7 Destinasi Wisata Terbaik di Wilayah Indonesia Timur

wisata di indonesia timur

Last Updated on: 22nd March 2024, 12:16 pm

Tanpa terasa, akhir tahun sudah menjelang. Selain di hari raya lebaran, akhir tahun biasanya juga menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga atau liburan. Melepaskan penat sejenak, setelah rutinitas padat sepanjang tahun.

Bagi Sahabat RPB yang ingin menghabiskan akhir tahun dengan mengunjungi tempat-tempat wisata, saya punya rekomendasi 7 destinasi wisata terbaik si wilayah Indonesia timur.

Rekomendasi destinasi wisata di wilayah Indonesia timur

Sebagian besar destinasi wisata yang banyak dibahas dan populer berada di wilayah tengah dan barat Indonesia, seperti daerah wisata di Nusa Tenggara, Bali, dan Jawa. Tapi sebagai negara yang kaya akan budaya dan keindahan alamnya, Indonesia memiliki banyak destinasi wisata menarik di belahan timur. Pulau-pulau Papua, Sulawesi, Ambon maupun di Nusa Tenggara Timur, banyak menawarkan keindahan yang tidak kalah menariknya dengan tempat-tempat wisata di wilayah tengah dan barat.

Dengan semakin banyaknya penerbangan dari Jawa ke wilayah timur Indonesia, wisata ke wilayah Indonesia Timur tentu semakin mudah . Salah satu maskapai yang melayani rute ke wilayah timur Indonesia adalah Sriwijaya Air. Tiket Sriwijaya tergolong murah karena maskapai ini juga menawarkan penerbangan kelas ekonomi.

Tiket Sriwijaya termurah bisa Sahabat lihat dan dapatkan melalui website atau aplikasi online travel agent.

Jadi bila Sahabat tertarik untuk berlibur ke wilayah timur Indonesia, berikut ini beberapa destinasi tempat wisata terbaik yang bisa Sahabat kunjungi.

1. Taman Nasional Komodo

Saat ini jumlah maskapai penerbangan yang melayani rute dari Jawa menuju Nusa Tenggara Timur khususnya ke Labuan Bajo semakin meningkat. Sehingga, Taman Nasional Komodo yang masuk ke dalam daftar 1 dari 7 situs warisan dunia versi UNESCO tersebut semakin mudah untuk dikunjungi.

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan lengkap dengan pantai dan pemandangan bawah laut yang mempesona.

2. Pantai Pink di Pulau Komodo

Pantai Pink, kombinasi warnanya cantik, ya?

Masih di Pulau Komodo, Pantai Pink adalah tempat wisata yang populer di Indonesia, terutama karena warna pantainya yang berbeda (berwarna pink) dibandingkan dengan pantai-pantai yang rata-rata memiliki pasir berwarna putih atau hitam.

3. Taman Laut Takabonerate

Beralih ke Sulawesi, Taman Laut Takabonerate adalah objek wisata menarik yang ada di Kepulauan Selayar Sulawesi. Banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah ini untuk menikmati keindahan alam bawah laut. Ingin berlatih diving? Taman laut Takabonerate bisa menjadi pilihan yang tepat.

Taman Laut Takabonerate

Di tempat tersebut tidak hanya kegiatan diving yang populer dilakukan oleh wisatawan, melainkan juga snorkeling.

Panorama bawah laut yang indah dan menarik lengkap dengan ikan-ikan yang cantik dan aneka hewan laut lainnya seperti penyu, membuat Taman Laut Takabonerate begitu mengagumkan.

4. Taman Laut Bunaken

Masih di Sulawesi, Taman Laut Bunaken adalah daya tarik wisata yang sulit ditolak oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan taman laut ini terletak pada banyaknya spesies koral dan berbagai jenis ikan yang ada di tempat tersebut. Beberapa ikan yang ada di sana adalah, ikan hiu, ikan pari, ikan mandarin, dan berbagai hewan laut lainnya seperti kura-kura, kuda laut, hingga ikan dugong atau ikan duyung.

Taman Laut Bunaken

Di Taman Laut Bunaken ada setidaknya 20 spots penyelaman yang menawarkan pemandangan menarik dan indah.

5. Taman Laut Wakatobi

Destinasi wisata terbaik lainnya di wilayah timur Indonesia adalah Taman Laut Wakatobi yang berada di Sulawesi Tenggara.

Taman Laut Wakatobi

Sulawesi memang banyak menawarkan tempat-tempat menyelam dengan pemandangan spektakuler di bawah laut seperti destinasi menyelam yaitu Taman Laut Takabonerate dan Taman Laut Bunaken.

Seperti taman laut yang lainnya, Taman Laut Wakatobi juga menawarkan pemandangan berupa koral dan biota laut yang mempesona. Di taman laut ini setidaknya ada 750 spesies koral.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Taman Laut Wakatobi adalah pada bulan April-November.

6. Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat adalah salah satu destinasi wisata termahal di Indonesia. Walau dikenal mahal, namun hal itu sepadan dengan apa yang ditawarkan. Di Kepulauan Raja Ampat, selain panorama alam yang eksotis, ada banyak pantai-pantai indah serta taman laut yang indah.

Kepulauan Raja Ampat

Taman laut yang ada di Raja Ampat merupakan taman laut terbesar di Indonesia yang memiliki sekitar 537 spesies koral yang dihiasi lebih dari 1000 spesies ikan karang serta 700 jenis mollusca.

7. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Di Papua, Taman Nasional Teluk Cendrawasih adalah destinasi wisata terkenal lainnya selain Raja Ampat. Luas taman nasional ini mencapai 1.453.500 hektar.

Taman Nasional Cendrawasih

Di sana terdapat lebih dari 209 jenis ikan dan 196 jenis moluska serta hewan laut yang lainnya seperti hiu, lumba-lumba, penyu hingga kura-kura.

Tips berwisata ke wilayah timur Indonesia

Jika berlibur ke wilayah timur Indonesia, ada baiknya Sahabat memperhatikan beberapa hal berikut ini agar perjalanan wisata Sahabat tetap nyaman dan menyenangkan.

Yang pertama, sebisa mungkin datanglah bersama rombongan. Cara ini akan membantu Sahabat menghemat biaya akomodasi dan transportasi.

Jika berangkat dari titik departure di wilayah barat Indonesia, tidak ada salahnya memanfaatkan tiket promo untuk pesawat.ย  Pada beberapa musim, harga tiket menuju wilayah Indonesia Timur lebih mahal dibandingkan dengan harga tiket ke beberapa destinasi wisata seperti Lombok atau Bali. Memanfaatkan harga promo tentu akan membantu menghemat biaya travelling Sahabat.

Sebagian besar destinasi wisata yang ada di wilayah timur Indonesia berada di daerah terpencil, ada baiknya Sahabat mempersiapkan pakaian dan peralatan yang cocok untuk berpetualang seperti sepatu gunung, pakaian tertutup. Siapkan juga lotion anti nyamuk serta obat-obatan seperti: obat demam, alergi, obat anti mabuk, tabir surya hingga obat diare.

Itulah 7 rekomendasi wisata di wilayah Indonesia Timur, cantik-cantik dan menarik bukan? Ayo, kunjungi dulu daerah-daerah wisata dalam negeri, sebelum berpetualang sampai ke ujung dunia. Manfaatkan kesempatan tiket promo dan dsikon dari travel agent untuk pengalaman travelling yang tak terlupakan!

Show 8 Comments

8 Comments

  1. raja ampat sama taman nasional teluk cendrawasih saya mau . . . tapi numpang aja ya uang bekal belum cukup. hehe

  2. Ha ha ha aku malah pengen semuanya mbak. Semoga bisa backpackeran kesana ma Hana, One day, I hope.

  3. Aku nggak bisa berenang apalagi menyelam. Secara anak gunung haha. Tapi aku ngiler banget baca artikel di atas, pingin hiksss, bagus2 ya Mbak ๐Ÿ™‚
    Oh ya, temanggung sering ngadain acara bareng dengan penarawa Mbak. Kemarin yang baca puisi Mbak Nelly, Pak Roso Sarkoro. Yang kukenal itu sih Mbak. Aku pulang gasik sebelum acara rampung. Ada banyak wajah yang kukenal, tapi aku nggak tahu namanya, soalnya kmr Mbak Dini nggak ikut. Kalo dari penarawa sendiri yg juga wong Temanggung Mbak Dini Rahmawati, dulu asli Ambarawa juga dapat suami orang Temanggung. Dia aktif berpuisi juga. Yuk, kapan2 ikut kopdaran ๐Ÿ™‚
    Mbak, kalo rumahna belakang Kawedanan, lha tetangganya Pak Warno ya? Tahu Yudi/Peang? Pak Waro Mantri kesehatan, istrinya bkkbn kalo nggak salah.

  4. Kalau ke timur emang paling bener deh berburu pemandangan alam eksotisnya, terutama pantai dengan pasir putih~~~

  5. Lho, kan nggak harus berenang, nikamti aja keindahan alamnya.

    Waduh, kedua nama itu aku nggak kenal je mbak. Eh, ntar kita lanjut ngobrol di fb ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *