Membangun Kemampuan Kerja Sama Anak dengan Bermain di Establishment Cap Kaki Tiga Anak Police Station di Kidzania

by - 7/05/2015


Sahabat Rumah Hana, bila sesekali membaca iklan lowongan pekerjaan di media massa, seringkali kita menjumpai kriteria "kemampuan bekerja sama dalam tim" menjadi salah satu persyaratan yang harus dimiliki kandidat. Ya, memang bukan hal yang aneh, pasalnya standar kesuksesan sekarang lebih terletak pada kesuksesan tim, bukan kemampuan dari perseorangan.

Untuk itulah, sebagai orangtua, sangatlah wajar bila kita juga mempersiapkan anak-anak kita untuk  mampu bekerja sama dengan orang lain atau bekerja dalam kelompok.

Toh, kemampuan bekerja sama yang ada pada anak tidak hanya akan berguna dalam pergaulan sosialnya di masa depan, namun juga di masa sekarang. Misalkan saat mereka mendapat tugas dari sekolah. Masing-masing anak akan paham tugas atau kewajiban mereka bila mereka memiliki kemampuan untuk bekerja sama dalam tim.

Sebagai sebuah perusahaan yang perduli dengan pendidikan dan kesehatan anak-anak Indonesia, PT. Kino Indonesia, -produsen Larutan Cap Kaki Tiga Anak-, mengadakan sebuah kerja sama dengan Kidzania dengan menyediakan sebuah sarana pembelajaran dengan konsep bermain (edutaiment). Bentuk kerja sama tersebut adalah establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station di Kidzania, "kotanya" anak-anak.

Dalam permainan profesi ini anak-anak akan diperkenalkan bagaimana cara menjadi seorang polisi yang baik, sekaligus beraksi menangkap penjahat yang mencuri formula Larutan Cap Kaki Tiga Anak.

Kidzania merupakan kotanya anak-anak. Disana anak-anak bisa memerankan profesi apapun mirip dengan di dunia nyata.
Begitu pula saat mereka menjadi polisi. Seragam lengkap harus mereka kenakan. Setelah itu mengikuti briefing dari sang Komandan, hingga studi kasus kejahatan. Seru, dan mengasyikkan tentu saja. Sampai sekarang pun Hana bolak-balik punya keinginan pengen terus kesana.

Mengapa harus ke establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station

Saat menghadiri acara Opening Ceremony Establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station-Kidzania  tanggal 3 Juni 2015, saya melihat ada banyak sisi positif yang bisa anak-anak peroleh disana, diantaranya:

1. Kerja sama dalam tim

Sebagai polisi, tentu saja, anak-anak akan belajar bekerja sama dalam tim untuk dapat menangkap penjahat yang lari dan bersembunyi.Mereka harus kompak, ga boleh semau sendiri dan ingin pendapatnya diikuti, seperti jagoan bandel yang sering digambarkan dalam film Hollywood.

2. Mengembangkan logika

Mengumpulkan petunjuk, kemudian mengolah menjadi data dan menyimpulkan dimana kemungkinan sang Pencuri formula bersembunyi, akan merangsang kemampuan berpikir logika dan mengembangkan nalar anak-anak. 
"Ruang analisa dan pengumpulan data"

3. Menumbuhkan rasa keberanian dan kepedulian

Permainan dibuat sedemikian rupa, agar usaha anak-anak untuk menangkap penjahat mampu memunculkan atau menambah keberanian, dan kepedulian mereka terhadap kejahatan yang mungkin terjadi disekitar mereka.

4. Disiplin diri

Bermain di establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station serta area profesi yang lain, harus menaati aturan tertentu. Seperti usia, pakaian yang dikenakan, kebiasaan antri atau bermain bergiliran.
Dari hal-hal semacam inilah mereka akan belajar tentang kedisiplinan dan sikap taat peraturan. 

5. Percaya diri

Percaya diri tumbuh ketika anak-anak mengenal dan tahu kemampuan mereka untuk melakukan pelbagai hal.
Pengalaman merasakan pelbagai profesi akan membantu anak lebih percaya diri, karena mereka sekarang tahu bahwa sebenarnya mereka mampu melakukan banyak hal.

6. Belajar beradaptasi

Saat belajar menjadi polisi, sangat mungkin anak-anak akan bertemu dengan kawan baru yang mungkin saja berbeda tingkah laku, dan cara bergaulnya. Mau tidak mau, anak-anak akan belajar untuk menepis rasa malu, serta berusaha untuk beradaptasi dengan karakter baru kawan-kawan yang baru dikenalnya.

7. Membantu anak mengenali minat mereka

Bukanlah rahasia bila anak-anak remaja saat ini masih banyak yang belum mengenali apa yang menjadi minat mereka dan kemana mereka harus mengarahkan masa depannya.
Front Office Larutan Cap Kaki TIga Anak Police Station
Dengan bermain di establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station, ataupun area profesi yang lain, anak-anak akan memperoleh gambaran seperti apakah tugas dari profesi Polisi, Pemadam Kebakaran, Dokter, hingga petugas layanan pengisi bahan bakar.

Setelah mengetahui gambaran cita-cita yang sesuai minat mereka, anak tentu akan lebih mudah menentukan apa yang menjadi minat dirinya di masa depan.

Dunia anak memang dunia bermain. Sehingga mengenalkan sikap sosial, mengarahkan minat, menumbuhkan karakter akan lebih mudah dengan bermain.

Dan agar mereka tetap terjaga staminanya saat bermain di Kidzania, tak lupa Larutan Cap Kaki Tiga Anak membekali para Polisi Cilik yang usai menjalankan tugasnya ini dengan satu kaleng minuman pereda panas dalam.

Menurut Bapak Deny Cahyo, selaku General Marketing Manager PT Kino Indonesia, bahwa anak yang sehat akan menjadi anak yang kreatif. Dan establishment ini merupakan salah satu wujud kepedulian PT Kino Indonesia untuk menjaga kesehatan anak Indonesia.

Ya, aneka kegiatan yang anak-anak lakukan memang bisa membuat suhu tubuh badan mereka menghangat dan daya tubuh menurun. Dan Larutan Cap Kaki Tiga Anak, minuman kesehatan yang dibuat dari bahan-bahan herbal sehingga aman untuk si Kecil, akan membantu anak untuk menurunkan suhu tubuh dan membantu menjaga kesehatan mereka sepanjang hari.

Tak perlu kawatir bila minuman ini akan membahayakan kesehatan anak. Komposisi minuman kesehatan jenis jamu ini telah disesuaikan dengan kebutuhan anak sehingga aman dikonsumsi setiap hari. Hasilnya anak akan terhindar dari panas dalam, dan konstipasi yang mengganggu kerja pencernaan anak. Kita semua tentu tahu bukan, kalo pencernaan sehat sangat mempengaruhi aktivitas dan kegiatan kita setiap hari?

Jadi, bila saat ini Sahabat Rumah Hana sedang bingung mencari alternatif pengisi liburan untuk anak, atau sekedar kegiatan pengisi Ramadhan, tidak ada salahnya bila mengajak si Kecil bermain di establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak.

Jangan kawatir anak-anak akan kepanasan, karena di Kidzania suasananya selalu malam hari. Oya, ada promo khusus lho, selama bulan Ramadahn ini. So, ga dasalahnya kan, ngabuburit di establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station di Kidzania?




Tulisan ini diikut sertakan dalam "Blog and Journalist Writing Competition Kidzania - Larutan Cap Kaki Tiga Anak"


You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.