-->

Planning dan Cari Ide Masakan di Aplikasi Yummy

Nggak bingung masak apa hari ini karena yummy app

 

Weekend, it's a planning time, ....


Selain bikin planning untuk kerjaan, saya juga bikin planning untuk kerjaan rumah tangga, termasuk di dalamnya adalah menu makanan selama seminggu. 


Buat saya, planning makanan, sama pentingnya dengan planning pekerjaan. Sering banget waktu kerja saya jadi berantakan, hanya karena saya nggak punya rencana masakan di hari berjalan. 


Alasan lainnya, anak saya tuh, bukan anak yang mudah menyesuaikan dengan menu makanan di luar rumah. Entah yang kepedesan lah, dilidah rasanya asing, ... atau ya, nggak doyan aja. Kalau buat kita pilihan jajanan di luar itu banyak, maka kebalikan buat Hana, pilihan makanan di dalam rumah itu malah banyak. Jadi, mau nggak mau masakan di rumah memang menyesuaikan selera Hana. 


Dan dari pilihan makanan Hana itulah biasanya saya bikin planning menu masakan. Tiap weekend begini, pasti saya teriak, "Adeeekkk, .... bikin daftar lauk."


Cari ide planning masakan di aplikasi Yummy 


Salah satu trik saya untuk bikin meal planning adalah membuat daftar makanan yang bisa saya masak (perlu digaris bawahi, yang saya bisa, aja ya 😀). Nah, kalau Hana sudah bikin daftar lauk, barulah menu makanan yang "saya bisa masak" itu digabungkan dengan request Hana. 


Tapi, meal planning saya minggu ini ada yang berbeda. Minggu ini saya bosen saja, lihat request lauk Hana hanya itu-itu aja, nggak jauh dari bakwan tahu, tahu isi, ayam tepung, tahu tepung, ....  Jadi, iseng tadi browsing aplikasi kumpulan resep di Play Store. Dan penasaran dengan aplikasi yang baru kali ini saya lihat, Yummy. 



Tentang aplikasi Yummy

yummy app untuk ide masak apa hari ini

Dalam keterangannya di Play Store, Yummy merupakan aplikasi kumpulan resep makanan milik IDN Media. Dan ternyata, Yummy ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 2016 (aduh, kurang gaul deh aku rasanya). Tapi memang awal kiprahnya memang dari media sosial, Facebook dan Instagram dengan nama akun @yummy.idn. 


Fokus dari Yummy adalah membahas aneka resep makanan sehari-hari, termasuk tips memasak dan tutorial masak yang dikemas dalam format "5 Langkah Memasak."


Fitur dalam aplikasi Yummy


Fitur unggulan dari aplikasi ini adalah makanan yang anti-gagal karena sudah dikurasi dan dimasak langsung oleh para Chef top di Indonesia. 


Semua resep dibuat dengan 5 langkah praktis, agar mudah diiikuti oleh semua pengguna aplikasi Yummy. 


Tentu ada kumpulan resep dari para pengguna Yummy juga, yang bisa kita akses di halaman komunitas. Dan setiap resep yang berhasil (disetujui) dipublish akan mendapat reward sebesar Rp10.000,-


Fitur unggulan lainnya adalah rekomendasi resep berdasar

  • Bahan makanan yang ada di kulkas 
  • Jumlah porsi yang ingin kita hidangkan
  • Budget masakan sebesar Rp10.000,- 


ide masak dengan Yummy App
Cara memasak dalam 5 langkah ala Yummy App


Pengalaman merencanakan masakan dengan aplikasi Yummy 


Tujuan pertama saya instal aplikasi Yummy adalah cari ide variasi makanan yang Hana doyan, yang isinya hanya, tahu, tempe, ayam, dan telur. 


Parahnya lagi, Hana tuh, cuma mau lauknya dimasak, jadi bakwan atau ditepungin. Enak sih, sebetulnya, karena nggak neko-neko, tapi kadang saya bosen aja masaknya. Apalagi kan menu kami jadi ngikut Hana, ya, mau nggak mau lauknya itu lagi, itu lagi. 


Jadi, kalau nemu resep masakan praktis (harus praktis dan mudah dibuat, ya), it's such a bless


Lebay, ya? Tapi coba tanya para mamak yang nggak suka masak, kalau ketemu resep praktis tuh, pasti serasa ketemu gamis no. 1 tapi seharga gamis obralan. 😁😁😁


Back to Yummy, ...


Pertama buka aplikasi Yummy, kita akan disuguhi jenis makanan yang sedang Trending saat ini, Event dan Promosi, Akun Official para Chef top di Indonesia, kumpulan resep makanan barat, masakan Korea, masakan dengan budget 10K, dan rekomendasi resep lainnya. 


Ada banyak ide masakan yang bisa kita coba, baik makanan untuk hidangan utama, cemilan, atau dessert. 


Saya langsung tertarik dengan resep budget 10 K. Dan penasaran dengan resep stick tahu-nya. 


Dari ngulik resep ini, saya baru tahu, kalau kita bisa mencari ide makanan based on topik atau kategori makanan (gorengan, cemilan, makanan rumahan, takjil, makanan ramadhan, makanan utama, dan lain sebagainya). 


Dan dari rekomendasi di pencarian berdasar topik ini, kita akan mendapat rekomendasi resep yang lengkap dengan lama memasaknya. 


Dibagian bawah resep, kita juga bisa membaca pertanyaan dan pengalaman pengguna Yummy yang sudah re-cook resep tersebut, kendala yang dihadapi jika ada, dan lain sebagainya. 


Ada tujuh inspirasi resep dari Yummy App yang saya masukan ke tab Favorit, yaitu 

  1. Brokoli kuah
  2. Stick Tahu 
  3. Omelet sayur
  4. Nori gulung
  5. Tempe woku
  6. Kreasi tahu telur sayur
  7. Ayam katsu

Saya memilih ketujuh masakan di atas karena "sepertinya saya bisa memasaknya", dan jika melihat bahan dasar masakannya, kemungkinan besar Hana juga akan suka. 


Oya, tab Favorit ini adalah tab untuk menyimpan daftar resep yang kita sukai atau ingin kita coba. Jadi, nanti kalau lupa resepnya, tinggal buka aplikasi Yummy, hover ke tab akun, dan scroll ke bawah, pilih menu resep favorit. 


Nah, kalau sudah dapat beberapa menu acuan seperti, bikin planning masakan jadi lebih gampang. Tinggal padu padan saja masakan sayuran atau menu lauk lainnya. 



Nggak lupa, saya masukin juga satu resep baru yang pengen saya coba di minggu ini. 


Setiap dua minggu sekali, saya usahakan untuk mencoba resep baru. Tujuannya, selain menghindari bosan, saya mencoba "meluaskan" jenis makanan yang Hana doyan. Itung-itung mengurangi sifat picky eater-nya lah. 


Dan resep yang pengen saya coba minggu ini adalah "Ayam Pedas Ricebox". Siapa tahu, bisa jadi ide bekal makan siang kalau kelak Hana sudah masuk sekolah seperti biasa kan? 


Oya, saya juga mencoba fitur mencari resep berdasar sayuran yang ada di kulkas. Caranya, 
  1. Klik menu masak
  2. Masukkan nama sayuran, pilih terapkan
  3. Masukkan nama sayuran kedua jika ada
  4. Tap menu "2 Bahan Telah Dipilih"
  5. Tap terapkan
  6. Pilih rekomendasi resep masakan 





My opinion about Yummy 



Saya termasuk emak yang nggak begitu betah di dapur. Tapi kalau disuruh setiap hari jajan diluar, juga enggak mau banget. Selain boros, menu di luar rumah paling ya gitu-gitu aja. Belum lagi, si Hana yang memang susah banget makan menu di luar rumah. 


Karena itu, dengan aplikasi Yummy, terus terang banyak membantu saya lebih mudah menyusun menu masakan. 


Pertama, karena resepnya sudah dikurasi hanya dalam 5 langkah saja. Ini jelas mengurangi "kadar stres" saya untuk masuk ke dapur. 


Yang kedua, saya nggak perlu khawatir salah nyoba resep, karena setiap resep sudah dikurasi oleh para Chef, dan kemudian disajikan dalam bentuk video. Lebih gampang diikuti, kan?  


Ketiga, ide makanan untuk satu bahan melimpah. Dari "tahu" saja, kita bisa bikin aneka makanan, baik lauk ataupun cemilan. 



ide masak dengan Yummy App
Meal planning saya minggu ini




Jujur, saya jadi pengen masukin banyak resep ke halaman Favorit, biar nggak roaming lagi kalau pengen nambah jenis masakan "yang bisa saya masak". Tapi saya nggak mau mblenger juga, prinsip lebih baik sedikit dan diselesaikan dulu, tetap harus saya pegang. #halah 😀😀


Dengan Yummy, #MasakituGampang, planning masakan juga jadi lancar. 


Masih galau besok mau masak apa? Coba cek Yummy App aja. 




Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar pada pertanyaan atau hubungi WA 08131 2658 622 untuk kerjasama dan diskusi.