Menyimak Kalender Liburan Tahun 2014

by - 10/09/2013




Calendar 2014
Welcome 2014!!!

Apa hal pertama kali yang biasa Anda lakukan saat mendapat kalender baru untuk tahun kedepan? Apakah Anda terbiasa mencari urutan tanggal-tanggal libur nasional?  Ya, bagi beberapa orang, mengetahui kapan dan berapa jumlah hari libur yang akan dimiliki menjadi salah satu hal krusial bagi pekerjaan atau kegiatan mereka sehari-hari. Bagi para pemilik toko, hari raya adalah waktu yang paling tepat bagi mereka untuk mengadakan Clearance Sale guna menarik pembeli.  

Menyimak kalender tahun ke depan sangatlah penting, terlebih bagi para professional, karena bisa jadi penyelesaian proyek, ajuan proposal, dan diskusi kontrak baru sangat tergantung dengan ketepatan penentuan tanggal eksekusi rencana.
Sementara bagi para traveler, seperti para journalist traveler,  menyimak kalender 2014 sangatlah penting. Mengingat pekerjaan atau pun keperluan pribadi mereka, pastilah tergantung dari jadwal liburan ini. Akomodasi perjalanan, booking penginapan, jadwal berkeliling di tempat tujuan adalah agenda para traveler yang pasti berkaitan dengan jadwal libur nasional. 


Lain halnya bagi para pekerja swasta, hal pertama yang dicari saat menyimak kalender tahun depan adalah jatuhnya Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha serta Natal. Dengan melihat penanggalan hari raya paling tidak mereka dapat menghitung kapan waktu yang tepat untuk melakukan persiapan seperti tabungan biaya untuk mudik, pengajuan cuti, booking tiket dan masih banyak lagi.

Seperti disebutkan diatas, bahwa penetapan jatuhnya hari raya juga sangat berguna bagi para pelaku bisnis retail, terutama mereka yang bergerak dibidang fashion, kuliner atau pernak-pernik hari raya lainnya. Lihatlah peringatan Idul Adha tahun ini. Guna menyambut dan mengiringi perayaan tersebut, beberapa produsen mulai bersiap mengadakan sale atau aneka bazaar untuk menarik konsumen. Sementara bagi para karyawan atau rumah tangga lainnya, mereka mulai bersiap untuk mengajukan cuti atau malah membuat rencana travelling yang tertunda. Seperti yang dapat kita lihat pada penanggalan tahun ini, Idul Adha 2013jatuh pada tanggal 15 Oktober 2013. Itu artinya bagi para pegawai yang mengikuti 5 hari kerja, akan memiliki waktu libur yang cukup panjang mulai dari tanggal 12 hingga 15 Oktober. Dan waktu-waktu seperti inilah yang biasanya ditunggu untuk dapat pulang kampung guna bersilahturahmi atau melakukan perjalanan panjang yang sudah lama direncanakan.

Bila kita jeli saat menyimak kalender 2014 ini, ternyata kita memiliki tambahan hari libur nasional. Hari libur nasional di Indonesia biasanya berkaitan dengan hari libur keagamaan atau peristiwa kenegaraan. Dan bila tahun ini juga tahun-tahun kemarin kita hanya memiliki 14 hari libur nasional, maka mulai tahun depan, kita akan memiliki tambahan 1 hari libur nasional. Hal ini disebabkan Presiden SBY telah menetapkan bahwa Hari Buruh yang jatuh pada tanggal 1 Mei, kini menjadi hari libur nasional. Jadi, tahun depan kemungkinan hari kerja efektif kita hanyalah 297 hari (kurang lebih) itupun masih berkurang dengan adanya cuti bersama Hari Raya Idul Fitri, Natal, Idul Adha, dan Pemilu.

Bagaimana dengan Anda, apa kira-kira yang hendak Anda lakukan di tahun depan? Jangan lupa, tengok dulu kalender terbaru Anda di tahun 2014 ini. Salam.

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.