-->

Pekerjaan yang bisa dikerjakan ibu dari rumah

ibu kerja dari rumah



Mencari penghasilan dengan bekerja dari rumah kini semakin banyak diminati. Apalagi disaat kondisi keuangan yang semakin tidak menentu, memiliki sumber penghasilan kedua seperti sebuah kebutuhan. 


Bekerja dari rumah tidak hanya penting bagi mereka yang ingin mencari tambahan penghasilan, tapi juga cocok dikerjakan oleh para ibu yang saat ini memiliki anak masih kecil tapi tetap ingin menambah pengahsilan. Bonusnya, ibu pun bisa menghemat biaya untuk penitipan anak. 


Tentu saja bekerja dari rumah tidak semudah dikatakan, apalagi ketika ibu masih memiliki anak yang belum mandiri.


Tapi sebelum memutuskan mulai bekerja dari rumah, ada baiknya ibu juga memperhatikan beberapa hal berikut ini agar karir ibu dari rumah tetap dapat dibangun dengan gemilang. 

  • Mengenal kebiasaan anak
  • Punya self-management


Kapan-kapan bagian ini saya tulis terpisah, deh, intinya miliki dua hal itu terlebih dahulu. Kalau pengen lebih komplit, artikel "Persiapan Jadi Freelancer" ini mungkin membantu. 


Tapi, sebetulnya apa saja sih, yang bisa dilakukan seorang ibu untuk bekerja dari rumah? 


Daftarnya sebetulnya banyak, mulai dari jualan online (seller, dropshiper, reseller) hingga pekerjaan yang butuh ketrampilan khusus. 


Jika bingung darimana memulai, 5 daftar pekerjaan di bawah ini mungkin membantu. 

5 Contoh pekerjaan yang bisa ibu kerjakan dari rumah

#1. Editor/ Writer


Kalau bicara tentang kerja freelance, pekerjaan penulis memang biasanya menjadi pilihan pertama. Kepercayaan kalau semua orang bisa nulis, dan, ya ... kita sudah biasa nulis sebetulnya kan? 

Dan memang di dunia frrelance, pekerjaan "writer" ini banyak sekali jumlahnya. Barulah jika sudah dikotakkan menjadi blogger, content writer, content marketer, copywriter, editor, ghostwriter, maka akan kelihatan jumlah setiap kategori pekerjaannya. 

Untuk sukses di bidang kepenulisan ini, tentu tergantung dari masing-masing kategori pekerjaan, ya. Misalnya jika ingin menjadi seorang content writer seperti saya, maka menguasai dasar SEO (syulur-syukur advanced), mneulis berdasar kaidah SEO, melakukan riset untuk kepenulisan, self editing, dan tentu saja tata bahasa. 

#2. Transkripsi

Punya kemampuan mengetik dengan cepat? Coba tawarkan jasa transkripsi untuk memulai karir bekerja dari rumah. 


Pekerjaan ini biasanya dihitung berdasar jumlah huruf atau jumlah kata, tapi tidak jarang juga dengan hitungan per jam. 


#3. Designer 

Salah satu pekerjaan freelance yang mulai ngetrend saat ini adalah designer. 

Menjamurnya start up, kebutuhan pemilik bisnis untuk mengunggak konten atau gambar-ganar yang ciamik tentu sangat menarik. 


#4. Guru/ Tutor

Jika pernah memiliki pengalaman mengajar, Ibu mungkin bisa menawarkan jasa mengajar kepada tetangga atau kenalan. Bahkan dengan seiring mudahnya akses internet, mengajar juga bisa diajarkan secara online. 

Ibu bisa memilih menginduk pada sebuah lembaga pendidikan atau menyusun kurikulum sendiri. 

#5. Jasa pengasuhan di rumah

Tinggak di kawasan yang rata-rata penghuninya pekerja 9 to 5? Kenapa tidak coba menyediakan jasa penitipan anak saja. Jika tidak punya modal yang besar Ibu bisa mulai dari mengasuh anak tetangga 1-2 orang. 

Kelak jika sudah mampu membayar tenaga pengasuhan lain, bu bisa mulai mengembangkan jasa ibu sebagai sebuah bisnis. 


Semoga lima ide di atas membantu, selamat memulai karir bekerja dari rumah. 

1 komentar

  1. Ibu-ibu rumah tangga sekaligus wanita karier, editor dan writer pastinya, hehe. Memang perann wanita seperti itu luar biasa, tapi cita-cita dan keluarga bisa memiliki keduanya rasanya istimewa.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait dengan artikel di atas. Oya, komentar dengan link tidak akan di publikasi, ya.
Untuk kerjasama dan diskusi lanjut, silahkan temukan saya di WA 08131 2658 622 atau rahayupawitri@gmail.com