ibu dapat mendaftar pada kelas senam hamil di klinik tersebut. Biaya sekali pertemuan di klinik Kehamilan Kesehatan sangatlah terjangkau. Ibu juga akan mendapat fasilitas edukasi seputar kehamilan dan pasca kehamilan sebelum sesi senam dimulai. 


Melakukan senam hamil akan membantu ibu 
  • Menjaga stamina
  • Menjaga kesegaran tubuh
  • Menjaga keseimbangan berat badan
  • Mengurangi resiko mengalami diabetes
  • Menurunkan resiko sulit tidur
  • Mencegah terjadinya pembengkakan 

#5. Kenali kapasitas diri

Salah satu keuntungan dari seorang Freelancer atau pekerja Remote (pekerja jarak jauh) adalah dapat menyesuaikan kapasitas bekerja. Karena itu, begitu positif hamil, segeralah buat daftar prioritas dan target sesuai kemampuan ibu. 


Prioritaskan mencukupi kebutuhan istirahat ibu dibanding banyaknya pekerjaan yang ingin ibu selesaikan. Ingatlah, bahwa ibu perlu menjaga kesehatan fisik dan pikiran jika menginginkan kehamilan sehat persalinan yang lancar dan janin yang sehat. 


Hindari juga menumpuk atau menunda pekerjaan. Menunda pekerjaan hanya akan memperpanjang daftar to-do list ibu, mengundang stres dan membuat ibu kewalahan karena tumpukan pekerjaan. 
Kenali waktu produktif ibu, dan kerjakan pekerjaan penting atau membutuhkan konsentrasi tinggi pada jam-jam tersebut. 


tips_kehamilan_sehat_rahayupawitriblog



#6. Cukupi kebutuhan tidur

Seperti kebutuhan air, memenuhi kebutuhan tubuh untuk tidur juga penting bagi ibu hamil. 
Tercukupinya kebutuhan tidur pada ibu hamil yang bekerja di rumah tidak hanya baik untuk ibu, tapi juga untuk janin. 


Umumya kita membutuhkan tidur selama 7 jam, begitu juga dengan ibu hamil. Usahakan ibu juga menambahkan tidur siang pada jadwal harian ibu. 


Jika saat bekerja ibu sudah mulai tidak dapat menahan kantuk, segeralah beristirahat. Percayalah, menahan kantuk tidak akan membuat ibu lebih produktif. Alih-alih, ibu akan sulit fokus, dan malah semakin lelah. 


Kecukupan tidur tidak hanya tentang kesehatan fisik, tapi juga kesehatan psikis. Sudah banyak penelitian yang mengungkap manfaat tidur yang cukup bagi kesehatan mental. Karena itu jika sudah merasa lelah, segeralah beristirahat. 



Bekerja dari rumah saat hamil memang tidak mudah, dan mungkin akan lebih sulit untuk memenuhi jadwal kerja seperti hari-hari biasa. Lakukanlah tindakan preventif dengan membuat prioritas pekerjaan dan melakukan 6 hal di atas. 


Oya, jika ibu membutuhkan tips kesehatan lengkap, ibu dapat mengunjungi blog kehamilansehat.com untuk mengunduh buku elektronik (e-book) yang berisi tips kehamilan sehat dari sumber yang terpercaya.