-->

Apakah Kamu Merasa Sedih Saat Ramadhan Berakhir?

saat ramadhan berakhir

Lebaran hari ke-4. 

Saat mendekati lebaran kemarin, saya nemu beberapa status iseng, nanyain 

"Yakin, kamu sedih karena Ramadhan pergi? Bukannya kamu seneng karena sudah lebaran?"


Well, pertanyaan tersebut cukup bikin nyengir, sih. 😁 Berpotensi membuat pertentangan di hati, dijawab "enggak", kok rasanya jadi hamba yang buruk gitu. Di jawab "iya", tapi kenyataannya seneng. Orang iseng itu memang ngeselin, ya. 😀


Jujurly, saya termasuk golongan kedua, "seneng karena lebaran sudah datang."


Ya, saya tahu, ada banyak pahala di bulan Ramadhan, tapi sepertinya iman saya belum seindah itu untuk merasa melow ketika Ramadhan pergi. 


Dan hei, siapa yang tidak suka lebaran; waktu untuk ketemu dengan sanak saudara dan keluarga besar yang tinggal berjauhan bukan? Apalagi seperti saya, kesempatan tersebut kadangkala hanya datang sekali setahun. Pulang kampung perlu nunggu anak atau suami libur kerja cukup panjang. 


Ya saya tahu sih. di luar sana ada beberapa teman, yang sudah mengubah budaya keluarga dan pandangannya tentang Idul Fitri. Hari raya besar mereka adalah Idul Adha, bukan Idul Fitri.

But again, itu belum terjadi di keluarga saya. Paling tidak sampai lebaran 1443 H ini, kami masih dengan budaya yang sudah turun temurun, Idul Fitri adalah hari raya yang sesungguhnya. So, asli saya seneng tuh, kalau lebaran sudah datang. 😁


Alasan yang kedua, karena sampai saat ini saya menganggap Ramadhan adalah bulan latihan. Yap, latihan untuk menyeimbangkan ibadah dan urusan dunia, mengusahakan bekal akhirat, tapi tetap mengusahakan dunia dengan sebaik-baiknya. So, the real challenge will be those days after Ramadhan


Setidaknya, sampai saat ini, ukuran keberhasilan saya beribadah adalah bagaimana saya mempertahankan kebiasaan baik selama Ramadhan selama setahun ke depan. 


Lalu bagaimana jika tahun depan tidak ada lagi kesempatan bertemu Ramadhan? Ya, itu kan sudah takdir, sudah tertulis dari jaman saya belum lahir. Itulah mengapa fokus saya malah pada bagaimana setiap hari memperbaiki ibadah, nggak hanya di bulan Ramadhan. Challenging banget itu. Ciyus deh. 😁.


Bagaimana dengan pahala? Ya tentu saya pengen. Tapi gimana ya, pahala kan di luar kendali saya juga, tugas saya mengusahakan sebaik-baiknya. Dan bagi saya, kalau selepas Ramadhan bisa mengusahakan kebiasaan baik seperti saat Ramadhan, -interaksi dengan Al-Quran tetap intensif, sholat tepat waktu, ibadah sunah malam tidak ketinggalan-, itu sudah termasuk pahala. 


Bener, lho, asli nggak gampang ibadah seperti itu, apalagi bila Sahabat hidup di lingkungan yang kuantitas ibadahnya "B" aja (saya nggak bilang kualitas ya, susah dinilai itu). 


Karena itu, usai lebaran begini, saya biasanya mulai review bagaimana saya menjalankan ibadah saat Ramadhan kemarin. Apalagi di tahun ini saya berusaha menyiapkan "membangun good habit saat Ramadhan" dengan lebih baik. Jadi agak exiciting gitu, review-nya, he he he. 


Ya, usaha saya memang tidak sekeren mereka yang dapat khatam Al-Qur'an berkali-kali di bulan Ramadhan. Bagi saya yang kuantitas ibadahnya (dan mungkin kualitas juga) masih "B" aja, sanggup membiasakan diri dengan konsisten itu sudah keren banget. 


Eh, ini nggak bermaksud sombong, ya, sekedar menghargai usaha diri sendiri saja. Modal membangun kepercayaan diri, bahwa hal yang awalnya saya pikir nggak mungkin, bisa juga saya kerjakan. Yang saya butuhkan hanya usaha, melebarkan sedikit zona nyaman


Jadi, bagaimana dengan Sahabat RPB, apakah biasanya merasa sedih saat Ramadhan berakhir? Share dong, ceritanya. 


PS. Semua yang saya tulis di atas hanya pendapat pribadi, ya, jangan dijadikan ukuran dan pedoman untuk Sahabat RPB. Dan jika pemikiran saya salah, tolong dikoreksi, ya. Colek saja saya di WA atau Instagram @rahayu_pawitri. Thank you for dropping by ....

How to Choose Bodysuit for Pear-shaped Women

bodysuit for pear-shape



As women, we often think that choosing the right clothes to wear is not easy. No wonder, guideline articles on how to choose perfect clothes are always on-trend. 

Well, in my opinion, choosing your best clothing should not be a daunting task as long as you know what is your shape and the clothes you are comfortable in. 

So, when it comes to choosing a bodysuit, let's start our hunting from our body shape. 

Choosing the perfect bodysuit for Pear-shaped 


If we summarize all of the tips from the clothes guiding articles that guide, there are two important measurements that must be considered in choosing clothes, those are model and size. 

But before jumping into a specific style for pear-shaped, let's remember some characteristics that often apply: 

Our hips and thighs are wider than our body 
We have a gorgeous waist, which is smaller than our hips 

So, what kind of bodysuit is perfect for pear-shaped women? 

 #1. Best style for pear-shaped 

Some of the advice we often get is to balance our shoulders, bust, waist, and hips. We also can do it by emphasizing our favorite parts and being smart about the colors we choose. 

So, if you love your waist most, you can opt for a bodysuit that shows your waist more like those with a belt or a structured waistline will define your smallest part. 

bodysuits for women
Pict. source: popilush.com



Another option to choose is a bodysuit that focuses on top detail, like a bodysuit with a dramatic neckline, or a V neckline. 

#2. The size 

One of the reasons why we love bodysuits is because they help us to tuck in our shirt or those high-waisted pants which just won’t cooperate. It also helps us to have more options on style. 

Thus it is important to choose the perfect size to wear. You may ever hear that we should go one or two upper than our original size. But it is best to go with the basic guidelines when choosing  bodysuits for women. 

Pict. source: popilush.com



The first thing we should consider is the length. Of course, we all want it to cover us without it riding up or being too baggy. So it is best to have it a try before deciding to bring it home. Don't forget to wear your best sports bra and do a few squats when you try it on.   

As for the overall fit, check how it fits your bum, bust, and tummy. There should not be any underarm spillage, a cheeky indent on your bum, or constricting feeling. 

Another option is choose a two pieces bodysuit, which allowing you to go with so many clothes. 

bodysuit for pear-shape
Pict. source: popilush.com



We hope this guide helps you to choose your best one or two (or perhaps three) bodysuits. Happy shopping.