-->

5 Serba-serbi Asam Folat untuk Ibu Hamil yang Perlu Anda Tahu



Manfaat asam folat untuk ibu hamil sudah tidak dapat diragukan lagi; wajar jika nutrisi ini sering menjadi perhatian utama pada ibu hamil.

Tapi termasuk dalam kategori apakah asam folat ini, dan bagaimana cara mengonsumsi yang tepat? Berikut 6 hal tentang asam folat yang perlu sahabat RPB catat. 

1. Cara bekerja

Asam folat termasuk dalam grup vitamin B9. Selain terdapat secara alami pada makanan seperti asparagus, salmon, jeruk, bayam, brokoli, dan biji-bijian penuh, bentuk sintetisnya dapat ditemukan pada makanan yang diformulasi atau suplemen makanan lain. 

Semua vitamin B berfungsi untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi glukosa dan membantu tubuh memanfaatkan lemak dan protein. 

Mata, otak, rambut, hati dan sistem saraf butuh vitamin B agar dapat berfungsi dengan baik. 

Karena itulah asam folat sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh, terutama pada masa kehamilan, bayi, dan remaja.

Kekurangan  asam folat sangat umum terjadi; terutama pada mereka yang terbiasa menginmengo alkohol, radang usus, atau penyakit celiac.

Gejala yang ditunjukkan akibat kekurangan asam folat adalah selera makan menurun, pertumbuhan tubuh lambat, nafas pendek, radang gusi dan lidah, dan  cacat tabung saraf yang sering terjadi.pada bayi.

2. Kelebihan asam folat

  • Asam folat dapat di manfaatkan untuk mengatasi defisiensi folic acid dan beberapa penyakit anemia. Jika dikombinasikan dengan pengobtan lain, dapat digunakan untuk mengatasi kekurangan vitamin B12 (anemia pernisiosa). 
  • Relatif tidak beracun. 
  • Asam folat dan vitamin B12 dibutuhkan dalam produksi sel darah merah. Asam folat dan vitamin B lainnya juga bermanfaat untuk mengontrol level darah asam amino, homosistein. 
  • Karena kebanyakan kehamilan tidak direncanakan, para ahli menyarankan wanita yang berencana hamil untuk mengonsumsi 0.4 mg asam folat setiap hari. Tujuanya untuk mencegah terjadinya spina bifida dan anecephaly, dua hal penyimpangan saat lahir yang mulai terjadi pada minggu 3-4 setelah konsepsi. Mengonsumsi asam folat terbukti mengurangi penyimpangan tersebut 72%-100%. Dalam beberapa penelitian, konsumsi asam folat selama hamil juga terbukti menurunkan resiko keguguran, autisme, dan keterlambatan berbahasa 3. 
3. Kekurangan 

Meskipun ada banyak manfaat dari asam folat, tapi penggunaan asam folat tanpa pentunjuk dari dokter dapat menyebabkan beberapa hal seperti kepala pusing, sulit tidur, iritasi kulit, dan demam. 

Suplemen asam folat juga tidak cocok untuk penderita anemia megaloblastik, karena itulah konsumsi suplemen ini harusa dalam pengawasan dokter. Penderita kanker, demam, atau sedang mengonsumsi antibiotik dan obat kemoterapi juga tidak disarankan mengonsumsi asam folat tanpa pangawasan. 

4. Tips 

Konsumsi suplemen asam folat dengan segelas air, baik dengan atau tanpa makanan Konsumsi sesuai petunjuk. Dosis setiap orang berbeda-beda tergantung dari usia, dan status kehamilan/ menyusui. Jika asam folat ini dikonsumsi karena Sahabat mengalami defisiensi, dosisnya akan berkurang seiring kebutuhan tubuh terpenuhi. Jika sahabat memiliki resiko menderita penyakit jantung, pastikan menu harian Anda mengandung vitamin B, terutama yang bersumber dari bahan makanan.

 5. Respon dan efektivitas 

Asam folat sangat mudah terserap, dan kebutuhan tubuh akan zat ini mudah tercapai meski hanya dengan satu kali dosis konsumsi. Dan karena asam folat sangat mudah larut air, tubuh kita tidak pernah menyimpan cadangannya. Untuk itulah, asam folat sangat disaranakan untuk dikonsumsi setiap hari. 

Referensi: 

  • Folic acid. Recommendations. Apr, 2018. Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/ncbddd/folicacid/recommendations.html Folic acid [Package Insert]. Revised 12/2017. 
  • Exelan Pharmaceuticals, Inc. https://www.drugs.com/pro/folic-acid.html




6 Manfaat Jurnaling dalam Keseharian Saya

manfaat jurnaling


Karena sedang masuk ke tim Buzzer yang tugasnya kadang nge-tweet sampai malam, hampir seminggu lebih saya berhenti menulis jurnal.

Awalnya semua baik-baik saja, tapi kemarin mulai ada perasaan yang nggak enak yang saya rasakan. Pekerjaan saya rasanya kok makin banyak saja, dan meski sudah mengurangi jam istirahat, tapi tidak ada yang selesai.

Saya juga jadi gampang marah. Mudah komplain, dan entah kenapa, susah sekali untuk tetap berpikir positif. Pokoknya, ada sesuatu yang terasa tidak beres!


Saya jadi mengamini apa yang dimaksud oleh Darius Foroux, bagaiaman menulis dapat membuatnya untuk tetap menjadi positif.

Bagi saya, menulis jurnal seolah melihat kembali apa yang telah saya lakukan, juga pengalaman dan pelajaran penting yang saya peroleh.

Menuliskan kembali apa yang telah saya alami, seperti sebuah repetisi, - pengulangan-, dari pelajaran, hikmah, dan kebijaksanaan yang telah saya peroleh. 

Pengulangan ini seperti sebuah “kegiatan menanam” pada diri saya sendiri, dan sepertinya perlahan membentuk sebuah karakter dalam diri saya. Keberhasilan saya untuk move on dari masa lalu, kebiasaan membuat jurnal bersyukur, terwujudnya afirmasi, pelan-pelan menanamkan banyak hal positif pada diri saya. 

Dan saat ada hal negatif (rasa pesimis, sinis, menganggap buruk orang lain, dsb), alarm dalam diri saya otomatis berbunyi. Bila memang bisa jauhi, maka lebih baik pergi, jika tidak, pikiran saya punya banyak data positif untuk mengcounter serangan negatif tersebut. 

Meminjam istilah Darius Foroux, menulis jurnal seperti sebuah latihan spiritual. Dan seperti saat Sahabat berlatih di Gym untuk mengasah dan menguatkan otot tubuh,- menulis jurnal seperti mengatakan pada diri kita, bahwa kita sedang belajar, mengumpulkan setiap pengalaman yang akan mengasah kita menjadi orang yang lebih baik.

Jika dapat saya rangkum, ada 5 manfaat jurnaling yang telah saya rasakan selama ini

6 Manfaat jurnaling dalam keseharian saya (dan mungkin untuk Anda juga)


#1. Wadah pikiran

Kalau saya ditanya kenapa rajin menulis jurnal, biasanya saya menjawab, jurnaling itu seperti Pensieve Dumbledore. Karena di dalamnya ada catatan yang sangat rinci tentang apapun yang terlintas dalam pikiran kita; seperti goals, hambatan, ide-ide baru dan lain sebagainya. 

Jurnaling memang mirip dengan menulis diary, bedanya jurnaling memiliki tema yang lebih spesifik. Misalkan jurnaling dengan tema perbaikan mindset, memaafkan masa lalu, tracking pekerjaan, belajar produktivitas, dan lain sebagainya. 

Saya sendiri menggunakan jurnal untuk tracking produktivitas dalam bekerja, tapi di dalamnya, saya juga memasukkan lintasan pikiran, hikmah yang saya alami dan mempengaruhi efektivitas saya dalam bekeerja. 

Saya juga memiliki jurnal LOA, jurnal tentang mimpi dan afirmasi. 

Pengen juga sih, bikin jurnal perkembangan Hana, memasuki usianya yang sepuluh tahun ini, ada banyak hal baru yang sayang banget untuk dilewatkan. 

#2. Sebagai pelampiasan kepenatan

Kalau sedang banyak pikiran, saya juga melepaskan penat dengan doodling, menghiasi halaman jurnaling saya dengan gambar ala-ala. Kadang juga saya tempelkan foto-foto impian saya, ajang bermain washi tape, tempat melampiaskan hobi nggambar zen doodle, dan lain sebagainya. 

Enggak cakep sih, but it's okay, it's for my self any way 



Sebuah kiriman dibagikan oleh Rahayu Pawitri (@rahayu_pawitri) pada

#3. Rekam jejak

Ya karena saya sedang belajar produktivitas, dan kebetulan juga pekerjaan saya ini kok ya, review kelas-kelas pengembangan diri, jadi, begitulah, jurnal pekerjaan saya ini akhirnya juga berisi tentang perkembangan diri saya selama mengikuti kelas. Gado-gado pokoknya, tapi tetap masih dalam satu tema. 

#4. Tempat untuk membuat to do list

Karena jurnal saya adalah jurnal produktivitas, tentu saja ada to do list disana. Apa saja yang ingin kerjakan, bagaimana saya mengerjakannya, dan berapa lama saya dapat fokus dalam mengerjakan pekerjaan tersebut. 

#5. Membantu untuk fokus

Nah, karena semua ada di satu tempat, saya jadi lebih mudah untuk mengoreksi hal-hal yang terlewat. Dan karena sudah lengkap dengan to do list plus time mappingnya, akhirnya saya nggak berani cheating time lagi (kecuali ada faktor eksterna yang mengganggu ya). 

Jurnaling juga membantu saya untuk fokus pada tujuan. Karena setiap hari, mau tidak mau saya kan harus membaca goals saya. Dengan cara ini, Alhamdulillah sih, saya bisa lebih fokus. 

#6. Sarana manajemen stres

Manfaat yang satu ini, ada kaitannya dengan manfaat pertama dan kelima. 

Menurut Jim Kwik, mentor kelas Super Brain, manajemen stres adalah salah satu cara untuk menguatkan ingatan kita. 

Dan bagi saya, jurnaling membantu saya untuk melihat masalah satu per satu. Dan karena lintasan pikiran yang kruntelan di kepala juga sudah saya tuangkan dalam buku, maka pikiran saya pun lebih ringan dan tidak mudah stres. 


Jika dilihat dari keenam hal diatas, Sahabat pasti tahu, kenapa saya akhirnya merasa ada yang tidak beres atau tidak biasa dalam keseharian saya. Ya, karena akhirnya saya tidak tahu lagi, kemarin itu saya ngapain saja, sudah kerja tidak ada berhentinya, tapi kok ya, pekerjaan makin banyak saja. 

Jadi Sahabat bila saat ini sedang merasa kehilangan arah, mungkin bisa mencoba untuk mulai membuat jurnal. Apalagi kalau sedang punya goals yang ingin diraih. Biar enggak geregetan lagi, selama ini ngapain aja, kok ya nggak ada cita-cita yang tercapai juga. 

Bagaimana memulainya? Tunggu ya, di post produktivitas yang akan datang. 😉

Beberapa Jenis Tinta Sablon yang Jarang Diketahui

jenis-tinta-sablon


Sablon adalah hal yang paling penting dalam proses desain kaos polos. Salah pilih tinta akan memberikan efek yang tidak sesuai pada kaos. Terlebih kaos distro yang tentunya punya keunikan desain tersendiri. 

Selain tinta sablon yang telah banyak dikenal seperti rubber, plastisol, super white, atau extender, masih ada banyak tinta lain yang bisa memberikan efek berbeda. 

Jenis tinta sablon lain yang lebih beragam juga bisa digunakan untuk memberikan efek berbeda pada kaos. Masing-masing tinta, bila digunakan dengan kaos polos yang tepat, akan membuat hasil cetakan pada kaos tahan lama. Selain itu, desain kaos juga tidak akan cepat retak, rusak, apalagi lepas. 

Beberapa tinta sablon jarang diketahui namanya di pasaran. Padahal beberapa tinta ini, dapat membantu pemilik jasa sablon memberikan hasil terbaik untuk jasa yang ditawarkan. Kali ini, RPB akan membahas beberapa jenis-jenis tinta sablon lain yang masih jarang diketahui. 

Tinta Sablon yang Jarang Diketahui


#1. Burn Out 

Namanya berasal dari proses penyablonan yang perlu dikeringkan pada suhu sangat tinggi seperti dibakar. Pengeringan menggunakan zat kimia yang menghancurkan separuh serat kain. 

Desain dari sablon burn out sendiri akan terbentuk pada kaos polos dari serat-serat yang tidak terbakar. 

#2. Glitter 

Seperti namanya, tinta sablon glitter memberikan efek kelap-kelip. Sablon ini merupakan salah satu jenis tinta terbaik yang cocok digunakan untuk kaos polos. Keawetannya juga tidak perlu diragukan lagi. 

#3. Kaviar 

Tinta kaviar atau caviar bisa membuat efek butiran-butiran atau bercak tidak beraturan pada permukaan kaos. Selain itu, tinta ini juga membuat efek timbul. Bila dipadukan dengan desain yang sesuai, tinta ini akan menghasilkan kaos dengan sablon yang eksklusif dan mewah. 

#4. Chromicolor 

Keunikan jenis tinta chromicolor adalah hasil sablonnya akan membuat efek warna cerah pada kaos. Warna cerah ini akan tampak menghilang saat desainnya diusap namun kembali seperti semula setelah beberapa saat. Tinta sablonnya juga memiliki kualitas bagus dan tahan lama. 

#5. Thermoflex 

Tinta jenis thermoflex memiliki beberapa karakter yang lebih menonjol dibandingkan tinta sablon kaos lainnya. Misalnya saja tinta ini bisa dibentuk menjadi timbul sesuai keinginan dan memiliki warna terang dan solid. Saat menyablon dengan tinta thermoflex, material yang digunakan adalah thermos transfer paper. 

#6. Photopia 

Karakter tinta photopia memiliki kemiripan dengan glow in the dark (GTD) yakni sama-sama bisa menyala dalam gelap. Perbedaannya, dengan mengaplikasikan tinta photopia, desain yang dihasilkan akan mengeluarkan warna yang berubah-ubah pada cahaya yang berbeda. Namun kekurangannya, harga tinta ini sangat mahal dan masih jarang ada di Indonesia. 

#7. Polyflex 

Kekurangan polyflex adalah tidak bisa mencetak desain dengan warna gradasi pada kaos polos dan tidak bisa kontak langsung dengan panas seperti disetrika. Akan tetapi tinta polyflex yang menggunakan stiker vinyl ini memiliki warna cerah dan detail. Keawetan desain ini pada kaos juga cukup tahan lama. 

#8. Reflektif 

Selain photopia dan glow in the dark, ada lagi jenis tinta reflektif yang desainnya juga bisa menyala dan berkilauan. Efek bercahaya pada kaos polos akan muncul baik di bawah sinar lampu maupun terik matahari. Keawetan tinta reflektif tergolong bagus. 

#9. Asphalt (Aspal) 

Membaca nama tintanya, kalian sudah bisa menebak bahwa tinta ini memberikan efek tekstur dan warna seperti aspal di jalan. Efeknya bisa dibuat timbul dan juga memiliki kilau sendiri. Keawetannya juga tidak perlu diragukan. Akan tetapi, pilihan warnanya hanya terbatas pada satu warna. 

#10. Plasticharge 

Tinta terakhir adalah sablon berbahan dasar minyak yakni campuran dari plastisol dan discharge. Hasil sablon yang diberikan tinta ini memberikan efek warna yang tajam. 

Semua jenis tinta di atas hanyalah beberapa jenis tinta yang juga bisa digunakan untuk menyablon kaos polos. Sebagai pengusaha kaos, mengenal lebih banyak jenis tinta tentunya akan memberikan manfaat di kemudian hari.

Bagaimana membedakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus?



Tidak mudah membedakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Terlebih karena gejala yang ditimbulkan oleh kedua mikroorganisme ini memang mirip. 

Tapi yang paling penting, infeksi karena virus atau bakteri dapat menyebabkan baik penyakit ringan, sedang ataupun penyakit yang membutuhkan penanganan sangat serius. Masih ingat kan dengan virus flu burung yang pernah menyebabkan travel warning di banyak negara? 

Batuk, bersin-bersin, demam, badan terasa hangat, muntah, diare, lesu, dan kram biasanya merupakan gejala dari infeksi bakteri atau virus. Semua tanda penyakit tersebut sebetulnya merupakan tanda sistem kekebalan tubuh kita sedang berusaha mengeluarkan infeksi yang masuk ke tubuh. 

Perbedaan utama dari infeksi bakteri dan virus, selain dari struktur tubuh tentunya, adalah, cara mereka merespon terhadap pengobatan. 

Perbedaan bakteri dan virus 


Meskipun keduanya tidak dapat kita lihat dengan mata telanjang, tapi perbedaan bentuk bakteri dan virus sangatlah besar. Jika menggunakan perbandingan, mungkin seperti perbandingan jerapah dan ikan. 

Umumnya struktur bakteri sangat komplek, bersel satu, dengan dinding sel yang amat tipis. Bagian dalam selnya, diselimuti oleh membran seelatis karet. 

Mikroorganisme yang satu ini juga sangat tahan terhadap lingkungan panas dan dingin, panas tubuh manusia, bahkan limbah radio aktif. 

Kebanyakan bakteri sebetulnya tidak berbahaya, malahan membantu dalam pencernaan makanan, membunuh bakteri patogen, melawan sel kanker, dan menyediakan nutrisi esensial. Hanya 1% bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. 

Struktur tubuh virus lebih tipis dibanding bakteri. Dan ukuran virus terbesar masih lebih kecil dibanding ukuran bakteri terkecil. Virus juga hanya memiliki lapisan protein dan inti materi genetik, baik itu RNA atau DNA. 

Tidak seperti bakteri, virus butuh sel sebagai “induk” atau “rumah” untuk hidup. Saat menempel itulah, virus akan terus me-reprogram sel induk yang ditempati sampai akhirnya berubah menjadi sel ganas atau kanker. 

Berkebalikan dengan bakteri, umumnya virus adalah penyebab penyakit, dan beberapa jenis virus malah secara spesifik menyerang sel. Misalnya virus yang menyerang sistem pernapasan, sel-sel hati dan darah. Bahkan beberapa virus juga menyerang bakteri. 

Nah, sampai sini saja, sudah ada gambaran kan ya, bagaiamana membedakan penyakit yang disebabkan bakteri dan virus? 

Cara membedakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus 


Cara paling tepat untuk mengetahui apakah penyakit yang kita derita disebabkan oleh bakteri atau virus adalah, dengan berkonsultasi pada dokter. 

Perbedaan infeksi kedua mikroorganisme ini hanya bisa dibedakan dengan tes laboratorium. 

Beberapa infeksi yang disebabkan oleh bakteri memang dapat terlihat oleh mata telanjang, seperti radang tenggorokan yang disebabkan bekateri biasanya menimbulkan bercak putih pada tongsil. Namun tetap kondisi tersebut hanyalah gejala. Untuk mengkonfirmasi penyebab infeksinya tetap membutuhkan bantuan dokter atau laboratorium. 

Penanganan infeksi bakteri dan virus 

Penemuan antibiotik untuk menangani infeksi bakteri merupakan penemuan terhebat sepanjang sejarah medis. Sayangnya, bakteri termasuk mikroorganisme yang mudah beradaptasi, dan penggunaan antibiotik terus-menerus justru membuat bakteri kebal terhadap antibiotik. 

Karena itulah selalu gunakan antibiotik sesuai dengan petunjuk dokter. Jangan hanya karena teman cocok dengan antibiotik jenis A, maka kita ikut-ikutan mengonsumsinya.  

Antibiotik juga tidak efektif untuk melawan virus. Cara terbaik untuk melawan virus dengan menggunakan vaksin. Vaksin tidak hanya dapat melawan virus (seperti pada cacar, polio, campak) tapi juga dapat mencegah infeksi (seperti flu yang disebabkan oleh virus, hepatitis A dan B, HPV dan lain sebagainya). 

Nah, udah tahu kan sekarang bagaimana cara membedakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus; sekaligus usaha apa yang harus dilakukan bila sudah terlanjur infeksi?

Semoga informasi diatas dapat membantu memilih pengobatan yang tepat, ya. Salam. 

6 Cara Mengatasi Sakit Gigi dengan Mudah



Bagaimana sih, cara mengatasi sakit gigi?

Orang bilang, sakit gigi lebih baik dari sakit hati. Tapi jujur saja, siapa yang bisa menahan cenut-cenut yang seolah memukul-mukul di wajah?

Cara terbaik untuk mengatasi sakit gigi adalah dengan mengunjungi dokter. Tapi jangankan ke dokter, kadang mau ke jalan ke depan rumah saja kita sudah tak sanggup, rasanya cuma ingin ngumpet di bawah bantal seharian.

Jadi bila saat ini Sahabat sedang sakit gigi, sementara kondisi juga tidak memungkinkan untuk ke dokter, maka keenam cara dibawah ini semoga dapat mengurangi rasa sakit yang Sahabat rasakan.

Cari tahu penyebab sakit gigi


Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengurangi rasa sakit gigi Sahabat, adalah mencari penyebabnya.

Iya, tujuan Anda saat ini hanya ingin tahu bagaimana cara mengatasi rasa sakit gigi, tapi percaya deh, mengetahui penyebab awal rasa sakit gigi akan membantu mencari pereda rasa sakit, sekaligus mencari obat yang tepat untuk menyembuhkan rasa sakit yang Sahabat rasakan.

Sebetulnya saat tubuh kita terasa sakit, tubuh sedang mencoba mengirimkan tanda jika ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuh kita.

Dan ketika rasa sakit itu berkaitan dengan gigi, penting sekali bagi Sahabat untuk segera mengetahui apa penyebab rasa sakit pada gigi Sahabat.

Sakit gigi ada beberapa penyebabnya, misalnya gigi yang membusuk, tambalan gigi yang rusak, gigi yang nggompel, gusi yang terinfeksi atau malah abses gigi (kantong yang berisi nanah pada gigi). 

Mencari penyebab sakit gigi sangatlah penting, karena kadang sakit gigi juga merupakan tanda dari peyakit lain, yang memerlukan penanganan dokter dengan segera. Apalagi jika sakit gigi Sahabat diikuti dengan tanda-tanda berikut ini;


  • Gusi bengkak 
  • Demam 
  • Ada benjolan berwarna merah pada mulut 
  • Terjadi pendarahan 
  • Rasa sakit yang berdenyut 
  • Rasa asin atau tidak nyaman di mulut 
  • Wajah atau rahang bengkak 
Apapun yang menjadi penyebab rasa sakit pada gigi Sahabat, segeralah kunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Tapi jika Sahabat yakin rasa sakit gigi yang Sahabat rasakan karena gigi berlubang, maka 6 cara dibawah ini dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit yang Sahabat rasakan

6 Cara mengatasi rasa sakit gigi


#1. Dengan kompres dingin 

Sahabat RPB bisa menggunakan kantung yang berisi sayuran atau buah dingin. Jangan lupa beri alas selembar kain agar kantong berisi sayuran dingin tersebut tidak meyebabkan kerusakan pada wajah Sahabat.

#2. Konsumsi obat pereda rasa sakit

Jika Sahabat tidak alergi dengan jenis obat pereda nyeri, cobalah konsumsi ibu profen atau obat anti-inflammatory lainnya untuk mengurangi rasa sakit gigi yang Sahabat rasakan. Pastikan untuk mengonsumsi obat sesuai aturan, ya.

#3. Kumur dengan air garam

Air garam dapat membersihkan infeksi dan mengurangi rasa sakit sementara. Kumur-kumurlah dengan air garam hangat, tapi pastikan jangan sampai tertelan ya.

#4. Kompres dengan hot packs

Selain bisa dikurangi dengan kompres dingin, rasa sakit karena gigi sakit juga bisa dikurangi dengan kompres hangat.

Caranya, isilah kaos kaki, atau kantung apapun yang ada di rumah dengan sedikit beras. Hangatkan pada microwave selama beberapa menit, dan gunakan untuk mengompres bagian rahang.

#5. Akupresure

Akupresure adalah pengobatan tradisional dari Tiongkok. Teknik ini mirip dengan akupuntur, hanya saja tidak menggunakan jarum.

Akupresur dilakukan dengan memberikan tekanan pada bagian tubuh tertentu, seperti bagian lunak diantara ibu jari kaki dan jari kedua pada kaki Anda, bagian lunak antara ibu jari dan jari telunjuk, tiga jari di atas pergelangan kaki atau otot betis bagian bawah.

Menurut para ahli, akupresure bisa mengurangi rasa sakit karena merangsang tubuh untuk mengeluarkan hormon endorfin.

#6. Kantung teh

Kantung teh dingin, apalagi bila didalamnya juga mengandung pepermint, juga sering dianjurkan untuk mengurangi rasa sakit gigi.

Caranya, masukkan kantung ke dalam freezer selama beberapa menit sebelum ditempelkan pada bagian wajah yang bengkak.

Itulah 6 cara mengurangi rasa sakit gigi dengan cara yang mudah. Perlu diingat, keenam cara diatas hanya mengurangi rasa sakit sementara. Karena itu segeralah pergi ke dokter jika kondisi Sahabat sudah cukup memungkinkan untuk bepergian, ya.

K-Link Mempersembahkan KLIS, Sekolah Berstandar Internasional, Berbasis Nilai-nilai Islam



Sedang mencari info sekolah berstandar Internasional yang masih membuka pendaftaran?

Di Indonesia, sekolah swasta umumnya telah membuka pendaftaran 6 bulan sebelum tahun ajaran baru dimulai.

Dan ini kadang sedikit menyulitkan bagi orangtua yang baru saja pindah ke Indonesia atau antar propinsi.

Mencari sekolah swasta di bulan-bulan mendekati tahun ajaran baru seperti ini, mungkin mulai agak susah, karena umumnya sekolah sudah penuh dengan kuota siswa-siswi baru.

Namun jangan khawatir, bagi pembaca yang saat ini harus pindah ke daerah Jakarta atau Sentul, masih ada sekolah dengan standar internasional yang masih membuka pendaftaran, Knowledge Link Intercultural School, sekolah dengan standar internasional dan berbasis agama Islam

Knowledge Link Intercultural School, sekolah internasional yang berbasis nilai-nilai Islam



Ngimpi pengen anak sekolah di sekolah berstandar internasional dengan biaya terjangkau dan berbasis agama Islam? Nah, sekarang Pembaca boleh berlega hati nih, karena K-Link kini menghadirkan Knowledge Link Intercultural School (KLIS) di Indonesia.

KLIS merupakan terobosan dari K-Link dalam dunia pendidikan.

Bermula dari berdirinya, K-care, sebuah sekolah untuk anak berkebutuhan khusus; KLIS didirikan dengan melihat potensi masyarakat Indonesia yang besar.


Dalam kata sambutannya pada jumpa pers di acara pembukaan “Seminar International Forum on Islam, Educational and Global Peace", Dato Dr. H. MD. Radzi Saleh berkata, jika potensi Indonesia yang besar ini seringkali tidak dikembangkan dengan optimal.

Karena itulah KLIS ini hadir di Indonesia untuk mewujudkan dan mengembangkan potensi tersebut, agar kelak generasi muda Indonesia dapat menjadi generasi yang kreatif, berbudaya, relijius dan membawa Islam sebagai Rahamatan Lil Alamin.

Dengan alasan tersebut, KLIS bekerjasama dengan Asian Islamic University Association (AIUA), menyelenggarakan seminar international “Educational and Global Peace”. Ada banyak pembicara dari dalam dan luar negeri pada forum terebut; diantaranya adalah

  • Sheikh Dr. Muhammad Bin Yahya Al-Ninowy (pendiri Madina Institute dari USA) 
  • Prof. Dr. Amin Abdullah (mantan rektor UIN Sunan Kalijaga) 
  • Prof. Dr. Amany Lubis (Rektor UIN Syarif Hidayatullah) 
  • Dr. Mikdar Rusdi (Senior Assistant Professor dari Seri Begawan Religious College) 
  • Assoc Prof. Dr. Ismail Lutfi Japakya (Rektor dari Fatoni University, Thailand) 
  • Dato’ Dr. Muhammad Nur Manuty (Chairman of UNISZA Malasya) 
  • Prof. Dr. Dede Rosyada (Professor UIN Syarif Hidyatullah) 
  • Dr. Mahmod Khatibbicara (Pembicara Afrika Selatan) 
  • Dato Seri Diraja Dr. Zambry (Mantan Menteri Besar Perak, Malaysia) 
Penyelenggaraan forum internasional ini merupakan bukti komitmen KLIS untuk memberikan yang terbaik bagi siswa-siswinya.


Sebagai informasi, AIUA merupakan wadah kerjasama perguruan tinggi Islam di Asia. Tujuan kerjasama ini adalah meningkatkan kualitas perguruan tinggi Islam di Asia. Saat ini sudah ada 60 Universitas yang menjadi anggota AIUA.

Dan di tahun 2019 ini, tema yang diusung oleh AIUA adalah Education and Global Peace; sebuah tema yang selaras dengan visi misi KLIS.



Dalam opening ceremony pada forum internasional tersebut, dilakukan juga penandatanganan kesepakatan kerja sama antara KLIS, USAS (Universitas Sultan Azlam Shah), dan Madina Institute. Kerja sama ini terwujud dalam bentuk pengaplikasian kurikulum yang mencakup mata pelajaran Tahfizh Qur’an, Bahasa Arab, dan Islamic Studies.

Kurikulum KLIS 


Sesuai dengan komitmen KLIS untuk memberikan kurikulum terbaik, selain bekerja sama dengan perguruan tinggi terkemuka seperti USAS dan Madina Institute, KLIS juga menggunakan kurikulum Cambridge untuk jenjang Primary School dan Oxfords AQA untuk jenjang Secondary School. 




Dengan adanya paduan kurikulum internasional dan juga aplikasi pendidikan berbasis nilai-nilai Islami, lulusan KLIS kelak tidak hanya pandai secara akademis, namun juga memiliki kepribadian, kecerdasan spiritual dan sosial yang tinggi.



Fasilitas KLIS 


Pembelajaran KLIS berbasis ICT dan Project-Learning Base.



Keuntungan dari pembelajaran ini peserta didik dapat mengekplorasi, menilai, menginterpretasi, kemudian mensintesa dan mengolah informasi berdasar masalah atau proyek yang dikerjakan.



Karena model atau gaya belajar setiap didik berbeda, dengan menggunakan sistem project-learning ini, setiap siswa dapat menggali konten (materi pelajaran) dengan berbagai cara dan kemudian mengekspresikan hasilnnya secara kolaboratif untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang materi yang dikerjakan.


KLIS juga memiliki beberapa program ekstrakurikuler pilihan seperti golf, horse riding, tenis, panahan, dan berenang.

Tertarik untuk mendaftar di KLIS? Silahkan kunjungi situs resmi KLIS di klis.co.id

5 Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Mudah



Punya masalah dengan bau kaki, bingung bagaimana cara menghilangkan bau kaki yang efektif? Ada trik efektif nih, agar bau kaki bisa segera menghilang dengan cepat.

Mengapa kaki bisa berbau

Sudah beberapa kali saya ngomel sama Hana karena pulang sekolah tidak langsung meletakkan kaos kaki di keranjang cucian. Disekolah, usai sholat biasanya dia langsung mengenakan kaos kaki tanpa menunggu kering terlebih dahulu. Inilah yang membuat kakinya dan tentu saka kaos kakinya jadi sering berbau.

Kaki sering mengeluarkan bau yang tidak sebab karena pada bagian tersebut, terdapat hampir setengah juta lebih kelenjar keringat di daerah kaki. Dan ini dapat membuat kita mengeluarkan keringat yang berlebih.

Di saat kaki kita basah oleh keringat (dan/atau air, seperti kasus Hana), dan kemudian langsung memakai kaos kaki atau sepatu, bakteri dan jamur akan tumbuh subur.

Kedua mikroorganisme memang sangat menyukai lingkungan yang hangat dan lembab. Bakteri dan jamur inilah yang kemudian dapat menimbulkan bau.

Jadi, jika ingin menghilangkan bau kaki, ada dua hal yang harus diperhatikan; kaki kita sendiri, plus sepatu dan kaos kaki yang kita kenakan. 

5 Cara menghilangkan bau kaki 


#1. Bersihkan kaki dengan benar 

Kita sering merasa jika mencuci kaki cukup dengan menyiramkan air ke seluruh bagian kaki.

Bila kaki tidak bermasalah, cara ini memang sudah cukup. Sayangnya, jika kaki berbau, maka mau tidak mau, kita harus menggunakan sabun anti bakteri juga saat mencuci kaki.

Setelah itu, keringkan kaki dengan benar, terutama pada bagian antara jari kaki. Untuk perlindungan lebih lanjut, semprotkan produk penghilang bau kaki yang biasa digunakan oleh para atlit.

#2. Gunakan obat penghilang bau kaki 

Cara lain untuk menghilangkan bau kaki adalah menggunakan anti perspirant. Tapi jangan pilih anti perspirant yang untuk ketiak 😀, pilihlah produk penghilang bau yang memang khusus untuk kaki.

Di pasaran saat ini ada produk anti perspirant yang dapat menghilangkan bau kaki. Anti perspirant dalam bentuk spray (foot spray) akan lebih mudah untuk digunakan.

Pilih foot spray yang mengandung alumunium chloride hexahydrate.

Tapi jangan lupa, tunggu sesaat sampai agak mengering sebelum berjalan di lantai yang licin. Karena produk dengan alumunium chloride hexahydrate biasanya agak licin begitu menyentuh kulit.

#3. Obat-obatan herbal 

 Ada beberapa bahan alami yang juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau kaki. Misalkan garam, teh dan cuka apel. Untuk teh, garam, dan cuka apel, saat ini sudah ada kemasan praktis yang dapat langsung gunakan dengan nama pasaran salt bath (garam mandi), tea tree oil, dan vinegar bath.
Menghilangkan bau kaki juga bisa menggunakan baking powder (baking soda), baby talc, dan tepung jagung.

Khusus untuk baby talc dan tepung jagung, cukup taburkan saja pada kaki setelah kaki dikeringkan. Karena bentuknya yang bubuk (powder), akan menyerap kelebihan keringat atau cairan lain pada kaki.

#4. Hindari sepatu dan kaos kaki dari bahan sintetis 

Untuk menghindari penumpukan keringat, gunakan kaos kaki dari bahan wol atau katun. Bahan seperti ini akan membantu kaki untuk “bernapas”, sehingga pertumbuhan bakteri dapat dicegah.

Pilih juga sepatu yang terbuat dari bahan kulit atau kanvas.

Usahakan juga untuk tidak mengenakan sepatu tanpa kaos kaki. Karena kotoran dan bakteri dapat saja menumpuk di sepatu, dan membuat kaki menjadi semakin bau.

#5. Sering ganti sepatu dan kaos kaki 

Jangan lupa untuk mengganti kaos kaki setiap hari untuk menghindari kondisi lembab pada kaki. Untuk sepatu, bacalah intruksi perawatan dan pastikan sesuasai dicuci, sepatu selalu dalam keadaan kering sebelum disimpan.

 Alternatif lain, masukkan satu atau dua sendok talk ke dalam kantong yang berpori, dan letakkan dalam sepatu. Selain untuk menghindari bau, juga untuk menyerap sisa-sisa air yang ada disana. 

Itulah 5 cara menghilangkan bau kaki dengan mudah. Tapi, bila semua trik diatas, namun tidak ada satupun yang berhasil, maka berkonsultasilah pada dokter untuk mendapatkan saran yang lebih baik. 

Kadang, bau kaki juga dapat menjadi pertanda penyakit serius lain terutama jika kita memiliki masalah imunitas dan diabetes.

Kalau Sudah Bisa Ngatur Waktu, Apa Semuanya Bisa Sesuai Jadwal?

bisa-mengatur-waktu-semua-sesuai-jadwal

Hari Minggu saya kemarin, rasanya seperti hari Sabtu saja, karena, mau tidak mau, kemarin saya masih harus menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai di minggu berjalan.

Hari Sabtu memang saya gunakan sebagai hari cadangan (sekaligus hari review, tentu). Tapi karena hari Sabtu kemarin harus bantu tetangga yang punya hajat, akhirnya hari cadangan dan review bergeser ke hari minggu.

Dan tiba-tiba, saya jadi ingat pertanyaan yang paling sering ditanyakan jika kebetulan mendapat kesempatan sharing masalah manajemen waktu; apakah kalau sudah bisa ngatur waktu, semuanya akan sesuai jadwal?

Ya, bisa kalau Anda hidup sendiri, dan tidak berhubungan dengan siapapun. 😁😁😁

Beda halnya jika hidup dengan orang lain, atau malah pekerjaan kita terkait dengan pekerjaan orang lain. Kan tidak semua orang tahu jadwal harian kita, juga tidak ada hal di dunia ini yang bisa berjalan persis seperti mau kita. Biasanya ada saja kendala yang mengganggu, entah itu koneksi internet, anak sakit, saudara datang berkunjung, dan seterusnya.

Jadi, apakah kegiatan mengatur waktu sebenarnya adalah pekerjaan sia-sia?

Jika jadwal terganggu, apakah mengatur waktu menjadi pekerjaan sia-sia?


Saat awal-awal mulai mengenal mengatur waktu, saya juga berpikir, untuk apa mengatur waktu dan terus membuat jadwal jika kegiatan lebih sering berantakan.

Tapi ternyata konsisten membuat jadwal dan mengatur waktu kegiatan kita sehari-hari tetap lebih bermanfaat dibanding kita tidak memiliki jadwal sama sekali atau tidak mengatur waktu sama sekali. 

Kalau istilah orang sono, "manage your time will make you feel accountable"

Saya pernah membaca sebuah artikel yang diunggah di mindfulabition.net; judul "The Equanimity game: A Simple Practice to Develop Resilince".

Artikel tersebut bercerita tentang master Osensei, seorang master seni bela diri. Beliau adalah pendiri Aikido, dan banyak orang yang menyebutnya sebagai seorang artis bela diri yang paling hebat.

Ketika salah seorang muridnya memuji kemampuannya yang begitu sempurna, Osensei berkata,

I lose my center all the time. I just find it again so quickly that you can't see it. 

Seperti itulah, ketika kita sudah bisa mengatur waktu, tidak berarti semuanya akan berjalan plek ketiplek sesuai rencana, gangguan akan tetap ada, kemungkinan jadwal kacau itu biasa. Tapi mengatur waktu akan membantu kita lebih mudah kembali ke jalur yang seharusnya. 

Contoh mudahnya begini,....

Saat ini. satu-satunya musuh bebuyutan saya adalah koneksi internet. Biasanya saat cuaca mendung, atau malam hari, koneksi pasti membuat saya pengen garuk-garuk tembok, pokoknya Subhanallah leletnya.

Nah, karena sudah punya track, atau catatan waktu kapan jam efektif atau tidak, maka saya memilih memindahkan jadwal pekerjaan online ke jam berbeda. Misalnya dengan memilih bekerja lebih pagi, dan menggunakan jam-jam koneksi lelet untuk mengerjakan pekerjaan rumah, main sama Hana, rapikan catatan keuangan, dan lainnya.

Jadi, tidak pernah ada yang sia-sia. Waktu adalah aset yang paling berharga bagi kita, karena itu ada gangguan atau tidak, ada pekerjaan atau tidak, bekerja dari rumah atau tidak, akan lebih baik jika kita tetap mengatur kegiatan kita. Bagaimanapun setiap kita akan dimintai tanggung jawab atas semua yang kita lakukan di dunia bukan?

Siap mengatur waktu? Artikel "Ibu Rumah Tangga Sebaiknya juga Punya Jadwal Harian" ini mungkin membantu Anda.