6 Cara Mengatasi Sakit Gigi dengan Mudah

by - 4/13/2019



Bagaimana sih, cara mengatasi sakit gigi?

Orang bilang, sakit gigi lebih baik dari sakit hati. Tapi jujur saja, siapa yang bisa menahan cenut-cenut yang seolah memukul-mukul di wajah?

Cara terbaik untuk mengatasi sakit gigi adalah dengan mengunjungi dokter. Tapi jangankan ke dokter, kadang mau ke jalan ke depan rumah saja kita sudah tak sanggup, rasanya cuma ingin ngumpet di bawah bantal seharian.

Jadi bila saat ini Sahabat sedang sakit gigi, sementara kondisi juga tidak memungkinkan untuk ke dokter, maka keenam cara dibawah ini semoga dapat mengurangi rasa sakit yang Sahabat rasakan.

Cari tahu penyebab sakit gigi


Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengurangi rasa sakit gigi Sahabat, adalah mencari penyebabnya.

Iya, tujuan Anda saat ini hanya ingin tahu bagaimana cara mengatasi rasa sakit gigi, tapi percaya deh, mengetahui penyebab awal rasa sakit gigi akan membantu mencari pereda rasa sakit, sekaligus mencari obat yang tepat untuk menyembuhkan rasa sakit yang Sahabat rasakan.

Sebetulnya saat tubuh kita terasa sakit, tubuh sedang mencoba mengirimkan tanda jika ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuh kita.

Dan ketika rasa sakit itu berkaitan dengan gigi, penting sekali bagi Sahabat untuk segera mengetahui apa penyebab rasa sakit pada gigi Sahabat.

Sakit gigi ada beberapa penyebabnya, misalnya gigi yang membusuk, tambalan gigi yang rusak, gigi yang nggompel, gusi yang terinfeksi atau malah abses gigi (kantong yang berisi nanah pada gigi). 

Mencari penyebab sakit gigi sangatlah penting, karena kadang sakit gigi juga merupakan tanda dari peyakit lain, yang memerlukan penanganan dokter dengan segera. Apalagi jika sakit gigi Sahabat diikuti dengan tanda-tanda berikut ini;


  • Gusi bengkak 
  • Demam 
  • Ada benjolan berwarna merah pada mulut 
  • Terjadi pendarahan 
  • Rasa sakit yang berdenyut 
  • Rasa asin atau tidak nyaman di mulut 
  • Wajah atau rahang bengkak 
Apapun yang menjadi penyebab rasa sakit pada gigi Sahabat, segeralah kunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Tapi jika Sahabat yakin rasa sakit gigi yang Sahabat rasakan karena gigi berlubang, maka 6 cara dibawah ini dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit yang Sahabat rasakan

6 Cara mengatasi rasa sakit gigi


#1. Dengan kompres dingin 

Sahabat RPB bisa menggunakan kantung yang berisi sayuran atau buah dingin. Jangan lupa beri alas selembar kain agar kantong berisi sayuran dingin tersebut tidak meyebabkan kerusakan pada wajah Sahabat.

#2. Konsumsi obat pereda rasa sakit

Jika Sahabat tidak alergi dengan jenis obat pereda nyeri, cobalah konsumsi ibu profen atau obat anti-inflammatory lainnya untuk mengurangi rasa sakit gigi yang Sahabat rasakan. Pastikan untuk mengonsumsi obat sesuai aturan, ya.

#3. Kumur dengan air garam

Air garam dapat membersihkan infeksi dan mengurangi rasa sakit sementara. Kumur-kumurlah dengan air garam hangat, tapi pastikan jangan sampai tertelan ya.

#4. Kompres dengan hot packs

Selain bisa dikurangi dengan kompres dingin, rasa sakit karena gigi sakit juga bisa dikurangi dengan kompres hangat.

Caranya, isilah kaos kaki, atau kantung apapun yang ada di rumah dengan sedikit beras. Hangatkan pada microwave selama beberapa menit, dan gunakan untuk mengompres bagian rahang.

#5. Akupresure

Akupresure adalah pengobatan tradisional dari Tiongkok. Teknik ini mirip dengan akupuntur, hanya saja tidak menggunakan jarum.

Akupresur dilakukan dengan memberikan tekanan pada bagian tubuh tertentu, seperti bagian lunak diantara ibu jari kaki dan jari kedua pada kaki Anda, bagian lunak antara ibu jari dan jari telunjuk, tiga jari di atas pergelangan kaki atau otot betis bagian bawah.

Menurut para ahli, akupresure bisa mengurangi rasa sakit karena merangsang tubuh untuk mengeluarkan hormon endorfin.

#6. Kantung teh

Kantung teh dingin, apalagi bila didalamnya juga mengandung pepermint, juga sering dianjurkan untuk mengurangi rasa sakit gigi.

Caranya, masukkan kantung ke dalam freezer selama beberapa menit sebelum ditempelkan pada bagian wajah yang bengkak.

Itulah 6 cara mengurangi rasa sakit gigi dengan cara yang mudah. Perlu diingat, keenam cara diatas hanya mengurangi rasa sakit sementara. Karena itu segeralah pergi ke dokter jika kondisi Sahabat sudah cukup memungkinkan untuk bepergian, ya.

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk saat hanya pengguna Google dulu yang dapat berkomentar. Insya Allah nanti akan saya tambah dengan kolom untuk komentar Facebook.