-->

Pojok Belajar: Soal PKN Kelas 1 SD, Semester Genap

Punya anak dengan gaya belajar audio visual tu emang susah-susah gamapang. Gampangnya, materi pelajaran yang bisa dihapalkan cukup diulang 2-3 kali, ingat dah selamanya. Dikasihin gambar-gamabr dikit, anak happy, pelajaran nyanthol.

Susahnya, kalau materinya memang banyak, anaknya ngga suka, ngga bisa dibikin gamabr-gambar dan memang harus latihan, open book dan duduk manis; pasti langsung ditekuk deh kepalanya. Plus bibir dimoncongin steengah senti. 😂

Ya emang si, belajar itu ngga bisa dipaksa, tapi ne...kadang sebagai orangtua itu ngga punya pilihan "pokoke kudu belajar" (you'll know once your children are enrolling in school).

Yang bisa dilakukan hanya mengakali, gimana caranya agar anak mau belajar. Entah dengan enroll di situs pembelajaran, pakai CD interaktif, atau pakai kartu belajar. Apa aja, pokoke yang menarik buat anak.

"Ribet! Dulu aja orangtuaku nggak gitu!" mungkin gitu pikiran kamu. Tapi please deh, ini udah jaman mineal. Dulu jaman kuda gigit roti nggak ada itu gadget yang jadi godaan kamu belajar. Mungkin tipi pun yang ada baru hitam putih. acara paling menarik paling unyil sama safari. Duduk baca buku itu enak banget buat hiburan. Lha sekarang, buku aja ada di hape kan?

Back to daughter's stroy .... 😉

Nah, kalau buat Hana sendiri, belajar metode interaktif adalah cara yang dia suka. Kayak matematika tu, kan nggak bisa kalau dibuat mind mapping dan semacamnya. Mislanya ni, belajar model IXL, atau pakai CD edukasi.

Tapi namanya juga situs umum kan, kadang materinya kan nggak sesuai dengna pelajaran di kelas. CD edukasi pun juga terbatas itu-itu aja kan?

Untungnya pas kemarin mampir di blog mbak Yurma, nemu software ProProfs.

ProProfs tu. software untuk membuat soal-soal pelajaran. Soalnya bisa dalam bentuk pilihan ganda, essay, atau yang lainnya.

Demi anak tercinta agar mau belajar, iseng saya nyobain ProProfs untuk membuat soal PKN tematik 4 dan 5. Lima soal aja, kan baru kelas satu 😉.

Soalnya saya share tu dibawah. Oya, saya memilih akun free di ProProfs. Kalau tidak salah ingat hanya 100 orang yang bisa menggunakan soal ini. Jadi, kalau pas mampir disini, dan ternyata soalnya sudah tidak available, itu artinya sudah ada 100 orang yang mencoba soal ini, So, maafken saja ya 😂😂😂, namanya juga blog untuk umum.

So here we go, a-five-number quiz for the 1st grade...





3 Persiapan Masuk Sekolah Dasar Islam Terpadu, yang Sebaiknya Anak Sudah Miliki

persiapan_masuk_sdit


Semalam Hana lagi-lagi merengek, kebingungan tidak bisa membaca huruf Arab dalam buku pelajaran bahasa Arab.

Gara-garanya, kosakata yang digunakan disana menggunakan huruf mati dan tawjid yang belum ia paham benar.

Saya pikir ini salah saya juga kenapa dulu tidak memasukkan Hana ke pendidikan TPA atau kelompok-kelompok pengajian lain agar ia lebih terampil membaca huruf Arab. Akhirnya gini deh, giliran masuk SDIT, Hana masih sering kebingunangan membaca tulisan Arab.

Hal yang sebaiknya dikuasai anak sebelum masuk SDIT


Setelah hana masuk sekolah selama beberapa bulan ini, saya sadar, jika ingin memasukkan anak ke Sekolah Dasar Islam Terpadu, agar lebih mudah, memang sebaiknya anak menguasi 3 hal utama berikut ini

1. Membaca


Materi di sekolah Hana menggunakan tematik, dan tidak terlalu banyak menggunakan text book seperti kurikulum-kurikulum sebelumnya. Isi buku pelajarannya pun nggak begitu banyak tulisan. Mencatat materi pelajaran pun biasanya juga tidak banyak.

Hanya saja, karena di SDIT biasanya ada pelajaran hapalan, atau bahasa asing lain, kemampuan membaca tentu akan sangat membantu anak di sekolahnya.
Alhamdulillah di sekolah Hana si ada pelajaran tambahan untuk yang belum lancar membaca. 

Tapi menurut saya, jika anak sudah mampu membaca, hal ini akan lebih nyaman dan memudahkan anak untuk mengikuti pelajaran. 

Jadi, bila saat ini sudah berniat memasukkan si kecil ke SDIT, sementara kemampuan membacanya masih kurang, coba tanya ke sekolahnya terlebih dahulu, apakah nanti akan ada bantuan dari sekolah untuk meningkatkan kemampuan membacanya tersebut. 

Oiya, yang saya maksud dengan kemampuan membaca tidak hanya melafalkan rangkaian kata ya, tapi juga memahami apa yang dimaksudkan dalam bacaan.

2. Mengaji/ mengenal dan mampu membaca huruf Arab


Begitu masuk sekolah, Hana sudah mulai diwajibkan menghapal juz'amma. Tidak ada standar khusus, kapan anak harus selesai menghapal surah pendek. Hanya, namanya anak-anak, kompetisi mulai muncul saat teman-temannya sudah mampu menghapal beberapa surah, sementara ia hanya beberapa saja.

Meskipun sudah mampu membaca Iqra 3, tapi membaca rangkaian huruf arab yang panjang masih sedikit sulit untuk Hana. 

Jadi, kalau memang sudah niat memasukkan anak ke SDIT, mempersiapkan anak mengenal dan membaca huruf Arab termasuk persiapan yang tak kalah pentingnya.

Artikel terkait: Akhirnya, Anakku Mau Ngaji Juga

3. Lulus toilet training


Rata-rata jam belajar di SDIT itu full time, dari pagi samapai siang. Akan sangat merepotkan jika anak belum lulus training. Kasihan atuh gurunya kalau masih harus membantu muridnya ke akamar mandi kan?

Iya, si mereka sudah dipersiapkan untuk hal itu, tapi tetep, ngajar aja udah capek lho, masak kita musti tambahin lagi dengan pernak-pernik seperti itu kan? 

So, mumpung masih ada waktu, mantapkan hati untuk melatih agar mampu mememnuhi kebutuhan pribadinya sendiri. Oke?


Oya, saya ada catatan lain ni. Ketiga persiapan diatas itu memang sepertinya mudah dan sepele, tapi pada prakteknya, it can drive you crazy

Butuh kesabaran lebih dari kesabaran kamu nungguin episode lanjutan ongoing drama. 😂😂😂 Rasanya antara baper, kesel, sebel, dan ...el ...el lainnya. Jadi, siapkan hati. Kalau udah kesel take a break dulu, jangan sampai malah jadi ngomel-ngomel panjang pendek sama anak. Okay? 

Butuh Resep Cemilan? Cek deh LemariPojok.com





Weekend.....

Buat emak tu, salah satu tugas yang paling berat adalah menentukan menu makanan. Mulai dari sarapan, makan siang sampe cemilan. Apalagi kalau kalau long weekend gini, biasanya menu spesial juga dipikirkan.

Saking rutinnya masak, kadang malah sampe kehabisan ide. Menu A udah, B sering, C apa lagi...jadi mau masak apalagi dong?

Nah, kalau hari ini lagi mati kutu, cioba deh mampir ke lemaripojok.com, blog milik mbak Retno Kusumawardhani.

Lemaripojok.com memang dibuat si pemilik untuk menyimpan kreasi-kreasi masakannya. Ada banyak ide masakan disana, mulai dari cemilan sampai masakan ...

Saya paling suka kepoin ide cemilannya. Mudah dicari bahannya juga mudah dibuat. Apalagi aneka resep berbahan dasar pisangnya, favorit deh.

Sebagian resep cemilan yang ada di lemaripojok.com


Salah satu resep yang pengen saya coba adalah resep Brudel. Kabarnya masakan ini berasal dari Manado. Brudel merupakan paduan dari roti dan cake. Waktu baca post tentang Brudel ini saya malah ngebayangin kue bika ambon 😀. Jauh banget ... (makanya jadi pengen nyobain). 

Simpen, biar ga lupa 😂😂


Selain hobi otak-atik resep, mbak Retno ini hobi jalan-jalan sambil, tentu saja kulineran (cari inspirasi kali ye 😉).

Jadi, masih bingung nyari resep cemilan dan masakan? Coba mampir aja ke lemaripojok.com atau ladubkan.com saja. Atau malah pengen kontak langsung dengan mbak Retno untuk tukeran resep? Cek aja deh media sosialnya

Febook: retno.yustiar
Twitter: @kwardani_retno
Instagram: @retnoeyustiar