Hidup lebih Sehat dengan Infused Water

by - 7/06/2014

Infused water, minuman sehat, minuman segar, rahayupawitri blog
Lime infused water


Akhir-akhir ini kita sering mendengar tentang infused water yang sering kali diklaim sebagai salah satu cara untuk membuat minum air putih lebih nikmat. Di beberapa negara yang penduduknya gemar minum soda karena rasa buahnya, infused water disarankan sebagai alternative pengganti.

Di Indonesia sendiri sudah ada satu dua produsen air minum kemasan yang mencoba membuat versi paraktis dari minuman jenis ini. Jadi, apakah si sebenarnya infused water, dan mengapa diklaim sebagai minuman salah satu sehat?

Apa, si, Infused Water?

Seperti pengertian asal dari "infuse" yaitu mengeluarkan kandungan flavor buah atau herbal dengan cara memasukkannya ke dalam air. Minuman jenis ini awalanya banyak disajikan di spa atau tempat-tempat perawatan kecantikan. Namun, seiring kesadaran akan khasiat serta ajakan untuk mengurangi konsumsi soda, infused water mulai diperkenalkan dan diresepkan untuk umum.

Minum air sangatlah penting untuk tubuh kita. Selain membantu pengaturan suhu badan, air juga melindungi organ-organ penting tubuh dan membantu memperbaiki penampilan kita sehari-hari.

Sayangnya, minum cairan yang sama berulang kali dapat membuat kita menjadi bosan. Untuk itulah, infused water ditawarkan sebagai salah satu cara untuk minum air lebih nikmat.

Mengapa Infused Water Dianggap Sebagai Minuman Sehat

Buah banyak mengandung vitamin C yang mudah larut dalam air. Selain itu penelitian membuktikan bahwa flavonoid dalam buah mampu mebantu untuk mengurangi berat badan tubuh, membakar lemak, serta membantu menyembuhkan beberapa penyakir ringan.

Sebagai contoh Lime atau jeruk lemon, sangat efektif untukmengeluarkan racun dipagihari. Sementara Strawberry akan membantu metabolisme tubuh lebih baik.

Bagaiamana Infused Water Dibuat ?


Sesuai dengan namanya, infused water dibuat dengan memasukkan potongan-potongan kecil buah ke dalam air, dan kemudian menyimpannya pada suhu rendah selama minimal 1 jam, sebelum bisa dikonsumsi.


Hal yang perlu diingat, dalam membuat infused water adalah kesegaran buah yang digunakan. Selain itu infused water harus disimpan pada suhu 4-10 derajat Celcius. Suhu panas atau buah yang kurang segar akan membuat bakteri dan jamur lebih mudah tumbuh.

Hmm...jika melihat tampilannya, infused water sepertinya segar juga ya, untuk hidangan buka puasa. Nah, tunggu ya, aneka resep infused water pada posting saya selanjutnya. Salam...

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.