5 Daftar Pertanyaan saat Wawancara Kerja Part Time dan Saran Terbaik Menjawabnya

by - 2/19/2019

pertanyaan-wawancara-kerja-part-time


Sedang deg-deg an karena mau interview kerja part time? Takut gagal karena ini interview pertama?

Semua orang pasti lah deg-degan kalau mau wawancara kerja, nggak peduli kerja part time atau full time. Lah, menyangkut masa depan gitu, siapa yang nggak dredeg? 😁

Biasanya, dalam hati kita berharap, andai saja ada yang mau ngasih bocoran pertanyaan. Syukur-syukur alternatif jawaban, yang bisa membuat kesempatan kita diterima menjadi besar.

Eh, tapi nanti jawabannya jadi nggak gue banget dong....? Ha ha ha.
Tapi nggak apa-apa kalu menurut saya sih, paling enggak kita jadi punya gambaran pertanyaan dan bagaimana sebaiknya menjawabnya kan? Tinggal nanti disesuaikan saja agar bisa menjadi pertanyaan yang sesuai dengan kenyataan kita sehari-hari, alias Gue Banget gitu, lho.

So, here we go, 5 daftar pertanyaan interview beserta alternatif jawaban terbaik untuk menjawabnya.

5 daftar pertanyaan wawancara kerja part time beserta alternatif jawaban terbaik


Selain ketrampilan, khusus kerja part time ini, hal yang paling sering ditanyakan adalah ketersediaan waktu kerja.

Ya, beberapa pekerjaan memang sudah menetapkan waktu kerja bagi karyawannya, tapi bagi beberapa perusahaan memberikan waktu yang sangat fleksibel. Contohnya, mereka yang membutuhkan karyawan remote.

Jam kerja yang diberikan biasanya sangat fleksibel, yang penting si karyawan memenuhi jumlah jam kerja yang telah ditetapkan.
Karena itu, meskipun ini adalah kerja part time, pastikan kamu memberikan jadwal yang benar-benar sesuai dengan kenyataan kamu sehari-hari. Nggak perlu terlalu idealis atau meng-copy orang lain.

Usahakan juga, saat interview, beri jawaban yang umum dan menunjukkan antusiasme kamu terhadap pekerjaan yang akan kamu hadapi.

So, ini dia beberapa pertanyaan yang mungkin akan kamu temui saat kamu wawancara kerja part time.


Pertanyaan 1: Hari dan jam berapa Anda bisa mengerjakan tugas Anda? 

Pertanyaan ini dilontarkan karena perusahaan pemberi kerja ingin memastikan seberapa fleksibel kamu untuk pekerjaan mereka.

Mereka juga ingin tahu, apakah kamu bersedia bekerja untuk hari libur, atau malah weekend.

Trik menjawab: kunci menjawab pertanyaan ini adalah jujur. Beri gambaran pasti bagaimana rencana kamu untuk pekerjaan ini; kapan kamu terbuka untuk jadwal kerja tambahan, hari dimana kamu bisa sangat fleksibel dengan waktumu, dan seterusnya.

Contoh jawaban:

"Saya merencanakan jam kerja saya saat jam-jam sekolah, pukul 9 pagi hingga 3 sore, hari Senin sampai Jum'at. Tapi saya juga memiliki waktu kerja yang fleksibel di akhir minggu, terutama di siang hari mulai tengah hari hingga jam 3 siang."

Pertanyaan 2: Apakah Anda memiliki kegiatan yang memungkinkan Anda untuk tidak bekerja? 


Seperti pertanyaan perama, kunci menjawab pertanyaan ini adalah jujur. Jika perusahaan ingin memang membuka lowongan untuk part-timer, mereka tentu sudah mempertimbangkan kemungkinan jam bekerja calon karyawanya.

Jadi, jika di jam dan hari tertentu memang tidak dapat bekerja (kuliah malam misalnya) maka sebutkan saja.

Contoh jawaban:

"Saat ini saya sedang mengambil kelas malam di akhir pekan. Kelas berlangsung dari jam 7 hingga 9 malam. Karena itu saya tidak akan dapat bekerja pada jam-jam tersebut."

Pertanyaan 3: Mengapa Anda menginginkan pekerjaan ini?


Tujuan perusahaan memberikan pertanyaan ini adalah mereka ingin tahu, seberapa serius kamu melamar pekerjaan ini. 

Jadi, meskipun kamu butuh pekerjaan tersebut untuk mendapatkan pemasukan alias penghasilan, sebaiknya jangan pernah menjawab pertanyaan seperti itu. Itu bukan urusan calon perusahaan pemberi kerja.

Sebaiknya tunjukkan jika memang kamu berkualifikasi untuk pekerjaan tersebut, termasuk jadwal kerja sesuai dengan ketentuan mereka. Dan jika kamu adalah "aset" SDM yang tepat untuk perusahaan.

pertanyaan-wawancara-kerja-part-time


Contoh jawaban: 

"Saya memang membutuhkan pekerjaan paruh waktu karena masih kuliah. Harapan saya, saya dapat mengaplikasikan ilmu yang saya terima untuk membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya."

"Saya mencari pekerjaan dengan waktu yang fleksibel. Dan dengan pengalaman yang saya miliki, saya percaya dapat membantu perusahaan perkembang lebih baik."

Pertanyaan 4: Berapa gaji yang Anda harapkan? 

Enggak hanya untuk newbie, jujur saja, pertanyaan semacam ini juga sulit dijawab oleh mereka yang telah memiliki pengalama kerja.

Terlalu tinggi akan menurunkan kesempatan mereka diterima dalam pekerjaan, sementara terlalu rendah, bisa jadi tidak cukup menutupi kebutuhan sehari-hari.

Perusahaan menyakan hal ini karena ingin tahu apakah mereka mampu membayar kamu, juga ingin tahu, seberapa tinggi kamu menghargai diri kamu sendiri.

Kalau begitu, kira-kira jawab apa, ya?

Saran yang bisa emak berikan sih, lakukanlah survei tentang gaji pada posisi serupa. Saat ini ada banyak kok, situs atau forum yang membahas gaji based on posisi pada perusahaan tertentu.

Contoh jawaban: 

"Saya mengharapkan gaji sesuai dengan pengalaman dan kualifikasi yang saya miliki."
"Dengan pengalaman dan kualifikasi yang saya miliki saya mengharapakan gaji sebesar Rp 10-12 juta per bulan."

Pertanyaan 5: Mengapa Anda ingin bekerja disini?

Duh, nyebelin banget kan jawab pertanyaan macam ini? 😁

Eh, tapi jangan baper dulu, perusahaan tersebut kan pengen tahu apakah meng-hire kamu tu bener-bener akan menguntungkan mereka dan ingin memastikan jika kamu adalah kandidat yang tepat.

Kebanyakan perusahaan nggak pengen clon karyawan mereka adalah orang-orang yang sudah desperate banget cari kerja. Karena tipe pekerja macam ini biasanya mau ditempatkan dimana, pada posisi apa, berapa lama mereka harus kerja, sama sekali nggak peduli.

Dalam arti, kalau calon karyawan saja sudah nggak peduli sama karir mereka, bagaimana mereka mau peduli sama perusahaan kan?

Trik menjawab: pastikan kamu mengenal visi dan misi perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan. Lakukan survei, jika perusahaan tersebut punya situs, baca bagian "Tentang Kami", "Press Release" dan lain sebagainya.

Contoh jawaban: 

"Perusahaan ni sudah terkenal sebagai perusahaan produk kesehatan yang terkemuka dan pengalaman saya dalam memasarkan produk-produk perawatan kesehatan membuat saya tertarik dengan tantangan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda."


Nah, itu dia 5 pertanyaan kerja part time yang sering ditanyakan saat wawancara kerja. Emak doain wawancara kamu besok sukses, ya.



You May Also Like

9 komentar

  1. Wah lengkap nih penjelasannya ada contohnya juga dan juga jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agar lebih bermanfaat untuk negara dan bangsa Mbak. Wkkwkkwkk, apaseh....

      Delete
  2. Wah bermanfaat sekali tuh buat yang mau melamar pekerjaan part time

    ReplyDelete
  3. Waw lengkap dengan saran jawabannya nih. Boleh dicoba tuh

    ReplyDelete
  4. Solusi terbaik nih untuk yang mau melakukan wawancara kerja part time

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga membantu ya...

      Terima kasih sudah bersedia mampir ya.

      Delete
  5. Pertanyaan tentang gaji berapa yang diharapkan memang selalu ada ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya karena perusahaan juga nggak pengen ka dapat karyawan yang hanya seumur jagung. Test wawancara kerja kan juga menghabiskan dana resourse mereka

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.