5 Serba-serbi Asam Folat untuk Ibu Hamil yang Perlu Anda Tahu

by - 4/27/2019



Manfaat asam folat untuk ibu hamil sudah tidak dapat diragukan lagi; wajar jika nutrisi ini sering menjadi perhatian utama pada ibu hamil.

Tapi termasuk dalam kategori apakah asam folat ini, dan bagaimana cara mengonsumsi yang tepat? Berikut 6 hal tentang asam folat yang perlu sahabat RPB catat. 

1. Cara bekerja

Asam folat termasuk dalam grup vitamin B9. Selain terdapat secara alami pada makanan seperti asparagus, salmon, jeruk, bayam, brokoli, dan biji-bijian penuh, bentuk sintetisnya dapat ditemukan pada makanan yang diformulasi atau suplemen makanan lain. 

Semua vitamin B berfungsi untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi glukosa dan membantu tubuh memanfaatkan lemak dan protein. 

Mata, otak, rambut, hati dan sistem saraf butuh vitamin B agar dapat berfungsi dengan baik. 

Karena itulah asam folat sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh, terutama pada masa kehamilan, bayi, dan remaja.

Kekurangan  asam folat sangat umum terjadi; terutama pada mereka yang terbiasa menginmengo alkohol, radang usus, atau penyakit celiac.

Gejala yang ditunjukkan akibat kekurangan asam folat adalah selera makan menurun, pertumbuhan tubuh lambat, nafas pendek, radang gusi dan lidah, dan  cacat tabung saraf yang sering terjadi.pada bayi.

2. Kelebihan asam folat

  • Asam folat dapat di manfaatkan untuk mengatasi defisiensi folic acid dan beberapa penyakit anemia. Jika dikombinasikan dengan pengobtan lain, dapat digunakan untuk mengatasi kekurangan vitamin B12 (anemia pernisiosa). 
  • Relatif tidak beracun. 
  • Asam folat dan vitamin B12 dibutuhkan dalam produksi sel darah merah. Asam folat dan vitamin B lainnya juga bermanfaat untuk mengontrol level darah asam amino, homosistein. 
  • Karena kebanyakan kehamilan tidak direncanakan, para ahli menyarankan wanita yang berencana hamil untuk mengonsumsi 0.4 mg asam folat setiap hari. Tujuanya untuk mencegah terjadinya spina bifida dan anecephaly, dua hal penyimpangan saat lahir yang mulai terjadi pada minggu 3-4 setelah konsepsi. Mengonsumsi asam folat terbukti mengurangi penyimpangan tersebut 72%-100%. Dalam beberapa penelitian, konsumsi asam folat selama hamil juga terbukti menurunkan resiko keguguran, autisme, dan keterlambatan berbahasa 3. 
3. Kekurangan 

Meskipun ada banyak manfaat dari asam folat, tapi penggunaan asam folat tanpa pentunjuk dari dokter dapat menyebabkan beberapa hal seperti kepala pusing, sulit tidur, iritasi kulit, dan demam. 

Suplemen asam folat juga tidak cocok untuk penderita anemia megaloblastik, karena itulah konsumsi suplemen ini harusa dalam pengawasan dokter. Penderita kanker, demam, atau sedang mengonsumsi antibiotik dan obat kemoterapi juga tidak disarankan mengonsumsi asam folat tanpa pangawasan. 

4. Tips 

Konsumsi suplemen asam folat dengan segelas air, baik dengan atau tanpa makanan Konsumsi sesuai petunjuk. Dosis setiap orang berbeda-beda tergantung dari usia, dan status kehamilan/ menyusui. Jika asam folat ini dikonsumsi karena Sahabat mengalami defisiensi, dosisnya akan berkurang seiring kebutuhan tubuh terpenuhi. Jika sahabat memiliki resiko menderita penyakit jantung, pastikan menu harian Anda mengandung vitamin B, terutama yang bersumber dari bahan makanan.

 5. Respon dan efektivitas 

Asam folat sangat mudah terserap, dan kebutuhan tubuh akan zat ini mudah tercapai meski hanya dengan satu kali dosis konsumsi. Dan karena asam folat sangat mudah larut air, tubuh kita tidak pernah menyimpan cadangannya. Untuk itulah, asam folat sangat disaranakan untuk dikonsumsi setiap hari. 

Referensi: 

  • Folic acid. Recommendations. Apr, 2018. Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/ncbddd/folicacid/recommendations.html Folic acid [Package Insert]. Revised 12/2017. 
  • Exelan Pharmaceuticals, Inc. https://www.drugs.com/pro/folic-acid.html




You May Also Like

1 komentar

  1. Wah banyak juga ya kandungan dan juga kelebihan dari asam folat ini. Terima kasih informasinya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk saat hanya pengguna Google dulu yang dapat berkomentar. Insya Allah nanti akan saya tambah dengan kolom untuk komentar Facebook.