Susah Tidur? Please deh, Jangan Buka Hape

by - 7/25/2018



Halo, apa kabar? Ada yang sedang sebel karena bangun kesiangan? Btw, saya pernah lho, mengalami  pusing kepala, mata terasa berat, dan bawaannya pengen tidur. Sayang, lambaian daftar project membuat saya tidak berani melakukannya.

Keselnya lagi, penyebab susah tidurnya itu sepele banget, cuma gara-gara main game!
Sebetulnya waktu di kampung kemarin sudah ngerasain, enggak bisa tidur beberapa kali karena sebelum tidur malah main game Fruit Frenzy (iya, game saya memang receh). Walhasil, sampai lewat tengah malam saya nggak bisa tidur. Skip lagi deh, to-do-list dini hari.

Sebetulnya bisa saja saya gunakan jam-jam nggak bisa tidur itu untuk kerja, tapi saya khawatir siangnya jadi ngantuk. Padahal saat itu sedang kejatah "rewang masak" di rumah saudara. Kan nggak enak kalau saya bolak-balik menguap karena kurang tidur 'kan?

Nah herannya nih, beberapa hari lalu saya ulangi lagi tuh, nge-game sebelum tidur. Ceritanya ingin sih, ingin memberi hadiah kepada diri sendiri, nggak tahunya, hadiah malah berakhir dengan bencana; susah tidur berjam-jam.

Alasan jangan buka hape kalau sedang susah tidur

Dari pengalaman itu, saya akhirnya memantapkan diri, nggak mau lagi lah main hape sebelum tidur.

Kata para ahli, main hape memang bisa menyebabkan susah tidur. lho. Ini karena sinar biru hape atau gawai lainnya, bisa membuat kamu terus-terusan terjaga. Jadi, memang akan lebih mematikan hape satu-dua jam sebelum tidur. Atau kalau enggak, gunakan hape atau gadget dari jarak 30 cm dari mata.

Tapi kalau saya nggak berani nyoba, ah, mending atur waktu saja biar semua keperluan yang menggunakan hape dan gadget stop 1-2 jam sebelum tidur. Kapok ah, kena insomnia alias susah tidur. Main game-nya? Yah, lain kali aja, nge-game bisa kapan aja, hadiah ke diri sendiri kan nggak harus nge-game.

Doodling, obat susah tidur selain hape



Trus gimana dong, kalau sedang susah tidur? 
Gimana kalau cobain doodling aja? Iya, itu lho nggambar suka-suka tanpa tujuan. 😀

Saya nemu ide dooling ini saat mencari template membangun kebiasaan baik di Pinterest. Gambar bunganya yang asik dan buletan-buletan yang suka-suka itu bikin saya jatuh cinta.

Suatu hari, saat selesai ngerjain projects yang...yah-begitulah-beratnya 😁, tangan saya iseng corat-coret ngegambar Doodle di kertas bekas struk. Tak disangka, kepala yang semula berat pelan-pelan terasa ringan. Dan jadi enak lagi untuk balik kerja. 

Berdasar pengalaman itu, waktu kemarin nggak bisa tidur lagi, saya coba untuk nge-doodle; nggambar daun, pohon imut-imut, rumput, bendera dan lainnya. Pelan-pelan, badan saya mulai relaks, dan akhirnya bisa tidur, deh.

Please, jangan bandingkan dengan Mak Tanti atau Mak Winda 

Nggak perlu takut nggak bisa nggambar, doodling mah suka-suka aja. Sahabat pembaca RPB bisa mencari ide gambar doodle di Pinterest, banyak banget kok contohnya.

Oya, doodling ni, nggak cuma cocok buat cewek, kok. Mentang-mentang gambarnya bunga daun, nulis indah, jadi bilang doodling hanya untuk cewek. Ada juga kok doodle yang untuk cowok.

Coba ingat-ingat deh, waktu dulu dikelas, trus guru neranginnya boring banget.... Tanpa sadar tangan kita corat-coret nggak karuan kan. Nah, kira-kira doodling tu seperti itu, keluarin saja semua yang ada dipikiran. Kalau begini kan jadinya nggak ada kategori cewek atau cowok ya. Cuma ya itu, buat yang udah punya pasangan, sebaiknya jangan doodling foto mantan, ya. 😀😀😀


Buat yang cowok, dilarang doodling foto mantan ya, mending makanan aja 😂

Trik agar nggak susah tidur lagi


Ya, meskipun nge-doole bisa bantu Sahabat Pembaca mengatasi susah tidur, tidak ada salahnya juga sih, kalau Sahabat juga menjauhi hal-hal yang bikin susah tidur. Misalnya, nih:

#1. Berhenti menggunakan hp atau perangkat gawai lainnya satu atau dua jam sebelum tidur. Jika terpaksa menggunakan, pilih mode baca, dan gunakan paling tidak pada jarak 30-35 cm.
#2. Sebaiknya jangan minum kopi diatas jam 12 siang. Kopi yang asli, ya, bukan yang sachetan itu.😊 Saya nggak tahu kalau kopi sachetan bisa atau tidak membuat kita lebih tahan berjaga; soalnya kalau saya sendiri nggak ngaruh.
#3. Jangan terlalu capek. Kalau untuk yang satu ini sih, relatif, ya. Temen-temen yang bekerja di bagian kontruksi bangunan tentu capek banget kerjanya, kan. However, cobalah untuk dengarkan "kata tubuh" jika sudah mulai gemetar, pusing, atau sulit konsentrasi, istirahatlah.

Hmm... apa lagi ya, nanti deh, kalau saya ingat, saya update lagi. 😁
Semoga ide doodling untuk mengatasi susah tidur diatas bermanfaat ya, Kawan. Sampai jumpa diartikel selajutnya. Salam!




You May Also Like

2 komentar

  1. mau nyoba ah, aku kl blm bisa tidur malah main hape... pantes tambah gak bisa tidur ya

    ReplyDelete
  2. hp emang paling susah kalo di tinggal apalagi mo tidur bawaanya mo utek utek hp saja

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.