5 Wishing List Destinasi Wisata Ramah Anak di Daerah Malang

by - 3/23/2019



Yeay, weekend ...!

Ada yang spesial nih, di weekend aku hari ini, si Hana ulang tahun. Tapi tidak seperti biasanya, doi nggak minta hadiah atau kue, cuma satu yang dia minta, pengen jalan-jalan yang jauh kalau liburan naik kelas nanti.

Alhamdulillah, kalau seputar Jawa Tengah sih. sudah banyak yang kami kunjungi; jadi mulai milih-milih nih, tempat wisata yang ramah anak, plus bisa menambah wawasan pengetahuan, atau membuat Hana lebih dekar dengan alam.

Dan entah kenapa, wisata pertama yang terpikir kok daerah Malang, ya. Udaranya yang kabarnya sejuk (mungkin karena ada kotanya dikelilingin oleh pegunungan), sepertinya cocok untuk Hana, Plus, setahu saya, di daerah sana ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Wishing list destinasi wisata yang ramah anak di daerah Malang


Selain pendidikan, pariwisata memang menjadi salah satu daya tarik kota Malang. Bahkan ada juga yang menyebut kota Malang ini sebagai kota bunga, karena memang kotanya dihiasi dengan berbagai macam bunga.

Ada banyak destinasi wisata di kota Malang, mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah. Bahkan hadirnya Kampung Jodipan beberapa tahun lalu, menjadikan Malang juga cocok untuk destinasi wisata sosial budaya.

Dan berikut ini adalah beberapa destinasi wisata yang menurutku sih, cukup ramah anak

1. Kampung Jodipan



Aku yakin kamu sudah banyak dengar tentang kampung Jodipan ini, sebuah kampung kumuh yang kemudian diubah menjadi kampung warna-warni oleh sekumpulan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang.

Alasan aku memilih daerah sini sih, sebenarnya cuma satu, pengen memberikan Hana wawasan baru tentang karya seni, terutama seni lukis mural. Kebetulan sih, doi suka banget nggambar, siapa tahu dengan berkunjung ke daerah ini, Hana jadi lebih berani berekspresi dengan kuas dan catnya.

2. Museum angkut




Untuk trip bareng diusia Hana 10 tahun ini, aku memang masih milih daerah yang nggak terlalu terbuka. Dan buatku ramah anak itu yang pasti aman dulu. So, destinasi kedua yang jadi pertimbangan aku adalah wisata indoor aja.

Seperti namanya, museum angkut ini berisi dengan koleksi alat transportasi dari berbagai jaman dan dari berbagai negara. Dengan koleksi alat transportasi sebanyak 300 buah, sepertinya cukup lah buat Hana belajar perkembangan alat transportasi di museum ini.

Kalau buat emaknya sih, ya apalagi, cuci mata lihat-lihat kendaraan antik sambil ngayal hidup di jaman victorian. 😀😀😀

3. Wisata Agro Petik Jeruk




Sebetulnya pengen ke Batu Flower Garden atau Brawijaya Edupark, tapi baca ulasan di Google Guide kok bikin mundur. Pilihan pertama, setiap spot katanya musti bayar; pilihan kedua, banyak fasilitas permainan tidak terawat.

Jadi, sepertinya wisata agro petik jeruk lebih cocok, deh. Apalagi Hana memang suka dengan alam, dan enjoy banget kalau diajak mengamati pepohonan.

Ngapain aja di daerah wisata seperti ini? Ya, apalagi kalau nggak belajar belajar mengenal berbagai macam varietas jeruk, plus pura-pura jadi petani, metik dan makan buah disana sepuasnya. 😀😀😀


4. Wisata kuliner di Madam Wang Secret

Sebetulnya sih, pengen ngajak Hana ke gunung Bromo. tapi cukup dulu deh, wisata alamnya. Istirahat sambil makan disuasana perkebunan sepertinya seru kan?

Madam Wang Secret ini sebetulnya sebuah kafe yang menawarkan area makan indoor dan outdoor. Jenis makannya sih, ya sama saja, seperti kafe lain, tapi kebanyakan makanan Indonesia.

Jadi, menurut aku aman sih, secara Hana memang bukan tipe anak yang mudah milih makan. Daripada udah jauh-jauh datang, dan doi nggak mau makan. bikin bete kan?

5. Rumah Makan Inggil




Kabarnya ini sih, museum, tapi pengunjung bisa kulineran disini. Menu yang disajikan juga makanan Indonesia. Makan disini, katanya serasa makan di jaman dulu, karena rumah makan ini dikelilingi dengan berbagai macam benda antik jaman dulu.

Menurutku, ini alternatif kedua deh, kalau Hana nggak tetep nggak cocok kulineran di Madam Wang Secret

--

Daftar daerah tujuan wisata selesai, sekarang tinggal milih akomodasi untuk ke daerah Malang. Berhubung liburan nanti kemungkinan masih di Temanggung, sepertinya tidak ada bis yang langsung bisa membawa kami ke kota Malang.

Pilihan satu-satunya musti ke Yogya dulu dan naik bus Wijaya Baru untuk sampai disana. Kenapa harus Wijaya Baru? Ya itu sih yang direkomendasikan temen-temen juga saudara yang sering bolak-balik ke Jawa Timur, cukup nyaman dan aman.

Okay deh, gitu cerita weekend aku di ulang tahun Hana ini. Btw, kalau kamu dari Malang, boleh deh, drop rekomendasi destinasi wisata yang ramah anak di komentar. Makasih sebelumnya, ya....

Happy weekend....

You May Also Like

5 komentar

  1. Malang emang banyak destinasinya tapi serba bayar ya?

    *emak-emak cari yang murah* :D :D

    ReplyDelete
  2. Penginnnn banget ke Malang. Saya penasaran dengan nomor 1,2 dan 3. Btw kebetulan Saya dari Jogja, jadi kalo kesana enaknya ya jalan darat aja pake bus..

    ReplyDelete
  3. Rumah Makan Inggil, yang diulas terakhir, kayaknya benar-benar menarik nih..

    ReplyDelete
  4. Pengen ke museum angkut belom kesampean, semoga tahun ini ku bisa liburan ke malang seperti wishlist hana :)

    ReplyDelete
  5. pernah ni ke jodipan tapi sayang g turun cuma diatas aja karena waktu g keburu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk saat hanya pengguna Google dulu yang dapat berkomentar. Insya Allah nanti akan saya tambah dengan kolom untuk komentar Facebook.