Realcom, Aplikasi Belajar dan Mengajar untuk Semua

by - 1/11/2018

realcom_belajaronline_mengajaronline_rahayupawitri


Kalau sudah tidak duduk dibangku sekolah atau universitas, cara belajar seperti apa si yang paling Sahabat suka?

Kalau saya pribadi ni, lebih suka belajar online, agar waktu belajar bisa menyesuaikan plus nggak perlu kena macet, debu, asap dan polusi lainnya.

Jadi, kalau sudah butuh refresh otak, biasanya saya mulai hunting kursusan online dari luar negeri. Bukan mau bergaya si, tapi karena di Indonesia belum banyak kursusan online dari sesuai dengan topik yang saya butuhkan.

Plus, akses kursusnya juga belum fleksibel seperti Edx.org misalnya. Pelajaran dan proses belajar yang ada di situs milik Boston University ini bisa diakses baik melalui komputer jinjing, komputer meja, juga perangkat mobile.

Jadi materi bisa diakses kapan saja, dimana dan dimana saja. Jujur saya ngarep Indonesia punya sarana belajar online yang mudah diakses seperti Edx ini. Nantinya nggak ada lagi kan alasan untuk nggak punya waktu atau malas belajar.

Realcom, aplikasi belajar dan mengajar online 


Tapi syukurlah, keinginan saya agar Indonesia juga memiliki sarana belajar online yang dapat diakses melalui aplikasi kini dapat segera terwujud.

Adalah Bapak Risanda, yang memiliki pengalaman mengajar lebih dari 34 tahun, melihat jika di masa depan, belajar tidak lagi memerlukan kelas. Semua proses tersebut dapat dilakukan dari rumah guru dan murid, serta dapat diakses dari mana saja.

Karena itulah Beliau berinisiatif untuk membuat apliksi Realcom, aplikasi belajar mengajar dengan basis media sosial.

Artinya, selain dapat belajar dan juga mengajar, semua pengguna Realcom juga dapat berinteraksi satu sama lain, seperti mengunggah berita, foto, cerita keseharian dan inspirasi, dan video.

Realcom pertama kali luncurkan di Play Store pada bulan September 2016. Saat itu belum banyak fitur yang di dalamnya. Baru di akhir 2017, vitur video conference dapat digunakan di Realcom.

Mengawali tahun 2018, seiring dengan target Realcom untuk menjangkau lebih banyak pengguna di Indonesia, Realcom melakukan soft launching yang kedua. Kali ini Realcom semakin memperbaiki diri  agar dapat diunduh oleh para pengguna App Store.

Bapak Risanda menyebutkan, jika ke depan Aplikasi Realcom akan dilengkapi dengan otomasi data, sehingga pengguna tidak perlu keluar dari aplikasi jika ingin berbelanja, memesan tiket, atau melakukan aktivitas pembayaran lainnya.

Untuk kelengkapan fasilitas mengajar, ke depan Realcom juga akan melengkapi diri agar gurudan murid dapat bekerja dengan menggunakan aplikasi penulisan (word), data (spreadsheet), atau presentasi seperti power point.

Proses belajar-mengajar di Realcom


Dalam proses belajar-mengajar, Realcom hanya bertindak sebagai fasilitator. Realcom sama sekali tidak memungut biaya baik kepada murid ataupun guru yang menggunakan aplikasi Realcom. Malah Realcom akan membantu guru untuk mendapatkan tambahan penghasilan dari iklan yang (nanti) ditayangkan.

Proses belajar-mengajar di Realcom bersifat privat. Untuk mendaftar kelas, kita cukup memilih guru dan sesi yang hendak diikuti, kemudian mengkonsultasikan pendaftaran dan prosedurnya langsung kepada guru yang bersangkutan.

Kelebihan fitur Realcom lainnya


Seperti disebutkan diatas jika Realcom merupakan aplikasi belajar dan mengajar yang berbasis media sosial. Untuk itu demi kenyamanan pengguna, spam, hoax, fake news, hare speech atau politik praktis tidak diijinkan diunggah pada aplikasi ini.

Realcom ditujukan untuk komunikasi secara nyata, karena itu data dan identitas yang diunggah pun haruslah nyata. Dan meskipun aplikasi Realcom ini gratis, guru yang mengajar dikelas ini pun adalah guru yang kompeten dibidangnya masing-masing.

Realcom dibangun oleh orang Indonesia, yang sebagiannya adalah jamah Majelis Az-Zikra. Karena itulah moto yang diusung adalah "Dari Indonesia untuk Dunia".  Realcom mengajak siapa saja yang ingin berbagi ilmu dan mengembangkan ilmu untuk bergabung dan menggunakan Realcom.



You May Also Like

2 komentar

  1. syukurlah, keinginan kakak juga saya dan semua pembelajar segera terwujud. jadi realcom sefleksibel EDx.org ya kak :)

    ReplyDelete
  2. Pasca belajar/lulus pt, sdh kerja kecenderungan malas baca krn mungkin bukusdh tdk lg efektif krn banyak kegiatan pagi-sore. Malam sdh lelah bgt..
    Mungkin belajar/mengajar dgn on line/melalu gadget lebih efektif dan efisien

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.