-->

Tips Memilih Skin Care untuk Ibu Hamil

skin care untuk ibu hamil da menyusui


Mencari skin care wajah yang tepat untuk ibu hamil memang gampang-gampang susah. Terlebih bila kehamilan juga membuat kulit wajah bermasalah, seperti kulit menghitam, kusam, hingga berjerawat.


Perubahan hormon yang biasa terjadi pada ibu hamil memang banyak mempengaruhi perubahan kulit pada ibu hamil. Dalam kondisi normal, hal ini akan mudah diatasi, berbeda halnya jika kondisi ibu dalam keadaan hamil. 


Beberapa bahan yang biasa digunakan dalam kosmetik, telah terbukti memiliki efek tidak baik bagi kesehatan janin, maupun ibu hamil. 


Meskipun begitu tidak berarti ibu hamil idak dapat melakukan perawatan kulit wajah, karena kehamilannya. 


Solusinya, tentu saja mencari produk-produk skin care yang aman untuk ibu Hamil. 


Berikut ini tips memilih produk skin care yang aman digunakan oleh ibu hamil. 


Cara memilih skin care untuk ibu hamil


#1. Pelindung matahari 


Kita sudah sering mendengar jika sun screen tudak baik digunakan pada ibu hamil karena biasanya mengandung oxybenzone dan turunannya. 


Bahan kimia ini memang terbukti aman untuk melindungi kulit dari sinar matahari, tetapi kurang aman digunakan pada ibu hamil karena dapat menganggu kerja hormon dan mengakibatkan gangguan kesehatan serius pada janin dan ibu. 


Jika memang membutuhkan sun screen dalam kegiatan sehari-hari, cobalah memilih produk yang terbuat dari bahan dasar mineral. 


Mineral-based sunscreen biasanya terdiri dari bahan seperti zinc-oxide dan titanium dioxide. kedua bahan ini bekerja dengan cara memantulkan sinar UV yang sampai ke kulit. 


#2. Kulit kering dan stretch marks 


Saat hamil, kebutuhan bayi diambil dari ibu. Termasuk jika janin membutuhkan lebih banyak air, maka otomatis ia pun akan mengambil semua kebutuhannya dari ibu. 


Jadi kulit kering yang kadang memang disebabkan oleh hormon, kulit kering pada ibu bisa juga disebabkan oleh hal ini. 


Karena itu, jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan air Ibu, ya. Sebagai pelengkap, ibu juga bisa menggunakan produk moisturizer yang berbahan dasar minyak kelapa, cocoa butter (mentega kakao/ minyak theobroma), peptida, dan asam hialuronat. 


Oleskan juga moisturizer ini di area perut, guna mencegah munculnya strech marks, seiring membesarnya perut ibu. 


#3. Anti-aging/ anti-kerutan 


Selain membantu menambah daya tahan ibu, vitamin C topikal (dioleskan) juga dapat berfungsi sebagai anti-aging. Vitamin ini akan bekerja dengan cara melindungi kulit dari kerusakan, dan menjaga kandungan alami kolagen pada kulit. 


Beberapa antioksidan yang aman untuk ibu hamil antara lain:

  • Vitamin E 
  • Vitamin K 
  • Vitamin B3 
  • Green tea 


#4. Jerawat dan hiperpegmentasi 


Salah satu bahan perawatan wajah yang tidak disarankan untuk ibu hamil adalah salysilic acid, bahan utama yang biasanya digunakan untuk menghilangkan jerawat atau bekas jerawat. 


Alternatifnya, Ibu bisa menggunakan skin care dengan bahan Glycolic acid, atau meminta pendapat dokter ginekologis untuk saran terbaik. 


Alternatif lainnya, ibu bisa juga menggunakan Elmuarra Skin Care yang berbahan dasar Galactomyces sebagai alternatif perawatan kulit wajah. 


Seperti banyak kita ketahui, produk perawatan wajah berbahan dasar galactomyces sedang menjadi trends di dunia kosmetik. 


Galactomyces terbukti 

  • Dapat meningkatkan sebum pada kulit berminyak 
  •  Mencerahkan kulit 
  • Mengecilkan kulit pori 
  • Mengurangi kandungan minyak berlebih pada wajah 
  • Mengurangi noda hitam 
  • Menjaga kekenyalan kulit 
  • Mencegah jerawat 


Produk Elmurra, aman untuk kulit sensitif, ibu hamil, dan ibu menyusui; karena tidak mengandung bahan-bahan kimia yang membahayakan (khusus untuk penggunaan pada ibu hamil dan ibu menyusui, konsultasi pada dokter kandungan sebelum penggunaan produk, sangat disarankan)


 Ada banyak jenis produk Elmurra yang dapat Ibu hamil dan menyusui pilih, mulai dari produk perawatan wajah untuk siang hari, malam, hingga serum. 


Untuk informasi lebih lengkap, ibu dapat mengunjungi blog elmurra.com atau mengikuti akun Instagram @elmuarra.




Article reference:

  • elmurra.com
  • https://www.healthline.com/health/pregnancy/pregnancy-safe-skin-care#safe-alternatives


2 komentar

  1. Produk baru ya mbak? Lokal? Kok aku baru denger, atau aku yang kudet ya haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak-e, baru sebulanan kemarin launching

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar pada pertanyaan atau hubungi WA 08131 2658 622 untuk kerjasama dan diskusi.