Lima Hal Sederhana Yang Bisa Membuatmu Bahagia

by - 4/22/2018


Saya bahagia sekali malam ini. Alhamdulillah ada 5 buah to do list besar dan 2 buah to do list kecil, yang selesai di hari ini. Ya, masih ada satu to do list besar (setrika) yang seharusnya selesai, sayang tadi listrik padam hampir satu jam, jadi ya ... gitu deh, batal. Sudah coba digeser waktunya, ternyata bertabrakan dengan jadwal belajar Hana. Yo wis, Emak ngalah, besok pagi, Insya Allah dikerjakan.

Kalau ingat kesuksesan hari ini, saya jadi sadar, kebahagiaan itu sebetulnya sederhana. Kebahagian seperti itu malah bisa menjadi kenangan yang menyemangati. Kebahagiaan yang ketika masanya lewat, rasa yang di hati akan terus mengingati #tsaahhh.

5 Hal sederhana yang bisa membuat kita bahagia


Seringkali kita mencari-cari segala sesuatu yang bisa membuat kita bahagia. Bahkan kita rela bekerja keras siang dan malam untuk mendapatkan penghasilan maksimal dengan tujuan untuk bahagia. Entah judulnya untuk membahagiakan pasangan, anak, saudara, orangtua, atau apapun, yang penting judulnya adalah membuat bahagia.

Padahal di luar sana, ada banyak hal sederhana yang bisa membuat kita juga bahagia. Bahagia yang akan memanggil "kebahagiaan lain" yang ingin kita bagi dengan sesama.

Bahagia yang tidak memerlukan banyak uang. Tidak memerlukan banyak tenaga dan mudah sekali untuk dilakukan. Apa saja? Malam ini, entah mengapa, ada 6 hal sederhana, yang menurut saya, bisa membawa kita pada kebahagiaan.


#1. Just do it alias lakukan saja

Topik ini baru saja saya tulis tiga hari yang lalu, tepatnya dalam artikel mengapa kita susah untuk konsisten.

Sampai saat menulis artikel ini saya masih terus menerapkan sistem seperti dalam artikel tersebut, lakukan saja apa yang ada dalam to do list.

Fokusnya pada kepuasan kita setelah melakukan pekerjaan tersebut (seperti yang saya rasakan saat ini), alias kebahagiaan kita di masa yang akan datang.

Dan kau tahu kawan, mencoret satu to do list dalam jadwal itu sangat membahagiakan. Terlebih bila selama ini kita sering tidak konsisten dengan jadwal. Pokoknya kamu harus cobain trik "just do it", deh!

#2. Selalu kembalikan barang ke tempatnya

Hayo, siapa yang sering menunda mengembalikan barang ke tempatnya setelah menggunakan?

Tahukah kawan, jika mengembalikan barang ke tempat semula, sesungguhnya membutuhkan waktu kurang dari 20 detik, bahkan mungkin hanya 1-2 detik saja.

Dengan mengembalikan barang ke tempatnya, ruangan kita akan selalu rapi. Saat nanti kita butuh barang itu lagi, kita tinggal menuju tempat kita biasa menyimpan kan? Nggak perlu ribet, kelimpungan nyari kesana-kemari.

Rumah atau ruangan dan meja kerja yang rapi, tentu bikin kita happy kan? Waktu kita pun jadi lebih efektif untuk bekerja.

#3. Berbagi 

Berbagi tidak selamanya harus dalam bentuk uang. Pengalaman dan pengetahun pun, bisa dibagikan.
Ya, seperti artikel ini. Sudah beberapa bulan saya, mencoba trik-trik diatas, dan memang bikin hidup lebih bahagia, sih.

Saya pun kemarin baru saja megisi sharing trik menjadi content writer di komunitas ODOP (one day one post). Awalnya saya menolak karena merasa sedang banyak pekerjaan.

Tapi saya coba manfaatkan waktu dengan lebih baik, hingga akhirnya saya memiliki waktu luang untuk mengisi materi.

Dan ternyata, itu membuat saya lebih bahagia. Dari pertanyaan-pertanyaan mereka, saya jadi bisa melihat kekurangan saya, apa yang harus diperbaiki, dan mendapat tambahan teman.

Tentu semua itu bikin lebih bahagia kan? Jadi, kalau punya ilmu pengalaman yang bisa dibagi, ya berbagilah. Ilmu yang dibagi itu nggak pernah berkurang lho, malah nambah.

#4. Senyum sapa salam

Ini bener banget, lho. 3S yang pernah dipopulerkan oleh AA Gym ini, ternyata memang bisa membuat banyak perubahan.

Misalnya nih, saat jalan di gang, dan kita ketemu tetangga RT; Saat kita menyapa lebih dahulu, tetangga juga pasti akan tersenyum. Mengingat kita dalam hatinya, dan mungkin akan merasa kenal, padahal hanya tetangga RT yang terpaut beberapa blok.

Dengan 3S, saat kita kesulitan atau butuh pertolongan, tentu tetangga juga nggak segan datang, kan?

Saya punya pengalaman, nih, beberapa waktu lalu ada tetangga reseh dan fitnah saya (doi memang terkenal suka "menjual"keburukan orang untuk bahan obrolan).Dia bercerita pada semua orang tentang keburukan saya. Tapi karena saya nggak pernah reseh pada tetangga lain, plus sering menerapkan 3S tersebut, saya malah mendapat belaan dari tetangga lainnya.

So, kalau ada orang sedang ngumpul, permisilah ....Kalau lewat bawa mobil, jangan lupa buka kaca, sapa tetangga, dan seterusnya.

#5. Pilih gaya hidup sehat

Jangan langsung terpikir dengan makanan mahal tapi seporsi hanya separuh piring isinya. Enggak, ini tidak tentang mengurangi makan. Tapi cobalah lebih banyak konsumsi sayur dan buah. Penuhi juga kebutuhan cairan. Lengkapi dengan aktif bergerak. Tidak harus ke gym, sekarang banyak aplikasi kesehatan yang bisa bantu kita tetap fit, meski hanya berolah raga di rumah.

Makan pun harus yang super food, pilih saja sayuran di sekitar kita. Buat hidup kita lebih sederhana dan lebih mudah. Dengan cara itu kita akan lebih konsisten menjalani proses "be better and happier me".

Gaya hidup sehat itu akan membuat kita lebih bersemangat bekerja, lebih fokus, sehingga lebih mudah memecahkan masalah.

Hayo, kalau sudah begini, masak mau bilang nggak hepi?


Sampai detik ini, lima hal sederhana itulah, yang menurut saya, bisa membuat kita bahagia. Bahagia yang haqiqi, kalau kata anak muda.

Kalau menurut kamu, bagaimana kawan; masih adakah hal-hal sederhana yang bisa bikin kita lebih bahagia? Share, ya, di komen.


Thank you for dropping by, and see you at another post of  #myminuteslife.
Rahayu Pawitri @ 082112715376.

You May Also Like

2 komentar

  1. gaya hidup sehat gak bikin bahagia mbak pas menjalani :)))) Tapi efeknya kalau disiplin akan memberikan kebahagiaan ... heheheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu maksud saya mbak. Efeknya yang bikin hepi 😁

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.