Menikmati Keindahan Alam di Kota Magelang

by - 7/17/2016



[Sponsored post, please review to disclosure page for detail]

Halo ... Lagi bersiap untuk besok senin ya? Atau malah ada yang sedang nyusun rencana liburan?

Nah, buat Sahabat yang justru baru dapat cuti setelah lebaran, mampir yuk di Magelang. Kota kecil yang menjadi salah satu pintu gerbang menuju Yogya ini punya banyak tempat wisata lho.

Magelang merupakan salah satu kota yang sudah dikenal dunia. Salah satu tempat wisatanya memang pernah masuk ke dalam daftar 7 keajaiban dunia ada di kota ini. Apalagi kalau bukan Candi Borobudur, candi yang sudah dibangun sejak abad ke 9 ini sudah menjadi warisan yang sangat terkenal dan menarik perhatian dunia.

Udara di Magelang masih sangat sejuk, fasilitas wisata seperti transportasi dan penginapan di Magelang sudah lengkap, jadi saat berwisata di kota ini Sahabat tidak perlu repot. Pengen bablas ke Yogya pun dekat; jarak Magelang dari Yogyakarta kurang lebih 45 kilometer.

Magelang memiliki topografi daerah yang di kelilingi gunung, sehingga pemandangan alam nya tidak kalah menarik. Berikut beberapa wisata alam di Magelang yang bisa Sahabat nikmati.

Tempat wisata alam di kota Magelang


Ketep Pass
Ketep pass terletak di Desa Ketep dan ada di Jalur Solo Selo Borobudur. Jaraknya 30 kilometer dari Magelang dan 35 kilometer jika dari Boyolali. Ketep Pass merupakan tempat wisata yang cukup diminati. Disini anda akan disuguhi oleh panorama pegunungan serta bukit yang sangat indah. Dari Ketep Pass wisatawan juga bisa melihat awan panas gunung merapi.

Selain pesona pemandangannya yang menarik, Ketep Pass juga akan memberikan fasilitas wisata lainnya seperti Bioskop Mini atau Ketep Teater yang akan menayang film dokumenter mengenai gunung merapi. Ada 78 tempat duduk untuk pengunjung di Ketep Teater ini. Ada juga Museum Vulkanologi, Gardu Padang dan banyak lagi.

tempatwisatadimagelang_rahayupawitri
Ketep Pass
(Sumber gambar: fotowisata.com)

Biasanya yang menjadi favorit para wisatawan adalah Gardu Padang, karena disini wisatawan akan disediakan gazebo untuk menikmati pemandagan alam Magelang.


Air Terjun Kedung Kayang

Air terjun ini merupakan salah satu wisata alam lainnya yang dimiliki oleh Magelang, jaraknya kurang lebih 3 kilometer jika dari Ketep Pass. Air terjun Kedung Kayang berada di antara gunung Merbabu dan Merapi. Ketinggian air terjun ini bisa mencapai 40 meter, dengan air yang dingin dan juga deras.

Air terjun Kedung Kayang
(Sumber gambar: spadepicnic.wordpress.com)
Saat Sahabat masuk ke lokasi air terjun akan dikenakan tiket masuk 2500 per orang. Bagi Sahabat yang membawa kendaraan tidak bisa membawa masuk kendaraan langsung ke depan air terjunnya tapi harus di parkirkan di dekat pintu masuk.

Setelah itu Sahabat akan berjalan selama kurang lebih 25 menit untuk bisa sampai di air terjun ini. Perjalanan menyusuri sungai dan lelah akan terbayarkan kalau sudah sampai di lokasi air terjun.

Sungai Progo

Sungai Progo adalah salah satu sungai di Magelang yang memiliki jeram cukup menantang. Sehingga biasanya sungai ini digunakan wisatawan untuk rafting. Sungai Progo berada di Kota Magelang tepatnya di Perumahan Griya Tok Songo.

Sungai Progo
(Sumber gambar: yuvenstour.wordpress.com)

Aliran sungai ini memiliki panjang 12 km dan untuk yang melakukan rafting biasanya akan menghabiskan waktu sekitar 2 sampai 3 jam untuk menyusuri sungai dan jeramnya.

Ada beberapa rute yang dimiliki oleh arung jeram ini, antara lain arung jeram Progo Hulu, Progo Atas dan Progo Bawah. Untuk Progo Hulu dan Atas bearada di Magelang, untuk Progo Bawah berada di Kulon Progo.

Air Terjun Sekar Langit

Selain air terjun Kedung Kayang, Magelang juga memiliki air terjun lainnya, yaitu Air Terjun Sekar Langit yang berada di kaki Gunung Andong.

Menurut cerita masyarakat, air terjun ini dulunya sempat di jadikan tempat mandi oleh bidadari yang bernama Nawangwulan. Nawangwulan tidak bisa pulang ke langit karena selendangnya dicuri oleh Jaka Tarub. Akhirnya sang bidadari tinggal di bumi dan menikah dengan Jaka Tarub.

Kecantikan alami air terjun Sekar Langit
(Sumber gambar: tribunnews.com)

Sama seperti halnya wisata yang berada di daerah pegunungan, suasana dan udara di air terjun Sekar Langit sangatlah sejuk. Ketinggian air terjun ini tidaklah setinggi air terjun Kedung Kayang. Tinggi air terjun Sekar Langit hanyalah 25 m.

Gunung Andong

Gunung Andong adalah salah satu gunung yang berada di Magelang. Gunung ini sangat sering dijadikan tempat untuk mendaki oleh pecinta alam. Perjalanan untuk mendaki ke Puncak Andong pun tidak begitu ekstrim seperti Gunung Merapi.

Gunung Andong
(Sumber gambar: exploregunung.com)
Ketinggian Gunung Andong yaitu 1.726 meter diatas permukaan laut. Untuk sampai di puncak waktu yang dibutuhkan biasanya hanya 1,5 sampai 2 jam saja.

Nah, itulah beberapa tempat wisata menarik di kota Magelang. Jadi, selain bisa berkunjung ke Candi Borobudur yang sudah mendunia, Sahabat juga bisa menikmati pesona alam yang ditawarkan oleh Magelang. 

You May Also Like

4 komentar

  1. Magelang juga kota kedua saya. 4 tahun saya digembleng di sini sehingga menjadi orang. Secara berkala kami juga reuni di kampus tercinta. Nostalgia tidur di barak.
    Sayangnya dulu nggak sempat rekreasi ke tempat di atas, kecuali ke Kopeng.
    Terima kasih artikelnya yang menarik.
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau begitu, reuni mendatang wajib mampir ke salah satu destinasi wisata di atas dong :)

      Delete
  2. Bangga nya melihat kecantikan panti sma alam berikut obyek wisatanya di salah satu kota propinsi Jateng☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.... where have you been? Baru kelihatan lagi sekarang :)

      Kalau gitu, masukin ke daftar backpackeran dong, mbak. he hehe

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.