-->

Review Sekolah Leader by Indscript Bussiness Women

review sekolah leader indscript


Selain ngobrol dengan founder Indscript, selama sepuluh hari kemarin saya mengikuti Sekolah Leader yang dimentori langsung oleh ibu Indari Mastuti. 

Seperti namanya, sekolah atau program training ini dikhususkan bagi para Ibu yang menjadi leader dari sebuah tim kerja, pengusaha yang memiliki jaringan pemasaran, atau marketer leader dari sebuah grup reseller. 

Sekolah Leader Indscript


Tentang Sekolah Leader Indscript


Memiliki jaringan penjualan atau tim kerja yang tidak optimal, susah mencapai target, susah diajak berkoordinasi memang sangat menyebalkan. Semua rencana dan planning rapi bisa jadi berantakan karena tim yang tidak bisa diajak bekerja sama. 

Dengan latar belakang inilah, Indscript Bussiness Women akhirnya membuka kelas atau program baru dengan nama Sekolah Leader. 

Sebagai perusahaan yang memiliki banyak program pembelajaran dan beberapa lini bisnis, Indscript juga memiliki jaringan pemasaran yang cukup besar. Dan selama melakukan pendampingan pada para ibu yang berada dalam jaringan inilah, bu Indari sering melihat banyaknya leader yang masih lembek, mudah sekali menjadi down, dan kurang menjalankan konsep leadership yang bagus. Akibatnya jaringan mereka pun rontok. 

Dibuka per tanggal 1 April 2020, Sekolah Leader ini telah berlangsung sebanyak dua kali dengan diikuti oleh banyak pebisnis, baik sebagai leader sebuah MLM, jaringan reseller, produsen, distributor, dan direct selling. 

Sekolah Leader merupakan kelas regular dalam program Indscript, jadi dalam sebulan bisa diadakan 1-2 batch. 

Materi Sekolah Leader 

Ada enam materi yang diajarkan dalam Sekolah Leader, yaitu 

  1. Penggalian diri
  2. Manajemen kepemimpinan
  3. Personal branding
  4. Motivasi dan Tekad
  5. Ketrampilan Berkomunikasi
  6. Membangun antusiasme 
review sekolah leader indscript
Materi pelajaran Sekolah Leader


Semua materi diatas disampaikan langsung oleh ibu Indari Mastuti dan dibantu oleh beberapa leader Indscript, yaitu : 
  • Euis Marlina; Beliau adalah salah satu Leader Indscript, Mentor Canva dan pengampu kelas ABCD
  • Yaya Yanti; mbak Yaya juga salah satu leader dari Indscript dan asisten kelas BOW (Bimbingan Optimasi Whatsapp)
  • Yuni Ummu Wafi; Queen Ambassador "Bukuin Aja!"
  • Ruri Andriyani: Founderdan Mentor LAAF; Pemateri Sekolah Leader; Leader Indscript
  • Cicik Rosida; Leader Indscript dan Asmen Sekolah Leader
Semua Materi dalam Sekolah Leader disampaikan dalam bentuk audio. Harapannya, penjelasan dalam kelas ini bisa lebih lengkap dan peserta akan merasa seolah-olah berada di kelas nyata (bukan online). 

πŸ’‘Tapi memang lho, dengerin suara bu Iin menyampaikan materi bisa jadi penyemangat. Beneran deh, gampang banget semangat Beliau nular. 

Harga Sekolah Leader Indscript

Saat saya masuk kelas ini, harga Sekolah Leader sebesar Rp250.000,- Tapi Sahabat RPB kadang bisa mendapatkan penawaran lebih murah dengan ketentuan tertentu. Misalnya membayar lebih awal. 

Pada sesi ini, peserta yang membayar pada tanggal 18-19 April, cukup mengeluarkan Rp99.000,- 


Review Sekolah Leader Indscript


Ini adalah kali kesekian saya ikut kelas Indscript dengan pemateri Ibu Indari Mastuti (tepatnya sudah lupa berapa kali, lumayan banyak kelas yang sudah saya ikuti soalnya. Maklum #fansgariskeras πŸ˜€).  

Materi Sekolah Leader disampaikan setiap hari tepat jam 7 pagi, dan kemudian akan diberikan waktu untuk beranya sampai jam 10.00 WIB. Pertanyaan nantinya akan dijawab oleh bu Iin, bergantian dengan pemateri yang lain. 

Selain materi audio yang diberikan Bu Iin, peserta juga akan mendapat materi dari para leader Indscript. 

Materi yang diberikan para leader ini adalah contoh praktek, alias bagaimana melakukan teori yang sudah disampaikan oleh Bu Iin. Apa yang diberikan oleh para Leader ini berdasarkan pengalaman mereka sehari-hari di lapangan. 

Seperti materi dari mbak Euis Marlina yang merupakan salah satu Leader Indscript dan pengampu kelas ABCD. Mbak Euis melengkapi materi hari pertama tentang "Penggalian Diri" apa yang membedakan mbak Euis dari Leader yang lain. Mbak Euis bercerita bagaimana proses, dan pengalaman apa saja yang Beliau alami, serta usaha apa yang telah dilakukan untuk menjadi salah satu Leader unggulan di Indscript; termasuk apa yang dilakukan saat gagal, bagaimana mempertahankan tim, dan seterusnya. 

review sekolah leader indscript


Materi yang disampaikan cukup panjang, dan list pertanyaan plus tugas juga banyak. πŸ’‘ Jadi saran saya, kalau ikut kelas ini, sebaiknya buat catatan atau file khusus untuk menyimpan materi. Jika perlu lengkapi dengan tugas yang telah kita lakukan. Siapa tahu suatu saat butuh, kita akan mudah melihat materi leadership ini. 

Seperti kelas-kelas Indscript yang lain dalam Sekolah Leader juga ada tugas, setiap hari. Tugas ini wajib dikumpulkan, meski tidak semua tugas diberikan koreksi. 

Sekolah Leader ini cukup seru, dan psesertanya kemarin juga aktif bertanya. Saya banyak mendapat pengetahuan dari beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta lain dalam kelas ini. 

Materi yang diberikan bu Iin juga cukup jelas dan dapat dijadikan acuan mengatasi masalah yang sering dihadapi dalam mengelola jaringan. 

Misalkan bagaimana "membangunkan kembali jaringan yang telah mati." Bu Iin mengajak peserta untuk berani mereview kesalahan yang pernah dilakukan, sekaligus mengoreksi kesalahan tersebut. Tidak hanya solusi teori, tapi bu Iin memberikan solusi yang langsung dapat di praktekkan. 

Action yang dilakukan bisa berupa mengumpulkan data, apa penyebab para anggotanya tidak aktif. Dan setelah data diperoleh, maka Leader perlu membuat langkah nyata, berdasarkan data yang telah diperolehnya. 

Dalam kelas ini, bu Iin berkali-kali menekankan, jika seorang Leader, harus berani bergerak terlebih dahulu, sebelum meminta jaringannya untuk bergerak. Jika Leader ingin jaringannya mencapai target yang telah ditentukan, maka Leader pun wajib berani dan berusaha mencapai target terlebih dahulu. 

Dari kelas ini saya banyak belajar tentang bagaimana sikap seorang Leader, yang tidak hanya butuh luas pengetahun, tapi juga luas emosi. Seperti disampaikan bu Iin, jika anggota jaringannya mudah baperan, bisa jadi karena Leadernya pun Baperan. πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Meskipun semua materi yang disampaikan bu Iin,-andaikan obat,- sangat cespleng; tapi lulus Sekolah Leader tidak akan langsung menjadikan pesertanya menjadi Leader yang tangguh. 

Semua materi yang disampaikan dalam kelas ini perlu dipraktekkan satu per satu. Terlebih, "objek" yang ingin diperbaiki adalah manusia, yang tentu memiliki kehendak dan nilai yang berbeda dengan kita (red: Leader). 

Jadi, hasil nyata dari Sekolah Leader ini tentu butuh proses, butuh waktu sampai akhirnya menjadikan kita Leader yang tangguh. Dan prinsip ini perlu dimengerti dan diterima sejak awal. Tidak pernah akan ada jalan pintas untuk mencapainya. Gagal memahami dan menerima prosesnya hanya akan membuat sahabat RPB marah, lelah dan mungkin pada akhirnya menyerah. 


πŸ’‘πŸ’‘πŸ’‘Tips: kelas Leader ini merupakan kelas intensig, yang diadakan tiap hari. Jadi, jika memang sudah niat mengikuti kelas ini, lebih baik luangkan waktu, siapkan catatan, juga pertanyaan. Kerjakan tugas dan kalau bisa, setor pertama kali agar bisa dikoreksi. Oya, siapkan juga stamina, karena kelasnya kan marathon, jadi perlu fokus yang baik agar dapat menyerap materi dengan baik pula. 

Pros and Cons mengikuti kelas Leader Indscript

Pros:
  • Materi yang disampaikan lengkap dan mudah untuk dipraktikkan
  • Karena berupa audio, materi dapat disimak peserta kapan saja, meski untuk mengajukan pertanyaan perlu memperhatikan batas waktu
  • Setiap pertanyaan dijawab satu persatu
  • Materi dilengkapi oleh pengalaman Leader Indscript, tidak hanya teori
  • Harga kelas cukup terjangkau
Cons:
  • Tidak ada pendampingan setelah kursus. Jadi, peserta masih butuh untuk terus mengembangkan ilmu yang sudah diperoleh. 

Kesimpulan review Sekolah Leader Insdcript

Bagi saya yang pernah gagal sebagai seorang Leader, materi yang disampaikan dalam Sekolah Leader ini sangat bagus. Tapi tetap membutuhkan kemauan peserta untuk praktek. Dan jangan pernah mengharapkan hasil instan dari kelas ini. Bisa jadi Sahabat RPB akan butuh praktek, review, dan evaluasi berkali-kali. 

Oya, dan sebagai salah satu pelanggan Indscript, saya berharap juga sih, kalau materi bu Iin ini tidak hanya berupa audio, tapi juga diubah dalam bentuk video, dan dilengkai dengan caption. Sehingga mereka yang memiliki keterbatasan dalam pendengaran, dapat ikut serta dalam kelas-kelas Indscript. 

Dan score review saya untuk Sekolah Leader ini adalah 🌟🌟🌟🌟

Terima kasih sudah membaca sampai jumpa di post review selanjutnya. 



Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar pada pertanyaan atau hubungi WA 08131 2658 622 untuk kerjasama dan diskusi.