Inilah Rahasianya Agar Kue Nastar Keju Anda Lebih Empuk dan Lembut di Lidah

by - 5/20/2018

cara_membuat_kue_nastar

Berbicara mengenai lebaran, pasti tidak terlepas dari hidangan atau makanan apa saja yang sering menjadi sajian ciri khas lebaran. Salah satunya adalah kue nastar keju, salah satu jenis kue kering yang lembut dan sangat nikmat sebagai sajian saat berkumpul dengan keluarga. 

Meskipun jenis kue ini sebetulnya tidak hanya ada pada momen lebaran, tapi juga bisa ditemukan pada hari besar lainnya seperti Imlek, Natal atau yang lain. Jika harus ditanya apakah orang sudah bosan dengan jenis sajian tersebut pasti banyak yang mengatakan tidak. 

Lalu apa yang menjadi rahasia, agar kue nastar keju seolah menjadi salah satu hidangan wajib saat lebaran? Tentu saja rasanya yang nikmat dan lezat. Dan kuncinya ada pada proses pembuatan dan resepnya.   

Pada dasarnya resep pembuatan kue kering yang berisi selai nanas dan topping keju itu tidaklah sulit. Karena proses pembuatannya yang mudah, saat ini banyak orang yang akhirnya belajar, dan kemudian memanfaatkan momen Ramadhan untuk meraih tambahan rupiah. Alasan utamanya, saat Ramadhan dan menjelang Lebaran, permintaan akan kue nastar keju biasanya sedang tinggi, jadi bisa dimanfaatkan untuk meraih keuntungan sebaik mungkin. 

Nah, bagi Anda yang mempunyai banyak waktu di rumah dan ingin mencoba membuat kue nastar tersebut sendiri, tidak perlu ragu-ragu lagi, karena Anda juga pasti bisa membuatnya. Dengan persiapan bahan yang sangat sederhana dan mudah didapatkan akan membantu Anda segera dapat belajar.   

Untuk resep dari kue nastar sendiri sangatlah mudah, ada bisa membeli beberapa bahan di pasar atau supermarket terlebih dahulu. Bahan untuk membuat kue nastar keju adalah: 

  • Tepung terigu ½ kg 
  • Margarin ½ kg 
  • Gula halus 100 gram 
  • Kuning telur 4 butir dan 2 butir untuk bahan olesan 
  • Bubuk vanili dan kayu manis secukupnya 
  • Keju 100 gram 
  • Selai nanas. 


Setelah beberapa bahan diatas sudah Anda siapkan, saatnya untuk melakukan proses pengolahan dengan tahapan yang tepat. Jika ada kesalahan satu saja pada prosesnya, hasil kue nastar keju yang Anda buat nanti, mungkin tidak akan sesuai dengan yang Anda harapkan.   

Dan berikut ini cara pengolahan dasar kue nastar keju:  

  1. Membuat adonan pertama kalinya bisa dari kuning telur yang dikocok dengan gula halus lalu tambahkan margarin. Untuk pengadukan sendiri bisa dikira-kira sampai dengan kelihatan mengembang. 
  2. Setelah itu barulah Anda masukkan tepung terigu, keju, kayu manis dan bubuk vanili sampai dengan adonan berubah kalis. 
  3. Siapkan loyang yang akan menjadi tempat adonan yang telah dicetak dengan memberikan margarin atau minyak terlebih dahulu pada alasnya. Lalu bentuk adonan sesuai dengan selera Anda dan beri selai nanas didalamnya. Dalam proses ini yang paling penting adalah bentuk dan ukuran setiap kue sama, agar Anda dapat memperoleh kue kering yang matang sempurna. 
  4. Setelah siap bisa langsung masukkan kue kedalam oven dengan suhu sedang, kurang lebih 15 menit. Setelah itu barulah ambil dan oleskan kuning telur untuk mengilapkan permukaan kue. Taburi keju, lalu masukkan kembali dan oven sampai dengan matang. 
  5. Apabila sudah matang bisa Anda keluarkan dari oven, diamkan sampai dingin, lalu masukkan dalam stoples dan simpan. Untuk ketahanan yang lebih lama memang tidak bisa memasukkan kue dalam kondisi panas dengan cepat kedalam stoples.   


Itulah tadi sedikit resep atau langkah-langkah membuat kue kering yang sering menjadi hidangan andalan saat lebaran. 

Meskipun terbilang cukup mudah ternyata masih ada juga orang yang mengalami kegagalan saat membuat kue nastar keju tersebut. Kadang kue yang dihasilkan gosong, retak saat di oven, permukaan kurang mengkilap, dan lain sebagainya. Maka dari itu tidak heran jika banyak orang yang lebih memilih membeli kue kering dengan memesan melalui toko online atau pusat perbelanjaan langsung daripada gagal jika membuat sendiri. 

You May Also Like

3 komentar

  1. Nastar selalu jadi kue favoritku saat lebaran, kayaknya makan satu ngak pernah cukup ya mbak hahahahah

    ReplyDelete
  2. Wahhh kue favorit sejuta umat nih, kayaknya belum berasa labaran kalau belum makan nastar.
    Tahun kemaren aku sam ibuku bikin tapi gulanya terlalu banyak jd malah aneh, nah resep ini bisa dicoba hehehe

    ReplyDelete
  3. Saya mah nastar selalu beli. Masak bulet2innya, hahah... Tapi kue kering kalau di rumah nggak begitu diincar banget sih.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.