-->

Kenalan dengan Scaling Gigi, Manfaat dan Biaya Perawatannya



Pernah dengar tentang scaling gigi? Itu lho, usaha untuk membersihkan karang gigi atau plak yang sering mengganggu penampilan dan bikin nggak pede kalau pas ketawa. 💔


Karang gigi muncul karena adanya plak pada gigi yang telah mengeras dan bercampur dengan air liur. Plak gigi ini, biasanya muncul dalam bentuk lapisan putih tipis dan kekuningan, menempel kuat pada gigi, dan susah hilang hanya dengan sikat gigi. 


Selain mengganggu penampilan dan bikin nggak pede, plak dan karang gigi ternyata juga mengandung bakteri yang, -kalau nggak dibersihin secara rutin-, bisa menyebabkan periodontitis atau infeksi gusi yang bisa merusakkan gigi, jaringan lunak, termasuk tulang penyangga gigi. 


Manfaat scaling, dan biaya tindakannya 


Istilah scaling mungkin tidak begitu populer di masyarakat, terlebih menjaga kesehatan gigi masih termasuk urutan yang kesekian saat ini. Padahal sebetulnya ada banyak manfaat, lho, jika kita juga memperhatikan perawatan gigi. 


Jujur sih, saya sendiri juga belum memasukkan check up rutin gigi ke dalam daftar self-care pada kategori kesehatan fisik. Tapi waktu tahu kalau kebersihan gigi juga bisa menyebabkan penyakit kardiovascular, saya pun mulai mempertimbangkan memasukkan perawatan gigi ke dalam jadwal menjaga kesehatan. 


Apalagi saya juga termasuk penyuka kopi dan kue, dua hal yang sering memicu tumbuhnya plak dan karang gigi; scaling sepertinya jadi hal wajib masuk daftar perawatan kesehatan


Sahabat RPB yang suka merokok, minum makanan kemasan, susu, atau termasuk pemilik ludah kental, sebaiknya juga "berteman" baik dengan scaling. 😁

Manfaat scaling 

Balik ke scaling ... 


Sebetulnya scaling nggak cuma membersihkan plak dan karang gigi, tapi juga punya manfaat lain seperti; 

  • Mengurangi asam dan enzim berlebih yang biasa di produksi oleh bakteri di dalam mulut yang bisa menyebabkan kerusakan jaringan
  • Mengurangi risiko pendarahan atau pembengkakan jaringan karena adanya reaksi imun tubuh terhadap bakteri yang terdapat pada plak
  • Mencegah periodontitis
  • Memelihara kesehatan gigi dan tulang gigi

Biaya scaling

Kalau buat saya nih, salah satu penyebab malas ke dokter gigi adalah ... biayanya yang mahal. Dulu sekitar tahun 2000-an pernah nih, coba scaling, karena udah keganggu banget dengan karang gigi yang nempel. Dan ya ampun, ternyata biayanya sampai Rp350.000,00. 😡


Dan seiring perkembangan waktu, biaya itu pun sekarang membengkak, antara Rp 700rb - 800rb. Di beberapa rumah sakit malah mencapai Rp 1,8 juta. 

Tapi syukurlah, biaya perawatan ini sekarang juga di cover oleh BPJS, meski hanya bisa kita klaim 1 kali dalam setahun. Ya, lumayan lah, daripada enggak kan? 



Kabar baiknya lagi, beberapa perusahaan seperti Unilever, kadang juga mengadakan bulan bakti gratis dengan salah satu kegiatannya adalah scaling gigi. Nah, kita juga bisa tuh, manfaatin momen seperti ini. Tinggal cek aja ke situs mereka, di lokasi mana saja kegiatan diadakan. 



Dengan semakin banyaknya kemudahan, ada baiknya sekarang jangan malas scaling, deh. Nggak karena sekedar biar cakep, tapi menjaga kesehatan juga termasuk salah satu cara kita bersyukur dan self care juga kan? 



Semoga artikel di atas bermanfaat, sampai jumpa di artikel kesehatan selanjutnya. 


Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar pada pertanyaan atau hubungi WA 08131 2658 622 untuk kerjasama dan diskusi.