Enaknya Nyicil Gadget dengan Reksa Dana Online

by - 8/31/2016



Sudah setahun ini, saya pengen punya gadget baru. Gadget dengan kualitas kamera oke, ruang penyimpanan besar, serta mumpuni untuk update tulisan di jalan.

Syarat lainnya, keinginan saya tersebut nggak boleh sampai menyakiti kantong atau bikin dompet nangis. Emak gitu lho, susu, sekolah dan asuransi anak lebih utama kan?

Jadi, saya milih untuk nyicil. Enggak nyicil dengan kartu kredit, atau malah colek tetangga sebelah. Saya pilih nabung dengan reksadana.



Uang saya tidaklah banyak, dapatnya pun susah. Jadi saya berprinsip, saya harus membelanjakan dan menyimpan uang dengan cerdas.

Tahu kan kalau tabungan kadang nggak bisa menjawab inflasi. Dan biasanya kalau dana belum satu juta mengendap, ada ... aja potongannya. Wah, sayang to? Karena itulah akhirnya saya mempertimbangkan menggunakan reksa dana untuk mewujudkan mendapatkan gadget impian tersebut.

Tapi kan reksa dana juga ada kemungkinan rugi...

Betul. Menyimpan uang dalam reksadana juga ada kemungkinan merugi, karena itu kita pun harus pandai-pandai memilih jenis reksadana sebagai salah satu cara untuk menyimpan uang kita. Saya sendiri memilih instrumen reksa dana pasar uang sebagai alternatif penyimpanan uang.


Plus minus reksa dana pasar uang
(sumber: reksadanaku.com)

Reksa dana pasar uang, apa dan bagaimana memulainya

Tentang reksa dana pasar uang

Manajer Investasi yang menjual jenis reksa dana ini, menginvestasikan modal yang ia kumpulkan dari nasabah pada instrumen pasar uang yang jatuh temponya kurang dari satu tahun. Instrumen ini biasanya digunakan pada giro, obligasi atau deposito.

Karena itulah jenis reksa dana ini cocok untuk investasi jangka pendek. Keunggulan lainnya, mudah dicairkan. Jadi sewaktu-waktu butuh dana darurat, tinggal jual aja unit reksa dananya.

Oya, saya juga memilih menggunakan instrumen ini untuk dana cadangan bila perangkat nge-blog rusak. Ya jangan sampai kegiatan nulis terganggu hanya karena nggak ada dana cadangan kan? Nge-blog mungkin sampingan, tapi tetap dong, dijalankan dengan profesional.

Jangan sampai perangkat kegiatan sampingan akhirnya mengganggu kebutuhan atau kegiatan utama, hanya karena tidak ada dana cadangan untuk memperbaiki atau mengganti perangkat yang dibutuhkan.

Gimana, tertarik mengikuti jejak saya? Tunggu dulu .... Kenali dulu dong seluk beluknya.

Cara memulai investasi reksa dana pasar uang

Seperti pada umumnya memulai investasi, kita pun wajib mengetahui seluk beluk reksa dana sebelum berinvestasi. Santai saja, saat ini ada buanyakkk... situs, financial planner, sampai praktisi investasi yang membahas tentang reksa dana.

Sahabat bisa mampir di reksadanaku.com untuk belajar bagaimana memulai investasi. Kalau masih penasaran, coba mampir di situs POEMS, milik Philip's Securities Indonesia untuk mendapatkan jadwal kelas online gratis tentang reksadana.

Jangan lupa cek resiko profil Sahabat agar tahu jenis reksa dana yang tepat sesuai dengan kebutuhan Sahabat. Jika sudah barulah kini mulai memilih jenis reksa dana yang sahabat ingin beli.

Tahapan di POEMS untuk cek profil resiko nasabah

Memulai investasi reksadana kini sangatlah mudah, hanya dengan Rp100.000 saja, Sahabat sudah bisa memilik instrumen investasi.

Salah satunya Phillips Securities yang memberi kemudahan pembukaan reksadana online melalui situs resminya POEMS. Philips Securities Indonesia juga telah mengembangkan sebuah aplikasi yang membuat kita mampu memantau hasil investasi kita meski sedang tidak di depan komputer. 

Cara untuk memulai investasi reksadana pasar uang pun sama, Sahabat tinggal daftar online, konfirmasi pendaftaran, dan setor dana. Ya aslinya nggak sesingkat itu si, ada beberapa tahapan. Pokoknya tinggal ikuti saja prosedurnya, pasti nggak salah.

Sebagai langkah awal, cobalah pilih produk reksadana dengan resiko rendah. Misalkan produk reksadana dari Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI). Manajer investasi menawarkan 7 produk reksadana dengan minimal investasi Rp100.000,00 saja. Manulife Dana Kas II atau Manulife Obligasi Barimbang, bisa Sahabat pilih sebagai produk untuk memulai investasi.

Overview kinerja Manulife Dana Kas II (sumber POEMS ProFunds)

Sekilas tentang POEMS

Dengan aplikasi POEMS (Philip’s Online Electronic Mart System) kita bisa membeli reksa dana kapan saja dan dimana saja sesuai dengan jumlah modal yang dimiliki.

Ada banyak pilihan produk reksa dana yang Sahabat pilih. Kalau ingin ngintip naik turunnya harga saham pun bisa (biasanya ni, kalau sudah paham tentang reksadana, jadi suka pengen nglirik trading saham juga).

Aplikasi POEMS berisi data real time dari Bursa Efek Indonesia. Di dalamnya, sahabat juga bisa membaca propektus, Fun Fact Sheet, juga daftar Manager Investasi di Indonesia.

POEMS ProFunds mobile, sarana untuk mempermudah investasi

Manager investasi adalah orang yang mewakili dana yang Sahabat simpan. Karena itu, ketahui pengalaman, kinerja, cara pengelolaan dana, jumlah nasabah, aset yang dimiliki, biaya, juga respon terhadap nasabahnya. Manajer yang baik adalah manajer yang tanggap terhadap permasalahan nasabahnya.

Jadi, saat ingin menambah jumlah investasi, kita tinggal memilih jenis produk yang dipilih, baca Fund Fact Sheet, bayar, udah deh selesai.

Ya gitu deh, memulai investasi reksadana kini memang semakin mudah. 

Nah, kalau pengen ganti gadget, cobain deh #wujudkanimpianmu dengan menyimpan dana di reksadana. Gunakan aplikasi POEMS Mobile atau POEMS ProFunds sebagai referensi pilihan reksadana online yang tepat untukmu.

Buat kamu yang susah nabung, karena sering kegatelan gesek ATM, reksa dana juga bisa jadi pilihan lho. Mumpung masih muda, mulai investasilah. Nggak rugi kok investasi.

Oya, kalau saya ni, punya reksa dana juga bisa menahan diri untuk belanja. Habisnya ngluarin Rp100rb aja sudah mulai itung-itungan, "Wah, dapat berapa unit ni" he he he.

Okay, selamat berinvestasi ya... Sampai jumpa diartikel keuangan berikutnya.

You May Also Like

4 komentar

  1. Cicilin dong mak :p pengen juga punya gadget :p *kaboooooooooooooooooooooooooooor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku yang daftar, mbak amanda yang bayar yo *kejaaarrrrr

      Delete
  2. Dulu sih cuek-cuek aja...punya gadged asal udah bisa onlen cukup... tapi sekarang pinginnya yang kameeanya bagus, soalnya berguna banget buat poto2 biar hasilnya oke...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semakin serius nge-blog, perangkat memadai sepertinya memang wajib punya.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.