5 Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Mudah

by - 4/10/2019



Punya masalah dengan bau kaki, bingung bagaimana cara menghilangkan bau kaki yang efektif? Ada trik efektif nih, agar bau kaki bisa segera menghilang dengan cepat.

Mengapa kaki bisa berbau

Sudah beberapa kali saya ngomel sama Hana karena pulang sekolah tidak langsung meletakkan kaos kaki di keranjang cucian. Disekolah, usai sholat biasanya dia langsung mengenakan kaos kaki tanpa menunggu kering terlebih dahulu. Inilah yang membuat kakinya dan tentu saka kaos kakinya jadi sering berbau.

Kaki sering mengeluarkan bau yang tidak sebab karena pada bagian tersebut, terdapat hampir setengah juta lebih kelenjar keringat di daerah kaki. Dan ini dapat membuat kita mengeluarkan keringat yang berlebih.

Di saat kaki kita basah oleh keringat (dan/atau air, seperti kasus Hana), dan kemudian langsung memakai kaos kaki atau sepatu, bakteri dan jamur akan tumbuh subur.

Kedua mikroorganisme memang sangat menyukai lingkungan yang hangat dan lembab. Bakteri dan jamur inilah yang kemudian dapat menimbulkan bau.

Jadi, jika ingin menghilangkan bau kaki, ada dua hal yang harus diperhatikan; kaki kita sendiri, plus sepatu dan kaos kaki yang kita kenakan. 

5 Cara menghilangkan bau kaki 


#1. Bersihkan kaki dengan benar 

Kita sering merasa jika mencuci kaki cukup dengan menyiramkan air ke seluruh bagian kaki.

Bila kaki tidak bermasalah, cara ini memang sudah cukup. Sayangnya, jika kaki berbau, maka mau tidak mau, kita harus menggunakan sabun anti bakteri juga saat mencuci kaki.

Setelah itu, keringkan kaki dengan benar, terutama pada bagian antara jari kaki. Untuk perlindungan lebih lanjut, semprotkan produk penghilang bau kaki yang biasa digunakan oleh para atlit.

#2. Gunakan obat penghilang bau kaki 

Cara lain untuk menghilangkan bau kaki adalah menggunakan anti perspirant. Tapi jangan pilih anti perspirant yang untuk ketiak 😀, pilihlah produk penghilang bau yang memang khusus untuk kaki.

Di pasaran saat ini ada produk anti perspirant yang dapat menghilangkan bau kaki. Anti perspirant dalam bentuk spray (foot spray) akan lebih mudah untuk digunakan.

Pilih foot spray yang mengandung alumunium chloride hexahydrate.

Tapi jangan lupa, tunggu sesaat sampai agak mengering sebelum berjalan di lantai yang licin. Karena produk dengan alumunium chloride hexahydrate biasanya agak licin begitu menyentuh kulit.

#3. Obat-obatan herbal 

 Ada beberapa bahan alami yang juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau kaki. Misalkan garam, teh dan cuka apel. Untuk teh, garam, dan cuka apel, saat ini sudah ada kemasan praktis yang dapat langsung gunakan dengan nama pasaran salt bath (garam mandi), tea tree oil, dan vinegar bath.
Menghilangkan bau kaki juga bisa menggunakan baking powder (baking soda), baby talc, dan tepung jagung.

Khusus untuk baby talc dan tepung jagung, cukup taburkan saja pada kaki setelah kaki dikeringkan. Karena bentuknya yang bubuk (powder), akan menyerap kelebihan keringat atau cairan lain pada kaki.

#4. Hindari sepatu dan kaos kaki dari bahan sintetis 

Untuk menghindari penumpukan keringat, gunakan kaos kaki dari bahan wol atau katun. Bahan seperti ini akan membantu kaki untuk “bernapas”, sehingga pertumbuhan bakteri dapat dicegah.

Pilih juga sepatu yang terbuat dari bahan kulit atau kanvas.

Usahakan juga untuk tidak mengenakan sepatu tanpa kaos kaki. Karena kotoran dan bakteri dapat saja menumpuk di sepatu, dan membuat kaki menjadi semakin bau.

#5. Sering ganti sepatu dan kaos kaki 

Jangan lupa untuk mengganti kaos kaki setiap hari untuk menghindari kondisi lembab pada kaki. Untuk sepatu, bacalah intruksi perawatan dan pastikan sesuasai dicuci, sepatu selalu dalam keadaan kering sebelum disimpan.

 Alternatif lain, masukkan satu atau dua sendok talk ke dalam kantong yang berpori, dan letakkan dalam sepatu. Selain untuk menghindari bau, juga untuk menyerap sisa-sisa air yang ada disana. 

Itulah 5 cara menghilangkan bau kaki dengan mudah. Tapi, bila semua trik diatas, namun tidak ada satupun yang berhasil, maka berkonsultasilah pada dokter untuk mendapatkan saran yang lebih baik. 

Kadang, bau kaki juga dapat menjadi pertanda penyakit serius lain terutama jika kita memiliki masalah imunitas dan diabetes.

You May Also Like

1 komentar

  1. Wah ternyata menghilangkan bau kaki bisa ya menggunakan bahan alami

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk saat hanya pengguna Google dulu yang dapat berkomentar. Insya Allah nanti akan saya tambah dengan kolom untuk komentar Facebook.