-->

Tips Mudah Memilih Lampu Depan Mobil Terbaik

cara memilih lampu depan mobil



Kita semua tentu paham, jika lampu depan mobil memiliki fungsi yang penting, tidak hanya sekedar untuk penerangan, namun juga untuk keselamatan; baik pagi pengendara ataupun pengguna jalan lain. 

Seiring dengan perkembangan jaman, termasuk di dunia otomotif, lampu depan mobil kini juga berfungsi sebagai penambah estetika pada mobil. 

Ada banyak lampu depan mobil di pasaran, seperti lampu halogen, HID (high Intensity Discharge), dan lampu LED.

Dan sangat disarankan untuk mengganti lampu depan mobil setiap beberapa tahun sekali, karena penerangan yang dihasilkan lampu, juga akan cenderung menurun seiring jangka waktu penggunaannya. 

Menjaga lampu depan mobil Sahabat dalam kondisi prima, termasuk salah satu hal penting dalam perawatan mobil dan juga menjaga keselamatan saat berkendara. 

Saat memilih lampu depan mobil, coba pertimbangkan beberapa hal dibawah ini, agar Sahabat mendapatkan lampu depan mobil yang terbaik. 


Tips memilih lampu depan mobil

Coba pertimbangkan beberapa detil berikut untuk mendapatkan keseimabangan antara tampilan visual, fungsi, dan keselamatan. 

#1. Masa pakai lampu

Masa pakai lampu depan mobil merupakan pertimbangan penting. Tujuannya, tentu saja, menghemat biaya perawatan mobil. 😄

Perhatikan juga apakah pemasangan lampu membutuhkan tenaga ahli, atau cukup dilakukan sendiri. Pilihan lampu yang customer-friendly tentu lebih baik. 

#2. Brightness atau kecerahan lampu

Sudah tahukah jika cahaya yang terang mampu meningkatkan jarak pandang di jalan lebih dari 50 persen? Tapi Sahabat juga perlu pahami, lampu semacam ini selain sedikit lebih mahal, masa pakai lampu pun tidak terlalu lama. Lampu dengan brightness tinggi tidak memiliki masa pakai lama karena jenis ini pelru bkerja lebih keras memantulkan cahaya dengan intes. 

Mana yang terbaik? Tentu saja tergantung dengan budget dan kebutuhan. Tidak ada salahnya lebih mengutamakan keselamatan, jika Sahabat memang lebih sering berkendara di malam hari. 

#3. Whiteness 

Perbedaan mendasar dari jenis lampu depan mobil, sebetulnya ada pada pemakaian energi listrik, karakter warna, tingkat pencahayaan, dan tingkat kecepatan pencahayaan. 

Sahabat RPB mungkin menyadari jika lampu HID mampu mengeluarkan cahaya putih, sehingga membantu pengendara untuk lebih mengenali tanda bahu jalan atau hal lain saat di jalanan. 

Hanya saja lampu ini masih termasuk lampu yang paling mahal. Kepolisian Indonesia juga melarang penggunaan lampu ini karena kemampuan pencahayaanya yang seperti sinar matahari (sangat menyilaukan untuk pengendara lain). 

Alternatifnya, Sahabat dapat memilih lampu LED (Light Emitting Diodes). Meski menghasilkan warna putih yang lebih kecil dibanding HID, namun jenis lampu ini memiliki keunggulan lain seperti pemakaian daya listrik yang lebih kecil, dan ketahanan atau masa pakainya juga lebih baik dibanding lampu HID. 


Memilih lampu yang sesuai dengan budget, gaya, dan juga keselamatan mungkin tidak mudah. Namun tidak ada salahnya jika mempertimbangkan faktor keselamatan sebagai faktor utama dalam memilih lampu depan untuk mobil kesayangan Sahabat. 

Selamat berbelanja, semoga ketemu lambu yang tepat, ya. 


Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar pada pertanyaan atau hubungi WA 08131 2658 622 untuk kerjasama dan diskusi.