Asuransi Perjalanan ke Eropa

by - 9/13/2018




Kalau dengar kata asuransi kira-kira apa yang ada di benak pembaca RPB?

Sebagian dari pembaca mungkin akan berkata, "Sudahlah, pasrahin semua pada Tuhan." Tapi sebagian yang lain akan setuju dan menganggap jika asuransi adalah salah satu cara, "ikhtiar" untuk menjaga diri dan semua anggota keluarga yang ditanggung dari hal-hal tak terduga

Whatever... kita semua bebas beropini dan memilih kan?

Tapi kalau saat ini pembaca sedang butuh jalan-jalan ke Eropa maka terlindungi oleh asuransi perjalanan ke Eropa menjadi wajib hukumnya. Enggak peduli apakah pernah blusukan ke banyak negara, atau malah perjalanan ke Eropa ini adalah perjalanan luar negeri pertama; jika ingin mendapat visa ke Eropa, maka pembaca RPB harus memiliki asuransi perjalanan.

Asuransi perjalanan yang bisa menjadi syarat pembuatan Visa pun tidak sembarang asuransi, tapi harus yang memiliki pertanggungan minimal 30ribu Euro atau kurang lebih Rp500 juta. Artinya jika kita sakit, kecelakaan, butuh perawatan medis, atau malah meninggal, maka perusahaan asuransi tepat kita membeli premi tersebut akan menanggung semua biaya yang kita butuhkan senilai minimal Rp500 juta.


Mengapa kita harus punya asuransi perjalanan ke Eropa hanya untuk sekedar halan halan? Nggak ada penjelasan pasti mengenai hal tersebut, sih. Tapi seandainya ada hal yang tidak kita inginkan terjadi, sementara jangankan keluarga, teman dunia maya saja enggak ada disana; bagaimana coba cara kita pulang? Nah, di sinilah pentingnya asuransi.

Tips memilih asuransi perjalanan ke Eropa


Okay, sudah jelaskan ya, seberapa penting tidaknya asuransi perjalanan ke Eropa ini untuk lancarnya permohonan visa kita? Sekarang tinggal milih, nih, asuransi dari perusahaan mana yang harus kita beli. 


Ya, dengan banyaknya jenis juga perusahaan asuransi di luar sana, memilih asuransi memang nggak bisa berdasar hitungan kancing baju lagi, tapi harus dicermati sesuai dengan kebutuhan. Apa saja kriteria penentunya? Santai, cuma ada 2 kok; jenis perlindungan dan rencana tinggal kamu di Eropa.

1. Jenis perlindungan

Yang satu ini sebetulnya aturan dasar saat memilih semua jenis asuransi sesuaikan produk asuransi yang dibeli dengan kebutuhan kita. 

Misalkan untuk asuransi perjalanan ke Eropa ini, maka yang kita butuhkan adalah perlindungan atas:

  • Biaya medis 
  • Kecelakaan selama penerbangan dan atau kerugian lain yang timbul selama bepergian 
  • Pembatalan perjalanan 
  • Kehilangan bagasi 
  • Bantuan darurat lainnya (misal ganti rugi rumah kebakaran saat ditinggal)

2. Lama perjalanan

Yap, rentang waktu kita tinggal di negara tujuan juga perlu kita perhatikan. Kalau kita hanya akan tinggal selama beberapa hari di Eropa, tentu tidak perlu membeli premi yang bulanan atau malah tahunan, kan?

Tapi kalau kira-kira dalam rentang waktu 1 tahun akan bolak-balik ke Eropa, ya nggak ada salahnya juga, sih, memilih premi tahunan. Beberapa produk asuransi justru hitungan premi perbulan nya lebih murah jika dibayar dengan perhitungan tahunan.

Makin  pusing harus membeli dari provider mana? Santai saja, sekarang kan banyak "supermarket asuransi online" yang bisa jadi rujukan, Futuready misalnya.

Selain berlisensi dari OJK, ada banyak pilihan jenis asuransi yang bisa kita pilih di Futuready. Mulai dari asuransi kesehatan, kecelakaan, asuransi mobil, hingga asuransi perjalanan pun ada. Futuready juga bekerja sama dengan 13 provider asuransi yang sudah berlisensi dan mendapat izin dari OJK. Jadi, enggak perlu khawatir jika asuransi yang kita beli adalah asuransi abal-abal.

Halaman antarmuka Futuready juga sangat mudah digunakan; kita cukup memilih jenis asuransi yang dibutuhkan dan akan langsung dibawa ke halaman penawaran. Di sana nanti akan ada formulir yang harus diisi agar Futuready bisa memberikan pilihan produk asuransi yang sesuai kebutuhan kita.

Selain praktis dan mudah, membeli produk asuransi di Futuready juga lebih menguntungkan, seperti


  1. Transaksi langsung dan realtime; artinya begitu kita memilih asuransi saat, itu juga kita langsung bertransaksi dengan provider asuransi
  2. Tersedia berbagai metode pembayaran, mulai dari kartu kredit transfer bank, hingga pembayaran via minimarket
  3. Polis langsung aktif (setelah disetujui pemberitahuan akan dikirim ke email)
  4. Pengurusan klaim bisa melalui future di
  5. Tanpa survey, terutama untuk asuransi mobil tidak akan ada survei terlebih dahulu, cukup dengan mengunggah foto, pembelian asuransi bisa langsung diproses

Tuh, mudah banget, kan? Butuh asuransi perjalanan ke Eropa ke Futuready aja.

You May Also Like

1 komentar

  1. Wah sangat bermanfaat sekali isi blognya, terimakasih. Semoga bisa bermanfaat untuk yang lain juga ya :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.