6 Gejala Diabetes Tipe 2 dan Bagaimana Membedakannya dengan Kondisi Harian Kita

6 gejala diabetes tipe 2

Last Updated on: 14th December 2023, 11:27 pm

Kalau dengar berita duka cita dan penderita dikabarkan menderita diabetes, saya suka-suka bertanya-tanya, apa ya sebetulnya gejala diabetes, terutama untuk diabetes tipe 2? Apakah benar sering buang air kecil di malam hari adalah tanda awal terjangkit penyakit ini? Lha, kalau kita memang banyak minum sebelum tidur, tentu malam hari mudah terasa jika ingin berkemih bukan?

Penasaran dengan pertanyaan-pertanyaan yang mengganggu, saya mencoba mengumpulkan apa saja tanda terjangkit penyekit diabetes, dan bagaimana membedakannya dengan kebiasaankita sehari-hari.

Gejala diabetes tipe 2, dan kapan harus ke dokter

Btw, sebelum lanjut, disclaimer dulu, ya. Artikel ini hanya kumpulan dari artikel kesehatan yang saya baca. Saya menuliskannya disini, semata untuk "mengikat makna" pengetahuan saja. Kelak jika saya butuh, saya tinggal membuka blog dan membaca; jadi bukan sebagai alat diagnosis mandiri, ya. 

Meskipun bukan termasuk penyakit menular, tapi diabetes telah menjadi salah satu penyakit yang mematikan saat ini. Karena diabetes, bisa memicu kegagalan fungsi organ lain sehingga menyebabkan kematian.

Makanya, paling ngeri banget kalau susah dengar penyakit yang satu ini. Dan jujur, diabetes juga yang membuat saya lebih rajin olahraga dan bergerak mengubah gaya hidup.

Terlebih saat ini saya sudah masuk usia 40-an, usia dimana mulai rawan terkena penyakit diabates. Meskipun kita semua juga tahu, jika penyakit ini juga bisa terjadi pada anak-anak dan remaja. Bahkan penelitian telah membuktikan jika anak-anak dan remaja yang menderita diabetes tipe 2, umumnya pernah mengalami kelebihan berat badan di masa kanak-kanaknya.

Penyakit diabetes tipe 2 sering disebut sebagai penyakit seumur hidup ini karena tubuh tidak lagi dapat menggunakan insulin sebagaimana seharusnya. Btw, saya pernah membahas tentang diabetes tipe 2 ini dan kaitannya dengan resistensi insulin di artikel “Tanpa Anda Sadari, Anda Dapat Saja Menderita Resistensi Insulin”.

Sayangnya kita tidak dapat mengetahui apakah sudah menderita diabetes tipe 2 atau belum. Gejala diabetes sering datang bertahap. Karena itu sangat disarankan untuk melakukan tes kesehatan secara rutin, dan segera konsultasi ke dokter jika mengalami keenam tanda dibawah ini.

Gejala diabetes #1.Mudah lelah

Adalah wajar jika kita merasa lelah setelah beraktivitas. Tapi rasa lelah ini biasanya akan segera hilang setelah beristirahat. Sahabat bisa mulai curiga jika terjangkit diabetes apabila rasa lelah tidak juga hilang meski sudah istirahat.

Alasan mengapa rasa lelah bisa menjadi tanda terjangkit diabetes tipe 2

  1. Kenaikan level gula darah
  2. Adanya gejala diabetes lainnya (misalnya harus bolak-balik ke toilet yang menyebabkan kelelahan dan rasa lapar yang tak tertahankan)
  3. Komplikasi dari penyekit lain
  4. Kondisi mental dan emosi (misalnya cemas berlebih)
  5. Kelebihan berat badan

Jika rasa lelah sering datang dan Sahabat curiga dengan kondisi kesehatan Sahabat, segera lakukan tes kesehatan dan konsultasi ke dokter, ya.

Gejala diabates #2. Sering buang kecil

Jika kita sering berupaya mencukupi kebutuhan air setiap hari, maka wajar saja jika kemudian sering buang air kecil.

Tanda diabetes jika: frekunsi buang air kecil meningkat di malam hari, dan kebiasaan baru tersebut membuat Sahabat sangat lelah di pagi hari.

Alasan sering berkemih: Penderita diabetes sering berkemih karena kadar dula dalam darahnya terlalu tinggi. Sehingga ginjal harus bekerja keras mengeluarkan kelebihan gula. Hal inilah yang menjadi pemicu keinginan berkemih.

Gejala diabetes #3. Mudah merasa haus

Mudah merasa haus menjadi hal wajar jika Sahabat memang kurang minum, berkeringat sangat banyak, makan makanan pedas atau asin, usai berolahraga, atau melakukan aktivitas berat lainnya.

Artikel terkait: 5 rekomendasi Olahraga di Rumah Tanpa Alat

Rasa haus bisa menjadi tanda diabetes jika: jika rasa haus tersebut berlangsung terus-menerus meski kita sudah berkali-kali minum.

Alasan sering merasa harus: rasa haus ini terjadi karena ginjal butuh banyak air untuk “memaksa tubuh” berkemih lebih sering. Ginjal butuh menetralkan kadar gula dalam tubuh kita. Dan untuk melakukannya, ginjal akan membuat tubuh kita bolak-balik berkemih dan mengeluarkan urine pun dalam jumalh yang banyak.

Berkemih lebih sering inilah yang membuat tubuh kita sering merasa haus. Jadi, coba perhatikan lagi frekuensi minum dan berkemih Sahabat, ya.

6 gejala diabetes tipe 2
Terus menerus lapar bisa menjadi gejala diabetes tipe 2

Ciri diabetes #4. Mudah lapar

Sangatlah wajar jika kita menjadi sangat lapar sangatlah wajar jika kitaterlambat makan, sehabis melakukan olahraga keras, beraktivitas yang membuat stres, gula darah menurun, atau sedang mengalami depresi.

Rasa lapar saat stres dapat terjadi karena tubuh kita mengeluarkan hormon kortisol yang memicu rasa lapar.

Rasa lapar yang terus menerus terjadi bisa menjadi tanda diabetes jika rasa lapar tersebut menetap meski sudah bolak-balik ngemil atau menambah porsi makan. Eh, tapi ini nggak terjadi sesekali ya, karena wanita yang PMS juga biasanya juga mudah merasa merasa lapar.

Alasan sering merasa lapar adalah gejala diabetes: rasa lapar yang timbul terutama setelah makan  berat adalah tanda jika hormon insulin tidak bekerja dengan baik. Seperti kita tahu, hormon insulin merupakan hormon yang membantu tubuh mengubah gula dalam makanan menjadi energi.

Jika tubuh tidak bisa lagi memproduksi insulin atau tidak mampu merespon insulin dengan baik, maka kebutuhan energi tidak terpenuhi dan tubuh mengirimkan sinyal kepada otak jika tubuh perlu tamabahan asupan makanan. Jadi, segera ke dokter jika Sahabat RPB merasa khawatir dengan perubahan selera makan.

Gejala diabetes #5. Gangguan penglihatan

Saat lelah, mungkin kita akan mengalami gangguan penglihatan yang memburuk atau malah kabur dan buram. Hal ini tentu wajar jika terjadi pada mereka yang berusia lanjut. Namun dapat menjadi tanda waspada jika terjadi pada usia yang sangat muda.

Kadar gula darah yang berlebih juga bisa menyebabkan kerusakan saraf dan pembuluh darah, terutama di daerah sekitar mata.

Untuk tahu apakah penurunan kemampuan mata merupakan tanda atau gejala diabetes tipe 2, Sahabat perlu berkonsultasi dengan dokter, karena bisa saja penurunan penglihatan juga merupakan gejala penyakit lain; seperti glaukoma, penurunan kadar gula darah, toksoplasma, katarak, dan lain sebagainya.

Ciri diabetes #6. Kulit kering

Kulit kering umum terjadi jika kita berada di musim dingin atau penghujan, usia yang semakin menua, berada di lingkungan ber-AC dan masih banyak lagi.

Tapi kulit kering ternyata bisa menjadi pertanda diabetes tipe 2 juga. Hal ini terjadi karena tubuh kehilangan banyak cairan pada saat kita berkemih terus-terusan.

Ciri-ciri gangguan kesehatan diabetes kadang juga ditandai dengan menurunnya sensitivitas saraf dan melambatnya sirkulasi darah. Gula darah yang tinggi juga dapat menyebabkan perdangan pada tubuh.  Peradangan ini yang kemudian memicu timbunya gejala kulit kering, gatal, dan pecah-pecah.

Karena itu jika sudah mulai ada satu atau lebih tanda diatas mulai ada, lebih baik segera konsultasikan hal tersebut ke dokter. Apalagi jika usia juga sudah mencapai 40 tahun. Tidak ada salahnya untuk lebih menjaga diri dari segala kemungkinan yang terburuk. Tidak perlu juga takut dengan diagnosa awal, semakin cepat diketahui malah akan semakin baik.

Itulah beberapa gejala diabetes tipe 2 yang mungkin terjadi pada diri kita. Semoga bermanfaat dan menjadi penyemangat kita untuk mulai mengubah gaya hidup kita.

Referensi:

  1. Cleveland Clinic: https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/24637-polyphagia-hyperphagia
  2. National Eye Institute: https://www.nei.nih.gov/learn-about-eye-health/eye-conditions-and-diseases/diabetic-retinopathy
  3. Healthline: https://www.healthcentral.com/condition/diabetes/always-thirsty-not-diabetic
Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *