6 Bahan Alami untuk Perawatan Wajah

by - 4/16/2018

6_bahan_alami_untuk_perawatan_wajah


Post ini terinspirasi dari status teman di Facebook yang menanyakan produk perawatan wajah untuk usia 40 tahun.

Kebetulan tahun ini saya juga memasuki usia 40 tahun. Selain tentang mindset yang berubah, saya juga mengadakan perubahan di beberapa aspek hidup saya #tsaah, salah satunya adalah cara saya merawat wajah.

Kalau dulu, saya cuek banget dengan perawatan wajah. Merasa punya wajah yang tahan dengan semua macam kosmetik, plus karena ... ya malas aja.

Saya sepertinya memang bukan tipe orang yang telaten merawat wajah. Kalau lah punya produk perawatan komplit, paling hanya 3-4 kali pakai saja. Setelahnya biasanya lupa atau sudah keduluan ngantuk. Apalagi kalau sedang dikejar tenggat waktu artikel. Halah...! Lupa semua jenis tetek bengek untuk wajah!

Hasilnya produk perawatan wajah yang saya beli, sering banget dibuang bukan karena habis dan tinggal botolnya saja, tapi karena kadaluarsa.
Akhirnya, pilih perawatan wajah yang praktis-praktis saja. Membersihkan wajah, ya cukup dengan sabun muka saja.

Tapi nih, sejak Hana masuk SD, saya jadi iri dengan salah satu wali murid di kelas Hana. Beliau ini sudah berumur, tapi wajahnya terlihat bersih banget. Tidak ada satu pun noda hitam di wajah Beliau. Padahal, seperti pengakuannya, Beliau nggak pernah perawatan di salon atau pakai produk perawatan yang jutaan.

Kalaulah ada produk perawatan yang Beliau gunakan, hanyalah sabun susu yang banyak dijual di toko-toko online saat ini.

Penasaran, saya pun beranikan diri bertanya, apa yang menjadi rahasia Beliau. Dan jawabannya sungguh mengejutkan, karena semua bahan perawatan itu hanya dari dapur Beliau. Apa saja? Inilah beberapa bahan yang biasa berada di dapur, serta manfaatnya untuk wajah. 

Bahan alami untuk perawatan wajah


1. Endapan cucian air beras 

Air beras mengandung banyak vitamin B1 dan diyakini dapat membantu mengurangi flek-flek hitam pada wajah serta mengembalikan kesegaran wajah.

Cara menggunakannya pun sederhana. Seusai mencuci beras, tuang air cucian pada baskom atau ember kecil.

Biarkan air cucian sekitar 15 sampai 20 menit atau telah terbentuk endapan pada dasar wadah. Buang bagian atas air, gunakan endapan untuk masker.

2. Tomat

Yang satu ini sudah saya coba dan buktikan khasiatnya.

Ceritanya tiga bulan belakangan saya sedang amat sangat malas merawat wajah.

Paling hanya pakai sabun muka dan pelembap, itupun kalau tidak lupa. 😁 Akibatnya selain wajah saya lebih kusam, noda hitam di wajah pun semakin jelas kelihatan.

Eh, ndilalah, saudara malah mengajak meramaikan pesta pernikahan anaknya. Haduh, bingung saya, bagaimana cara mengurangi (iya, paling enggak kurangi deh, kalau nggak bisa hilang) flek hitam di pipi kanan dan kiri ini.

Selama seminggu sebelum hari H saya rajin-rajin saja olesi muka dengan irisan tomat. Sehari dua kali, pagi dan malam.

Nggak perlu pakai tiduran, cukup diiris, oles-oles di muka. Selesai cuci piring, bilas muka. Selesai kan?

Hasilnya? Lumayan samar sih, seperti foto berikut ini.... 😁



3. Jeruk nipis

Kata si ibu, jeruk nipis dan madu juga bisa untuk mengurangi flek di muka. Cukup sesendok madu sama beberapa tetes air jeruk nipis, dan oleskan pada muka yang bermasalah.

Biarkan kering, barulah bilas dengan air hangat.

4. Gula pasir dan madu

Resep yang ini tidak untuk menghilangkan flek, tapi untuk melembabkan atau melembutkan bibir yang kering

Caranya juga sederhana; amnbil sedikit madu, taburi gula pasir, kemudian gosokkan perlahan pada bibir.

5. Telur putih

Sudah lama telur putih menjadi salah satu resep sederhana untuk mengencangkan kulit. Begitu juga dengan temen saya ini, sesekali Beliau juga mengoleskan putih telur di wajah guna mengurangi kerut di muka.

6. Lidah buaya

Resep yang terakhir ini dari ibu saya. Saat ini Beliau hanya sesekali mengoleskan tomat, lebih sering mengoleskan lidah buaya untuk mengurangi kerutan pada wajah.

Nggak ada lidah buaya di rumah? Ya, udah mulai nanam aja dari sekarang. 😁😁😁


Itulah 6 bahan alami yang dapat digunakan untuk perawatan wajah. Nanti kalau ada lagi, saya update daftarnya. See you at other beauty tips.




Pic. made using Canva,
Tomato and Honey taken from Canva, Lemon from pixabay.com

You May Also Like

3 komentar

  1. Kalau aku flek hitam pakai iritasn kentang mbak, lumayan ngaruh. Tapi sebenarnya perawatan alami itu tentang konsisten, kl terus dilakukan akan baik hasilnya. At least tdk memupuk bahan kimia di wajah kan semua dr bahan alami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu ya, mbak. Oke, oke... aku ngikutin deh saran mbak Muth.
      Dulu pernah pengen coba kentang, tpi kata ibu suka ngebekas atau ninggalin warna hitam. Jadi, ya sudah deh, belum nyoba lagi. tapi nanti aku coba deh... perlu itu he he he

      Delete
  2. Kalau perawatan alami kuncinya harus sabar dan telaten yaa. Soalnya gak bisa instan lihat hasilnya. :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.