-->

Inilah 3 Manfaat Temulawak yang Penting untuk Kesehatan Anda

 

manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh

Temulawak, merupakan salah satu tanaman herbal asal Indonesia yang terkenal dengan berbagai macam khasiatnya yang sangat bagus untuk kesehatan. 


Pada umumnya temulawak memiliki batang yang berbentuk rimpang yang berada di bawah tanah. Biasanya temulawak memiliki warna kuning muda dan termasuk sebagai salah satu tanaman monokotil dengan akar tunggang. 


Karena banyak mengandung senyawa yang penting seperti curcuma misalnya, tidak heran jika temulawak memiliki banyak manfaat. Manfaat temulawak terkenal sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia. 


Habitat tanaman ini berada di hutan tropis dan biasanya memiliki tanah gembur yang berada di daerah ketinggian kurang lebih 5-1.500 meter dari permukaan air laut. Tetapi untuk sekarang, tanaman ini banyak tumbuh di beberapa wilayah seperti di tanah yang kering, pekarangan sampai dengan ladang. 


Ada banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari tanaman satu ini, nenek moyang kita zaman dahulu sudah banyak yang memanfaatkan temulawak sebagai salah satu tanaman dengan berjuta manfaat untuk kehidupan sehari-hari. 


Sebagian besar kita mengenal manfaat temulawak untuk kesehatan, hanya untuk meningkatkan imun tubuh saja. Padahal temulawak masih banyak sekali mengandung manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. 


Manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh


Temulawak terkenal sebagai salah satu tanaman yang banyak mengandung antioksidan, karena itulah banyak yang memanfaatkan temulawak untuk kesehatan. 

Supaya lebih jelas, berikut ini penjelasan tentang manfaat dari temulawak untuk kesehatan: 

#1. Menurunkan kadar kolesterol dan menyembuhkan asam urat 

Selain untuk meningkatkan imun tubuh, temulawak juga bisa digunakan untuk obat kolesterol dan asam urat. 


Beberapa pakar peneliti kesehatan menyebutkan jika temulawak memiliki beberapa kandungan senyawa yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan menyembuhkan asam urat. 

Cara memanfaatkan temulawak untuk menurunkan kolesterol dan asam urat sangat mudah, cukup konsumsi temulawak secara rutin sebagai jamu maka tubuh bisa menjadi lebih sehat. 


#2. Meningkatkan nafsu makan 

 Anda punya masalah dengan nafsu makan dan merasa tidak punya selera untuk makan? Jangan bingung karena dengan temulawak Anda dapat mengatasi masalah tersebut. 


Temulawak dipercaya sangat bagus untuk meningkatkan nafsu makan baik untuk orang dewasa atau anak-anak sekalipun. 


Cara mengonsumsi temulawak untuk meningkatkan nafsu makan juga cukup mudah. Caranya, parut temulawak dan ambil airnya kemudian seduh dengan air hangat. Lakukan secara rutin dalam seminggu, maka dijamin nafsu makan akan terus meningkat. 


#3. Mengobati peradangan 

Sudah ribuan tahun lalu, temulawak banyak digunakan untuk mengobati dan mencegah peradangan, seperti arthritis. Berdasar Journal Alternative dan Complimentaru Medicine yang diterbitkan pada tahun 2009, kandungan ibu profen pada temulawak membantu meredakan rasa sakit, tanpa efek samping yang merugikan. 


Itulah 3 manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh kita. Jadi, jangan pernah ragu lagi unutk mengonsumsinya, ya. 


Anda bisa mendapatkan ekstrak temulawak di toko obat, Herbana, salah satu toko obat yang menyediakan berbagai macam ramuan obat herbal. Anda bisa mengunjungi situs resmi Herbana untuk mendapatkan informasi atau mendapatkan ramuan herbal yang Anda butuhkan. 
Produk Herbana juga bisa dibeli di platform online atau datang ke Herbana Shop di kota Tangerang Selatan. 

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar pada pertanyaan atau hubungi WA 08131 2658 622 untuk kerjasama dan diskusi.