Rahasia Nyamuk, dan Cara Mengatasinya

HIT Expert Baru untuk Nyamuk Bandel

“Dik, kamar disemprot, nggak?”

“Iya dong, Bu, Hana dah mulai ngantuk, ni?”

Begitulah kegiatan kami setiap kali jam sudah menunjukkan jam tidur. Semprot kamar, kosongin satu jam, baru beranjak tidur. Kegiatan yang menurut saya sebetulnya sudah cukup umum, standar, dan aman. Nggak tahunya… ternyata cara saya ini salah. Tidak mencukupi standar keamanan untuk membebaskan rumah dari nyamuk.

Fakta dan mitos nyamuk

Tanggal 23 kemarin, saya main  D’lab, kumpul bareng komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) dan HIT obat nyamuk. Kami ngobrol tentang fakta nyamuk yang makin bandel dari hari-kehari.

Hadir di acara tersebut Dr. Lula Kamal yang merupakan Brand Ambasador HIT sekaligus nara sumer ahli dalam “HIT Expert – Basmi Nyamuk Bandel

Acara dibuka dengan perkenalan nara sumber dan games tentang mitos dan fakta nyamuk. Dari games inilah, saya akhirnya tahu ternyata cara saya melindungi keluarga dari gangguan nyamuk telah salah dan tidak efektif.

Untuk efektif membasmi nyamuk, kita harus mengetahui terlebih dahulu karakteistik nyamuk. Apa saja karakteristiknya, berikut fakta dan mitos seputar nyamuk.

Fakta dan mitos nyamuk yang harus kamu tahu


#1. Mitos: Nyamuk hanya serangga kecil biasa, hanya satu dua jenis saja yang berbahaya. 
 
 Fakta: Nyamuk ternyata menjadi hewan yang paling mematikan di seluruh dunia.

Yap, that’s small creature yang suka nguing-nguing tu ternyata termasuk makhluk yang mengerikan. Bahkan di tahun 2016 kemarin, terjadi 201.885 kejadian DBD di 34 propinsi, dengan jumlah meninggal 1.585 orang. Serem, ya.

Nyamuk juga bisa sangat berbahaya bagi mereka yang menderita alergi. Selain bisa menimbulkan bentol, juga bisa berakibat yang lebih parah.

#2. Mitos: Nyamuk lebih banyak di musim hujan
   
Fakta: Udara makin panas, nyamuk lebih banyak

Nyamuk termasuk binatang yang cepat beradaptasi. dan sangat menyukai udara lembap. Dan di udara panas, nyamuk lebih cepat berkembang biak. Suhu yang tinggi juga membuat siklus nyamuk lebih cepat (cepat juga berkembang biak), tapi membuat bentuk nyamuk lebih kecil.

 Akibatnya, nyamuk lebih butuh banyak makan (aka. darah) untuk menormalkan ukurannya.

#3. Mitos: Nyamuk suka hidup di air yang tergenang dan kotor

Fakta: Nyamuk justru menyukai tempat yang bersih. 

Itulah mengapa, nyamuk malah lebih banyak bersarang di baju-baju bersih yang tergelantung, atau air yang tergenang di tempat-tempat tersembunyi.

Untuk berkembang biak, nyamuk hanya butuh 1 cc air. Jadi bisa saja, baju yang pernah kita pakai dan kita gantung dibelakang pintu, bisa menjadi tempat berkembang biak ideal untuk nyamuk.

Bagi teman-teman yang menyukai pernak-pernik rumah, seperti hiasan dinding, kain korden yang berlapis-lapis, sebaiknya sering-sering dibersihkan. Usahakan, paling tidak satu minggu sekali diturunkan dan dilap.

#4. Mitos: Nyamuk berpindah tempat dengan terbang dari satu tempat ke tempat lainnya.

Fakta: nyamuk bisa berpindah tempat dengan menempel pada peralatan atau pakaian yang dipakai manusia.

Karena ukurannya yang kecil, nyamuk juga bisa bersembunyi di tumpukan buku, mainan anak, sela-sela pohon, bahkan sampai jok mobil yang diparkir di garasi.

Saat anak bermain ke rumah tetangga, atau kita bepergian dengan kendaraan, pakaian yang sudah dihinggapi telur nyamuk, maka disaat itulah kita menjadi barier bagi nyamuk-nyamuk ini ke banyak tempat.

#5. Mitos: waktu tepat menggunakan cairan pembasmi nyamuk adalah saat hendak tidur (mendekati jam tidur)

Fakta: menggunakan atau menyemprot nyamuk haruslah di waktu-waktu nyamuk sedang aktif.

Misalkan untuk nyamuk Aedes Aegypti, antara jam 7 pagi hingga jam 12 siang dan jam 2 siang hingga jam 6 sore.

HIT Expert untuk nyamuk yang bandel

Nyamuk memang hewan yang kecil, tapi keberadaannya sungguh mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Oleh karena itu sebagai ibu yang inspiratif, kita musti pintar-pintar memilih produk pembasmi yang mampu mengusir nyamuk pengganggu.

Sebagai salah satu produsen besar obat pembasmi serangga, HIT meluncurkan produk baru dengan nama HIT Expert.

Produk HIT ini mempunyai 4 kelebihan utama, yaitu

  • Formula baru dengan partikel yang lebih kecil (micro particel), agar dapat bertahan lebih lama di udara dan membasmi nyamuk bandel. 
  • Menggunakan Double Nozzle, untuk menghasilkan semprotan yang lebih merata dan menjangkau jauh ke seluruh ruangan. Kita hanya perlu menggunakan secukupnya saja. Jadi lebih hemat bukan?
  • Desain baru yang lebih ergonomis, mudah digenggam, dan hasil semprotan halus
  • Tersedia dengan wangi premium yang lembut, Sweet Flower dan Fresh Citrus

Review HIT Expert

Pulang acara kemarin, kami semua diberi kesempatan oleh HIT untuk mencoba produk barunya tersebut. 
Berhubung belakang rumah masih kebun dan sawah, dan nyamuk sering banget datang tanpa diundang, saya mencoba mengikuti saran Dr. Lula Kamal, mengamati jam-jam nyamuk aktif dan menyemprot pada jam-jam tersebut. 
Saya mencoba menggunakan HIT Expert di pagi hari, sekitar pukul 7 pagi. Dan sore hari sehabis sholat maghrib. 
Jika HIT hanya menyebutkan 4 kelebihan untuk produk barunya, menurut saya ada satu lagi yang ditambahkan, HIT Expert sama sekali tidak meninggalkan bau, dan memang cukup efektif untuk membasmi nyamuk dan serangga lainnya. 
Rumah yang saya tinggali ini termasuk rumah yang cukup tua, jadi di waktu-waktu tertentu, kecoak sering datang berkunjung dan sembunyi di bawah rak cuci piring. 
Jadi, selain menggunakan untuk ruangan kamar, saya juga gunakan HIT Expert ini untuk menyemprot daerah di bawah rak cuci piring, kecoakpun akhirnya nggak tahan sembunyi lama-lama disana. 😀😀

So, bu-ibu, cobain deh HIT Expert ini, agar ibu dan keluarga lebih nyaman beraktivitas tanpa gangguan nyamuk, atau serangga tak diinginkan lainnya.

Oke, see you at another feature or review post, ya … 😊

Show 13 Comments

13 Comments

  1. Jadi? Semprot nyamuk bagusnya di pagi dan sore hari? Aku pakenya Hit elektrik, saking malesnya nyemprot. Eh. Efektif nggak ya?

  2. Praktis, tinggal semprot..
    Secara nyamuk di rumah banyak plus Wan gak tahan sama obat nyamuk bakar

  3. Jane HIT elektrik tu untuk ruangan yang luas. gitu kata dokter Kamal kemarin

  4. Waktu menyemprot kita kok mirip ya mbak hehehe, dan emang ini si nyamuk makin panas makin menjadi-jadi.

    Aku suka pusinggggg kalo denger suaranya "ngiiing…" Cuman satu tapi bikin pusing kepala huhuhu

  5. Ternyata banyak anggapan saya yang salah perihal nyamuk XD Terimakasih infonya, Mbak ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *