Miao Mi, Cara Belajar Bahasa Mandarin Mudah dan Menyenangkan

miaomi_belajarbahasamandarinmudahdanmenyenangkan_rahayupawitriblog
Dengan Miao Mi, belajar mandarin kini lebih mudah dan menyenangkan

Ada yang seru di obrolan para ibu di sekolah Hana hari Sabtu kemarin; mencari tempat les bahasa kedua. Bila sejak Desember kemarin obrolan masih berkisar tentang mencari sekolah yang tepat untuk anak; kali ini, entah siapa yang memulai, obrolan melebar tentang pentingnya bahasa kedua untuk anak.

Ya, dari tahun ke tahun, tantangan anak memang semakin bertambah; ia tak hanya dituntut untuk memiliki pengetahuan yang memadai tapi juga pelbagai ketrampilan yang bisa mendukung kariernya nanti. Dan kemampuan menguasai beberapa bahasa, terbukti sangat dibutuhkan saat ini.

Merujuk pada buku Mohamed A. Khalfan”Anakku Bahagia, Anakku Sukses”, bahwa seorang anak hingga usianya 9 tahun, sesungguhnya mampu menguasai 7 bahasa berbeda. Karena itu tidaklah menjadi sebuah masalah bila kita mengenalkan bahasa kedua semenjak dini kepada anak.

Namun, mengingat beban di sekolah yang saat ini juga semakin berat, alangkah lebih baik bila kita bisa mengenalkan bahasa kedua kepada anak dengan cara yang menyenangkan.

Cara yang menyenangkan tidak hanya akan bermanfaat untuk anak, tapi juga memudahkan proses belajar itu sendiri. Bukankah kita akan belajar lebih mudah saat hati kita lebih senang dan pikiran kita rileks?

Miao Mi, sarana belajar bahasa mandarin dengan mudah dan menyenangkan

Bicara tentang metode belajar yang menyenangkan, pikiran kita pasti akan tertuju pada cara belajar sambil bermain seperti yang terjadi pada proses belajar di lembaga pendidikan pra-sekolah.

Namun kini belajar dengan menyenangkan juga bisa dilakukan sambil menonton televisi.

Adalah Celestial Tiger Entertaiment (CTE) yang mencoba mengembangkan metode belajar mandarin dengan cara yang menyenangkan untuk anak, Miao Mi.

Miao Mi adalah saluran anak Mandarin untuk anak Asia yang didedikasi untuk menghibur dan mendidik anak-anak prasekolah terlepas dari latar belakang bahasa mereka. Miao Mi hadir di Indonesia melalui perusahaan TV berbayar PT MNC Sky Vision.

Saat peluncuran perdana Miao Mi pada tanggal 29 Januari 2016, Ofanny Choi, Executive Vice President, TV Networks, Celestial Tiger Entertainment mengatakan, “Ada begitu banyak saluran anak dari negara Barat di Indonesia dan kami sangat yakin Miao Mi menawarkan saluran alternatif berkualitas tinggi untuk para pelanggan dengan program-program yang diciptakan secara matang untuk menghibur anak-anak dengan perspektif Asia. Saluran anak ini juga mendorong anak-anak untuk belajar Mandarin melalui fitur audio track dua bahasa, Mandarin dan Bahasa Indonesia dan juga program khusus Miao Mi Classroom.”

Kita semua tentu tahu, bahwa tidak mudah untuk bealjar mandarin, karena ada banyak ribuan kata dengan ribuan variasi tulisan yang harus dipelajari dan dihapalkan.

Untuk itulah, Bapak Yudha Wibawa, Deputy CEO & Managing Director, PT. MNC Skyvision, Tbk berharap, dengan adanya Miao Mi ini anak-anak Indonesia dapat belajar mandarin dengan cara menyenangkan sekaligus terhibur.

Miao Mi hadir secara eksklusif di paket Galaxy, Super Galaxy, and Venus yang ditawarkan Indovision, serta tersedia di paket basic Okevision

Keunggulan program Miao Mi

Miao Mi didesain sebagai program untuk anak usia 3-6 tahun (meski saya sendiri juga suka si) dan dibuat oleh para produser konten edutaiment terkemuka di China dan wilayah Asia.

Beberapa keunggulan program Miao Mi adalah
  • Mengandung budaya dan nilai Asia
  • Mampu mengembangkan kemampuan motorik anak 
  • Mengembangkan kemampuan berbahasa
  • Membantu pemahaman dan kemampuan sosialisasi
  • Membantu pengembangan kemampuan kognitif
  • Membantu anak belajar nilai-nilai kehidupan 

Program highlight Miao Mi 2016

1. Miaomi Class Room

miaomi_belajarbahasamandarinmudahdanmenyenangkan_rahayupawitriblog



Jadwal tayang: Setiap hari; setiap 20 menit di Miao Mi.

Kemampuan yang dikembangkan: kemampuan berbahasa dan kognitif

Merupakan program acara untuk memperkenalkan kata-kata dasar bahasa Mandarin dengan cara menyenangkan dan interaktif. Tampil dalam bentuk flash card, dengan animasi, video, juga lagu.

2. Bellbug Popo

miaomi_belajarbahasamandarinmudahdanmenyenangkan_rahayupawitriblog



Jadwal tayang: Senin – Jumat, 05:40 dan 14:40 WIB

Kemampuan yang dikembangkan: budaya dan nilai Asia, kemampuan sosialisasi, nilai-nilai kehidupan

Cerita petualangan bell bug Popo dan teman-temannya yang hidup disbeuah kolam kecil.

3. Star Babies

miaomi_belajarbahasamandarinmudahdanmenyenangkan_rahayupawitriblog



Jadwal tayang: Senin – Jumat, 05:20 dan 14:20 WIB

Kemampuan yang dikembangkan: kemampuan sosialisasi dan kognitif

Kisah tentang para Balita di sekolah Dream Star yang berusaha untuk mengatasi kesulitan dan kekurangan masing-masing.

4. Happy Friends

miaomi_belajarbahasamandarinmudahdanmenyenangkan_rahayupawitriblog



Jadwal tayang: Senin – Jumat, 06:25 dan 15:25 WIB

Kemampuan yang dikembangkan: kemampuan sosialisasi dan motorik

Kisah tentang seorang superhero, Supermen yang harus mencoba menghentikan perkelahian dan melidungi panetnya dari bencana.

5. Little Rabbit’s Kung Fu Academy

miaomi_belajarbahasamandarinmudahdanmenyenangkan_rahayupawitriblog

Jadwal tayang: Senin – Jum’at, 07:45 dan 16:45 WIB

Kemampuan yang dikembangkan: kemampuan sosialisasi, motorik, serta budaya dan nilai Asia.

Cerita tentang petualangan para pahlawan Kung Fu. Anak akan belajar nilai persahabatan, kerja keras, dan nilai-nilai kebaikan sepanjang perjalanan mereka.

4. Rubi – GEts It Right

Jadwal tayang: Senin – Jumat, 05:00 dan 14:00 WIB

Kemampuan yang dikembangkan: kemampuan sosialisasi, nilai kehidupan dan kognitif.

Adalah Rubi, seorang gadis yang belajar di Future World Classroom dan suka menejelajah dunia. Acara yang ditujukan untuk anak pra-sekolah akan membantu anak untuk belajar nilai-nilai persahabatan, tanggung jawab, kepedulian kepada sesama dan persahabatan.

miaomi_belajarbahasamandarinmudahdanmenyenangkan_rahayupawitriblog

5. Rubi – Animals and Nature

Jadwal tayang: Senin – Jumat, 06:45 dan 15:45 WIB

Kemampuan yang dikembangkan: kemampuan sosialisasi, nilai kehidupan, dan kognitif

Kisah petualangan Rubi dan binatang peliharaannya Yoyo saa menjelajah alam. Pada program ini akan belajar tentang dunia hewan dan alam sekitarnya.

6. Pleasant Goat and Big Big Wolf

Jadwal tayang: Senin – Jumat, 06:05 dan 15:05 WIB

Kemampuan yang dikembangkan: kemampuan sosial, kognitif, budaya dan nilai Asia

Animasi merupakan animasi peraih penghargaan di Cina dan sangat populer di sekolah-sekolah anak disana. Bercerita tentang pertarungan antara pleasant goat dan serigala ceroboh yang suka sekali memburu mereka.

Seru dan banyak pilihan program acaranya kan? Yuk, belajar baasa mandarin bersama Miao Mi …!

Show 7 Comments

7 Comments

  1. Wah enak banget zaman sekarang mau belajar bahasa mandarin sudah banyak program tv yang menyediakan tinggal orang tua mendorong supaya anak mau belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *