Lesah Magelang nan Hangat

by - 3/28/2015

Ini masih sering hujan kan? Gimana kalo masak yang anget-anget? Kenal Lesah Magelang? Tu, lho sayur berkuah berwarna kuning yang mirip soto. Saya biasanya masak sayur ini kalo lagi kangen sama suasana rumah yang adem (ga ada hubungannya, ya?).

Lesah Magelang ala Rumah Hana

Saya biasanya masak Lesah dengan resep dibawah ini

Bumbu:

Bawang merah dan bawang putih                                Daun Salam
Kemiri                                                                          Lengkuas
Kunyit                                                                          Serai
Merica                                                                          Jahe
Garam, gula pasir, sedikit saus tiram (kalo suka)

Bahan lesah:

Bihun rebus
Taoge
Ayam suwir
Kemangi/ seledri
Santan
Pelengkap: bawang goreng, krupuk, tomat


Cara memasak:

1. Goreng kemiri, kunyit, dan merica. Gunakan saringan stainless agar si merica ga lari kemana-mana.
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan bumbu yang digoreng tadi. Tumis sampai harum.
3. Rebus setengah matang ayam, daun salam, lengkuas, serai, dan jahe setengah lunak. Masukkan tumisan bumbu halus. Garam, gula, dan sedikit saus tiram kalo suka. Masak lagi sampai ayam matang. Masukkan santan, dan tunggu hingga meletup. Oya, jangan lupa dicicipi ya...
4. Setelah matang, angkat ayam, goreng dan suwir-suwir.
5. Susun pada mangkok bihun, taoge, ayam suwir. Taburi bawang goreng, kemangi atau seledri dan potongan tomat. Siram dengan kuah, sajikan bersama sambal tomat dan kerupuk. Paling cucok si, sama kerupuk udang, tapi kali ini saya nyobain krupuk warna-warni sesuai pesenan Hana.


You May Also Like

16 komentar

  1. Baru tau ada makanan bernama lesah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyakah? Kalo gitu mbak Mimi wajib nyicipin kalo pas ke magelang. Uenak tenan.

      Delete
  2. halo mbak Hana....wah baru tahu kalau ada kuliner ini.. pasti enak disantap kalau pas udara dingin atau pas perutnya ga asik hehe makasih sdh sharing boleh dicoba nih. :)

    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga dah mampir di rumah hana mak... Cobain deh, gampang kok, ga ribet masaknya.

      Delete
  3. Wah, nggak susah ya, Mak. Kapan-kapan cobain ah. Salam kenal ya, Mak. Baru mampir nih ^^ Mari berteman ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mak. saya penggemar masakan ya beginian. tinggal cemplungin bumbu, dan tunggu mateng. Jadi bisa nyambi ngerjain kerjaan lain. Selamat mencoba ya, mak.

      Delete
  4. Baru dengar nama makanan ini maak. Klao soto sih aku suka, kapan2 nyobain ah lesah

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. iya, mbak. Sebetulnya ciri khas lesah di kemangi. Tapi karena kadang orang ga suka, ya akhirnya ganti seledri.

      Delete
  6. semacam soto ya... kemangi bukannya lebih semerbak? *sok tau*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak. Justru disitu uniknya. Cobain deh.

      Delete
  7. Saya belum pernah makan ini mbak. Lihat gambarnya kayaknya enak. Boleh dong nyicip hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, cobain. Mainlah ke Magelang, atau masak sendiri di rumah he he he

      Delete
  8. hhmmmmm agak beda sama lesah ibuku, kl ibuku isinya kol, wortel, toge daun bawang sledri, trus temennya telor ceplok yg dibumbu terik atau apa ya, pedes pake santen kental dan sambal tomat, biasanya masak banyak kl lg pas sambatan benerin rmh .....jd kangen ibu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa...aku harus nyoba resep versi dirimu ni mbak... tapi bumbu uleknya sama to?

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.