Ide Self Care Praktis untuk Membantu Produktivitas

Ada satu hal penting dalam rutinitas yang akhir-akhir saya usahakan untuk saya kerjakan, self-care.

Bagi saya, self care memang tidak menjadi faktor yang mempengaruhi produktivitas, tapi merupakan salah satu fondasi yang dapat membantu saya untuk lebih produktif.

Saat mendengar kata self care, Sahabat RPB mungkin akan berpikir tentang mandi busa selama setengah jam, luluran, atau sekedar menyesap kopi di kafe langganan.

Tapi self care sebetulnya lebih dari itu.

Self care adalah tentang membangun hubungan baik dengan diri kita sendiri. Kita memerlukan hubungan ini untuk menjaga fisik dan kesehatan mental kita.

Jadi, nggak salah memang kalau self care sering diidentikkan dengan maskeran atau berendam di bathub, meskipun jalan-jelan keluar sebentar atau malah bengong enggak ngapa-ngapain; juga termasuk self care.

Ide self care praktis dengan mandi parfum vitalis

Mengutip tulisan dari the Forbes, self care bermanfaat karena dapat

  • Mengurangi resiko depresi, 
  • Mengurangi resiko gangguan pada fungsi pernafasan
  • Membantu meningkatkan fungsi otak, dan 
  • Meningkatkan fokus
Dari manfaat diatas kita dapat melihat, jika self care benar-benar dapat membantu produktivitas. 

Cara merawat diri sendiri pun bermacam-macam, dan self care ala saya dapat berupa:

  • Meditasi, 
  • Doing nothing
  • Tidur nyenyak 
  • Merawat tubuh (dan muka, dong) 

Bagi beberapa Ibu pembaca RPB, meditasi mungkin bukan hal yang mudah dilakukan, karena butuh suasana yang lebih tenang.

Begitu juga dengan doing nothing alias tidak melakukan apapun, mengingat situasi rumah dan tuntutan perhatian pada anak mungkin akan menyulitkan ibu.

Alternatifnya, ibu dapat memilih tidur nyenyak atau malah melakukan perawatan tubuh, sebagai salah satu cara untuk membangun hubungan baik dengan diri sendiri.

Jujur, yang terakhir ini masih menjadi tantangan, karena saya memang bukan tipe yang suka ubo rampe* yang berlabel “kecantikan”. Tapi ya, gitu sering ada rasa nggak fully happy kalau lihat muka kusam, apalagi kulit terlihat kering.

Jadi, mulai bulan lalu saya sudah pasang habit reminder untuk nggak lupa minum air, juga mulai ngumpulin bahan-bahan perawatan tubuh dan wajah. Dan salah satu koleksi terbaru saya adalah produk baru dari brand Vitalis, sabun mandi parfum yang dilengkapi dengan moisturizer.

Pengalaman self care dengan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash

Saya pertama kali kenal dengan produk baru Vitalis ini, saat teman-teman di grup Arisan Link ngobrolin sensasi wangi dari sabun mandi parfum Vitalis. Karena penasaran, akhirnya saya mengikuti saran mbak Arinta (pemilik blog mamakepiting) untuk mencoba sabun mandi ini. 
Sebagai brand parfum ternama di Indonesia, Vitalis mengeluarkan tiga varian perfumed body wash, Fresh Dazzle, White Glow, dan Soft Beauty. 
Seperti namanya, setiap varian memiliki fungsi dan keharuman yang berbeda;
  • White glow untuk membantu mencerahkan kulit atau Skin Brightening
  • Fresh Dazzle untuk membantu menjaga mood karena kulit yang terasa segar, halus dan lembut (Skin Refreshing)
  • Soft Beauty untuk membantu menjaga kekencangan dan kelembutan kulit (Skin Nourishing)
Saat ini saya menggunakan ketiga varian tersebut setiap hari. Nggak dicampur ketiga-tiganya sih, tapi dipakai sesuai kebutuhan. 😀😀😀
Sehari-hari, saya pakai Fresh Dazzle, keharuman bunganya paling cocok untuk mengawali pagi dan mandi sore. Kesegarannya juga membuat putri kecil saya jatuh cinta dan sering curi-curi ikutan pakai. 
Kalau lagi capek banget, butuh suntikkan energi, saya memilih mandi dengan White Glow (yang botolnya warna pink). Kandungan aroma fruity-nya (cherry dan rasberry) terasa menyegarkan dan bisa mengembalikan semangat yang mulai kendor. 
Apalagi ada licoricenya juga, tubuh jadi terasa lebih lembut, dan terlihat lebih segar. 
Nah, kalau seharian lebih banyak kena sinar matahari, saya pilih menggunakan Soft Beauty, mood seharian yang menguap bareng panas, jadi kembali lagi. 
Menurut saya, wangi sabun mandi dengan botol ungu ini juga seksi banget. 😀 Seperti mengeluarkan aura “I am a strong woman“. 😍
Setiap varian dari Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash ini dilengkapi juga dengan bahan-bahan untuk merawat kulit tubuh kita.
Seperti White Glow yang dilengkapi dengan ekstrak licorice dan susu, untuk membantu kulit agar tampak bersih dan bersinar. 
Fresh Dazzle dilengkapi dengan ekstrak yuzu orange dan green tea yang berfungsi sebagai antiokasidan plus menjaga lebih wangi, segar, bersih, dan terawat
Sementara Soft Beauty dilengkapi dengan ekstrak alpukat dan vitamin E untuk menjaga kulit agar tetap kenyal, halus, dan lembut. 
Mandi dengan ketiga body perfumed diatas bagi saya sungguh sangat menyegarkan. 
Selama ini suka nggak percaya kalau mandi dengan aroma tertentu akan bisa memperbaiki mood dan membuat merasa lebih baik. Tapi setelah mandi dengan Vitalis Body Wash ini, saya benar-benar dapat membuktikan pernyataan diatas. 
Sambil masih main sabun, biasanya saya juga pijat sedikit pundak dan beberapa pagian badan yang pegel. Dengan cara ini, saya merasa telah membangun relationship yang baik dengan tubuh saya. Dan tentu itu membuat saya menjadi lebih baik. Nggak gampang baper, lebih santai menghadapai stres deadline, dan juga tugas-tugas rumah tangga. 
Dan ritual self care seperti ini bagi saya cukup praktis, karena dapat dikerjakan sehari-hari, plus tidak butuh waktu khusus untuk melakukannya.

Menurut saya, penting bagi seorang ibu untuk selalu meluangkan waktu melakukan self care. Dan salah satu cara paling mudah, adalah menghadiahi diri sendiri dengan mandi menggunakan produk yang dapat membantu Ibu memperbaiki mood dan semangatnya sepanjang hari. 
Ibu itu “everything’s everyone“, segala-galanya buat semua orang yang ada di lingkungan keluarganya. Jadi perlu bagi ibu untuk terus menjaga semangat, mood, dan rasa bahagianya. Agar orang-orang disekitar Ibu juga ikut ketularan seneng kan? 
Semoga bermanfaat idenya, terima kasih sudah mampir di blog RPB….

*ubo rampe: perlengkapan

Show 84 Comments

84 Comments

  1. Betul sekali mba. Seorang ibu harus stabil moodnya untuk membersamai keluarga saat self isolation gini.

  2. Wah seneng ya ada cara self care yang gampang dan murah. Saya juga pake vitalis body wash, wanginya bener-bener bisa bikin fresh. Kulit juga jadi lebih lembut

  3. Mandi dengan vitalis perfumed moisturizing body wash merupakan self care yang ga ribet ya kak, karrna wanginya seperti parfum dan seperti ada aroma terapinya

  4. Ternyata self care itu penting banget ya mba. Biar kita tetap waras dan jauh dari stress. Di situasi kaya gini, memang perlu banget buat tetap tenang. Mandi juga jadi salah satu cara buat tetap tenang.

  5. Meski lagi ribet karena harus pintar bagi waktu, urusan self care tetap harus diselipkan. Mandi jadi kesempatan buat merilekskan diri sekaligus self care.

  6. Nah sama kitah kak.ku juga pakai Vitalis Perfumed Mouisturizing Body Wash ini tapi fave aku warna green soalnya ada wangi aroma therapy gitu kak..yg tadinya capek badan jadi seger lagi

  7. Aku pakai Vitalis yg warna hijau. Sejauh ini nggak bikin kulitku jadi kering. Suka banget.

  8. pagi adalah saat yang tepat buatku mandi vitalis fresh dazzle seger banget

  9. penting ya ternyata self care itu, salah satunya dengan mandi ya… apalgi mandi menggunakan vitalis body wash

  10. Wiwin | pratiwanggini.net

    Saya jadi inget pernah nulis self care is not selfish. Buktinya pada saat diri pribadi terawat secara lahir dan batin, kita bisa memberikan manfaat kepada orang-orang di sekitar kita.

  11. Merawat tubuh, khususnya mandi memang kebutuhan kita kaum perempuan. Saya senang ada produk sabun mandi baru dari Vitalis yang brandnya sudah dikenal lama, jadinya gak ragu deh buat nyoba. Ternyata memang saya pun suka ketiga variannya.

  12. Ibu bahagia, keluarga akan bahagia ya.
    Maka ibu perlu memanjakan dirinya dengan perawatan dan terapi wangi ketika mandi dengan menggunakan Vitalis body wash.

  13. Vitalis body wash ini bener bener bikin kita fresh, rileks dan pastinya wangi sepanjang hari ya mba.

  14. Dari self care jadi self love ya mbak. Mandi pake Vitalis emang bisa banget jadi bagian dari self care buat bikin hati senang karena mandi parfum

  15. Bener Bun, waktu buat ibu rumah tangga tuh berarti banget, harus di luangin dikit buat me time, manjain dengan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash..

  16. Yah paling nggak vitalis paling ngertiin banget kebutuhan self care kita ya Moms. Rasanya bisa bikin kita semakin rileks dan seger.

  17. Aroma Vitalis body Wash emang juaraa. Paling suka sama fresh dazzle, selain wanginya segar di kulit juga melembabkan

  18. Benar mba, saya juga suka dengan sabun vitalis ini. Wanginya kalem bikin relaks. Sehari-hari juga wanginya nempel banget. Betah mandi lama-lama dengan Vitalis

  19. Emang kalau abis mandi dengan aroma menynangkan gini berasa kaya stress relief gitu deh..

  20. Ketiga varian Vitalis body wash wangi nya enak2 smua. Tapi yang paling kusuma yang varian ungu soft beauty. Apa karena aku sering aktifitas diluar ya

  21. Iya Mbak, siapa lagi yang mau peduli dg diri sendiri klo bukan kita. Mandi utk upaya self care, plus Vitalis bikin itu semakin fun…

  22. Baru dengar istilah self care Mbak. Umumnya me time, ya. Tapi boleh juga idenya. Tujuannya mirip dengan me time, menyenangkan diri sendiri, hehe

    Peduli pada diri sendiri sangat perlu. Sayang tak banyak orang menyadari. Mandi misalnya, mandi ya mandi aja. Padahal kalai mau self care mandi harus dinikmati. Saat guyuran air, harum busa sabun menyentuh kulit memunculkan kesenangan tersendiri

  23. Cocok banget ini kak. Sama sih. Me time nya selalu nggk jauh2 dari hal2 begini klo cewe ap lagi klo udah nemu produk kece ini, Vitalis Perfume Moisturizing Body Wash. Makin demen sama self care

  24. Terima kasih atas ide self carenya mbak. Mulai hari ini, kucoba deh perawatan tubuhnya selain tentunya mandi dengan vitalis

  25. Sami-sami. Terima kasih juga sudah mampir di blog RPB ya… ๐Ÿ™‚

  26. Betul mama Husna. Salam buat Husna ya, Makasih sudah mampir di blog aku

  27. sepertinya rata-rata ibu gitu deh, ha ha ha. Sekalian beres rumah baru mandi ya… ha ha ha

  28. betul mbak, cara ibu untuk memperhatikan diri memangbisa banyak ya. Tinggal sesuaikan dengan waktu dan kondisi

  29. iya, ingridient yang dipilih untuk body wash ini sepertinya memang pilihan

  30. Betul mbak-e. Diakui atau tidak, kita akan lebih mudah memberi dan mencintai sat diri kita juga merasa penuh

  31. Wah, sama kita mbak, suka ketiganya. sensasi harumnya juga beda sih, ya

  32. Iya. Ibu harus banyak punya self love, agar bisa menjadi pegangan untuk keluarganya

  33. bisa jadi Mbak. Kok sama kita, cocok dengan si Ungu kalau habis panas-panasan

  34. Me time sebetulnya termasuk self care mbak. Karena bagi beberapa orang, peduli pada diri sendiri juga bisa berupa hang out dengan teman

  35. Mandi emang bisa jadi cara self care, apalagi kalau mandinya pakai Vitalis Body Wash. Berasa mandi parfum karena wanginya mewaaaah.

  36. Jadi, doing nothing juga masuk ke self care ya Mbak.
    Jadi ingat kita sekarang, katanya jadi pahlawan dengan tetap di rumah saja.
    Tapi memang jadi lumayan bagus imunitas.

  37. Aku suka banget pakai sabun cair Vitalis ini dan suka banget deh sama wangi varian yang hijau.. Wanginya nyegerin banget.. Bikin mandi berkualitas deh.

  38. Wah, fans Fresh Dazzle juga nih.
    Iya, varian vitalis yang ini memang bikin segar dan mood baik

  39. Rosni Ardiawinati

    Berasa mandi parfume ya mandi dengan body wash dari vitalis, selesai mandi selain segar, badan jadi wangi, dan enak banget wanginya, aku suka yang pink, alhamdulillah sudah cobain mandi dengan produknya ini. Tulisannya bagus Mba, sukses terus menulisnya…

  40. Zia

    Oke banget deh mba untuk ide self care praktis dengan mandi parfum Vitalis, relaksasi bisa dilakukan saat berendem air hangat. Apalagi kalo pake Vitalis ya.

  41. Fresh Dazzle me time.
    Tapi Aku suka ketiga variant Vitalis Body Wash karena sensasi mewah Mandi parfumnya bikin fresh Dan good mood.

  42. Self care sekarang bisa dilakukan dengan cara mandi juga, apalagi mandinya kalo pake sabun vitalis. Bikin mood jadi happy banget setelah mandi:)

  43. Alhamdulillah dari ilmu baru nih di postingan mbak Rahayu, salam kenal mbak. Baru tahu makna self care, ternyata besar banget manfaatnya ya buat diri sendiri. Tipsnya juga oke banget. Mudah dilakukan. Btw aku juga mandi dengan sabun mandi Vitalis mbak, suka yang pink juga, enak wanginya, lembuttt ..

  44. Aku justru kalau ngedrop malah pakainya yang hijau. Berasa seperti dapat suntikan semangat.

  45. Mandi luluran dan kawan-kawannya masih rutin kulakukan, itung-itung me time hihihihi. Mirip kali ya dengan self care ๐Ÿ™‚

  46. Aq suka pakai yg ungu dan hijau sampai saat ini kulit ku tdk kering malah terasa lbh lembab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *