One Day Training; Pelatihan Public Speaking di Communicasting Academy

by - 10/07/2017

pelatihan-public-speaking-di-communicasting-academy


Tanggal 30 September kemarin saya mendapat kesempatan untuk belajar bagaimana bicara di dean orang banyak, alias Public Speaking. Acaranya diadakan di Communicasting Academy, yang terletak di daerah Lebak Bulus.

Dari awal sudah keder duluan karena tempatnya yang jauh dari Bekasi, plus saya nggak bisa berangkat pagi-pagi. Karena Hana nggak mau saya tinggal terlalu pagi. So.akhire jam 7 baru bisa cabut, eh si AC 132 malah lama datengnya. Saking putus asanya, saya bilang ke temen-temen Blomil, kalau pengen balik kanan aja. Lebay! Iya, habis nggak enak kalau datang telat.

Tapi Alhamdullilah, meski tidak tepat waktu saya bisa datang tidak terlalu lambat. Saat saya datang, masih baru sesi perkenalan. Dan Alhamdulillah juga, trainingnya bener-bener bermanfaat untuk saya.

Cara dan tips agar kamu pede ngomong di depan publik aka, Public Speaking


Baca buku Public Speaking dan praktekkan! 😂😂😂

Beneran, itu saran dari pak Muchlis Anwar mentor training kemarin. Bahkan pak Muchlis sendiri juga tetep latihan, mempersiapkan diri agar lancar mengisi training tanggal 30 kemarin. Pak Muchlis bercerita, jika Beliau berlatih bicara untuk presentasi hari itu selama 9 kali.

Bayangkan coba, si Bapak yang udah puluhan tahun menjadi Public Speaking, Master Ceremony (MC), dan motivator pun, masih latihan sampai 9 kali sebelum hari H. Apa kabar kita yang, paling cuma beberapa hari, atau malah semalam nyiapin materi? Wajar jika saat bicara di depan publik, audien kita malah , ngobrol sendiri atau ... ngantuk he he he

Oya, untuk jadi pembicara handal tu, ternyata materi sebetulnya hanya beberapa persen dari kesuksesan presentasi. Selebihnya dalah bagaimana cara kita mempresentikan materi tersebut, hingga menarik perhatian dari audien.

Gaya bahasa, gerak tubuh (gesture), dan terutama intonasi,sangat mempenaruhi kesuksesan kita saat bicara di depan publik. Ketiga hal tersebut akan mempengaruhi antusiasme audien terhadap presentasi kita.

Disinilah pentingnya latihan. Latihan akan membuat kita tahu, intonasi seperti apa yang tepat untuk materi yang hendak kita sampaikan.

Latihan yang dimaksud pak Muchlis, tidak hanya menghafal materi lho, tapi bener-bener praktek bicara. Pak Muchlis sendiri menyarankan menggunakan teknik hitung angka. Coba simak video punya mbak Kiki Handayani ini ya...


Teknik diatas, sepertinya mudah, tapi kalau dipraktekkan ternyata susah lho. Saat praktek, tangan kami rata-rata sibuk bergerak kesana-kemari untuk menutupi kegugupan kami 😀. Intonasi kami pun masih belum jelas meski hanya melafal bilangan 1, 2, 3.

Betul kata pak Muchlis, practice will make you good, and better.

pelatihan-public-speaking-di-communicasting-academy
Habis materi langsung praktek. Deg-degan euy....


Oh iya, sebelum ganti ke post selanjutnya, saya mau bagi info ni, menurut pak Muchlis, training Public Speaking ini rencananya akan diadakan dua minggu sekali. Tentu saja masih dengan dukungan dari Communicasting Academy, lembaga pendidikan non formal, yang pertama kali mendapatkan kewenangan sertifikasi Public Speaking.

Jadi, kalau temen-temen juga pengen belajar, bisa hubungi pak Muchlis Anwar. Bisa melalui Facebook Fans Page atau Instagram Beliau

Facebook page: Muchlis Anwar
Instagram: muchlis.anwar1




You May Also Like

2 komentar

  1. Wah keren nih ilmunya Pak Muchlis Anwar..makasih sharingnya Mbak:)

    Saya waktu muda dulu (jiah..sekarang tua haha)..pas belum nikah, masih kerja, masih berani ngomong di depan forum. Kini, kok jadi minder sendiri..hihihi. Harus belajar dan berlatih lagi nih..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha, ayo beranikan diri lagi. Kayane ada tiap bulan kok mbak. Coba kunjungi saja fp pak muchlis

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.