Tujuan Nge-blog Saya, Cari Duit, dong!

by - 11/20/2018



Beberapa hari lalu, saya ditanya oleh seorang kawan, 

"Mbak, kenapa kamu nge-blog?" 
"Buat cari duit."

... dan alis teman di depan saya pun langsung tertaut. 😁😁😁

Bagi pembaca RPB yang bukan dari kalangan Bloger atau malah Publisher, mungkin akan biasa saja mendengar tujuan nge-blog adalah "mencari uang".

Tapi tidak bagi kami yang sudah lama berada di dunia Bloging ini. Nasehat "jangan menjadikan uang sebagai tujuan kamu nge-blog" sudah biasa terdengar. Jadi, akan terasa sangat aneh jika ada Bloger yang ngaku blak-blakan kalau tujuan ngeblognya adalah untuk cari uang.

"Nanti kamu akan cepat lelah dan kehilangan semangat nge-blog kalau tujuanmu uang" adalah nasehat yang sudah biasa kami dengar (juga kami perdengarkan kepada bloger pemula). 

Iya, tujuan saya nge-blog memang cari uang


Tapi bagi saya pribadi, tujuan awal saya mengeblog ya, memang untuk mencari uang, kok. Saya nggak munafik, pun nggak akan saya tutupi. Karena dengan tujuan itulah saat ini saya berani dan bangga bilang ke semua orang "I'm a Content Writer".

Lha kok, Content Writer bukan Bloger?

Iya, dulu tujuan pertama kali saya membuat blog memang untuk portofolio pekerjaan Content Writing.

Saya masuk ke dunia kepenulisan online ini tanpa track atau pengalaman menulis apapun. Sementara ketika saya mencari lowongan pekerjaan menulis konten, rata-rata pasti meminta contoh tulisan.

Nah, daripada saya capek bikin beberapa tulisan tiap kali melamar pekerjaan, saya kumpulkan saja semua contoh artikel saya pada blog. Selain nantinya saya punya tulisan "jagoan" yang saya lampirkan pada aplikasi, saya juga punya artikel-artikel lain yang bisa jadi referensi kan? Plus calon klien saya juga bisa melihat gaya penulisan saya yang lebih luas lewat blog saya tersebut.

Apakah cara tersebut berhasil? Oh iya dong, pekerjaan konten saya di Asian Parent Indonesia saya peroleh karena blog ini. Begitu juga saat mengawali menulis untuk Uang Teman, artikel keuangan yang ada di blog inilah awalnya.

Jadi, kalau ditanya kenapa kamu nge-blog, pasti jawab saya untuk cari uang. 😁😁😁

Tapi kalau saat ini, tujuan itu sudah mulai mendua, rahayupawitriblog.com ini sekarang lebih sebagai tempat untuk menuangkan uneg-uneg, dan menulis dengan menjadi diri saya yang sebenarnya. 

Ada masa dikala saya sudah jenuh menjadi "oranglain", alias menulis sesuai dengan voice writing dan goals orang lain, saya kangen banget update post baru. 

Bagi saya, saat ini blog tidak hanya sebagai portofolio, tapi juga sarana merekam kenangan saat bersama Hana, mengikat hikmah dari peristiwa yang saya alami, juga cara saya mengenal diri saya sendiri. 

Itulah alasan kenapa saya masih (masih) nge-blog saat ini, meski pekerjaan nulis saya di luar blogging ini juga cukup banyak. 

Nah, bagaimana denganmu Kawan, kenapa kamu dulu nge-blog; apakah untuk mendapatkan penghasilan juga? 


#BPN30dayChallenge2018
#BloggerPerempuan

You May Also Like

2 komentar

  1. Kalo aku sih awalnya karena iseng aja. Kupikir sih lumayan juga punya blog buat nulis curhat ga jelas

    ReplyDelete
  2. Perjalanan ngeblog saya dari cuma buat hore-hore sampai dapat penghasilan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.