6 Ciri-ciri Diabetes Tipe 2 dan Bagaimana Membedakannya dengan Kondisi Harian Kita

by - Juni 25, 2020

ciri-ciri-diabetes-tipe-2


Kalau dengar berita duka cita dan penderita dikabarkan menderita diabetes, saya suka-suka bertanya-tanya, apa ya sebetulnya ciri-ciri diabetes, terutama diabetes tipe 2?

Meskipun bukan termasuk penyakit menular, tapi diabetes telah menajdi salah satu penyakit yang mematikan saat ini. Karena diabetes, bisa memicu kegagalan fungsi organ lain sehingga menyebabkan kematian. 

Makanya, paling ngeri banget kalau susah dengar penyakit yang satu ini. Dan jujur, diabetes juga yang membuat saya lebih rajin olahraga dan bergerak mengubah gaya hidup. 

Terlebih saat ini saya sudah masuk usia 40-an, usia dimana mulai rawan terkena penyakit diabates. Namun tidak menutup kemungkinan untuk terjadi pada anak-anak dan remaja. Anak-anak dan remaja yang menderita diabetes tipe 2, umumnya pernah mengalami kelebihan berat badan di masa kanak-kanaknya. 

Ciri-ciri diabetes tipe 2, dan kapan harus ke dokter


Penyakit diabetes tipe 2 sering disebut sebagai penyakit seumur hidup ini karena tubuh tidak lagi dapat menggunakan insulin sebagaimana seharusnya. Btw, saya pernah membahas tentang diabetes tipe 2 ini dan kaitannya dengan resistensi insulin di artikel "Tanpa Anda Sadari, Anda Dapat Saja Menderita Resistensi Insulin". 

Sayang kita tidak dapat mengetahui tanda-tanda apakah kita sudah menderita diabetes tipe 2 atau belum. Gejala diabetes sering datang bertahap. Karena itu sangat disarankan untuk melakukan tes kesehatan secara rutin, dan segera konsultasi ke dokter jika mengalami keenam tanda dibawah ini.

Ciri diabetes #1.Mudah kelelahan


Wajar jika: merasa lelah setelah beraktivitas. Rasa lelah itupun akan segera hilang setelah beristirahat. 

Tanda diabetes jika: meski sudah beristirahat, rasa lelah tidak juga hilang. 

Alasan merasa lelah: 
  • Kenaikan level gula darah
  • Adanya dari gejala diabetes lainnya (misalnya bolak-balik ke toilet yang menyebabkan kelelahan, rasa lapar yang tak tertahankan)
  • Komplikasi dari penyakit lain
  • Kondisi mental dan emosi (cemas berlebih)
  • Kelebihan berat badan
Jika rasa lelah sering datang dan Sahabat curiga dengan kondisi kesehatan Sahabat, segeralah ke dokter untuk konsultasi. 

Ciri diabates #2. Sering buang kecil


Wajar jika: banyak minum 

Tanda diabetes jika: frekunsi buang air kecil meningkat di malam hari, dan kebiasaan baru tersebut membuat Sahabat sangat lelah di pagi hari. 

Alasan sering berkemih: Penderita diabetes sering berkemih karena kadar dula dalam darahnya terlalu tinggi. Sehingga ginjal harus bekerja keras mengeluarkan kelebihan gula. Hal inilah yang menjadi pemicu keinginan berkemih. 

Ciri diabetes #3. Mudah merasa haus


Wajar jika: kurang minum, usai berolahraga atau aktivitas berat lainnya, berkeringat sangat banyak, makan manakan pedas atau asin, atau malah memang karena kita kurang minum. 

Tanda diabetes jika: yang patut diwaspadai, jika rasa haus tersebut berlangsung terus-menerus meski kita sudah berkali-kali minum. 

Alasan sering merasa harus: rasa haus ini terjadi karena ginjal butuh banyak air untuk "memaksa tubuh" berkemih lebih sering. Ginjal butuh menetralkan kadar gula dalam tubuh kita. Dan untuk melakukannya, ginjal akan membuat tubuh kita bolak-balik berkemih dan mengeluarkan urine pun dalam jumalh yang banyak. 

Berkemih lebih sering inilah yang membuat tubuh kita sering merasa haus. Jadi, coba perhatikan lagi frekuensi minum dan berkemih Sahabat, ya. 

Ciri diabetes #4. Mudah lapar

Wajar jika: menjadi sangat lapar sangatlah wajar jika kita terlambat makan, sehabis melakukan olahraga keras, beraktivitas yang membuat stres, atau sedang mengalami depresi. 

Tanda diabetes jika: tetap merasa lapar meski sudah menambah porsi makanan atau bolak-balik makan.

Alasan sering merasa lapar: rasa lapar yang timbul terutama setelah makan  berat adalah tanda jika hormon insulin tidak bekerja dengan baik. 

Seperti kita tahu, hormon insulin merupakan hormon yang membantu tubuh mengubah gula dalam makanan menjadi energi. 

Jika tubuh tidak bisa lagi memproduksi insulin atau tidak mampu merespon insulin dengan baik, maka kebutuhan energi tidak terpenuhi dan tubuh mengirimkan sinyal kepada otak jika tubuh perlu tamabahan asupan makanan. 

Segera ke dokter jika Sahabat RPB merasa khawatir dengan perubahan selera makan. 


Ciri diabetes #5. Gangguan penglihatan


Saat lelah, mungkin kita akan mengalami penglihatan  yang memburuj atau malah kabur dan buram. Hal ini tentu wajar jika terjadi pada mereka yang berusia lanjut. Namun dapat menjadi tanda waspada jika terjadi pada usia yang sangat muda.

Kadar gula darah yang berlebih juga bisa menyebabkan keursakan saraf dan pembuluh darah, terutama di daerah sekitae mata. 

Ciri diabetes #6. Kulit kering


Kulit kering umum terjadi jika kita berada di musi dingin atau penghujan. 

Tapi kulit kering ternyata bisa menjadi pertanda diabtes tipe 2 juga, lho. Kulit kering terjadi karena tubuh kehilangan banyak cairan pada saat kita berkemih terus-terusan. 

Ciri-ciri gangguan kesehatan diabetes kadang uga ditandai dengan menurunnya sensitivitas saraf dan melambatnya sirkulasi darah. 

Gula darah yang tinggi juga dapat menyebabkan perdangan pada tubuh.  Peradangan ini yang kemudian memicu timbunya gejala kulit kering, gatal, dan pecah-pecah. 

Karena itu jika sudah mulai ada satu atau lebih tanda diatas mulai ada, lebih baik segera konsultasikan hal tersebut ke dokter. Apalagi jika usia juga sudah mencapai 40 tahun. 

Tidak ada salahnya untuk lebih menjaga diri dari segala kemungkinan yang terburuk. 

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar pada pertanyaan atau hubungi WA 08131 2658 622 untuk kerjasama dan diskusi.