Anda Seorang Guru? Maka Menulislah, seperti Yurmawita

by - 4/13/2017


Setiap masuk ke lingkungan baru, yang anggotanya bukan penulis, saya sering mencoba berusaha menumbuhkan budaya cinta menulis, utamanya nge-blog. Terlebih bila dalam komunitas tersebut ada yang berprofesi sebagai guru. 

Bukan karena untuk promosi diri, tapi karena saya sudah merasakan manfat dari aktivitas menulis dan nge-blog. Saya tidak sedang bicara manfaat secara finansial, tapi lebih dari itu, ada banyak hal yang bisa diperoleh dari aktivitas menulis dan ngeblog. 

Seperti kawan saya mbak Yurmawita Adismal. Beliau adalah seorang guru matematika di sebuah Madrasah yang saat ini sedang menempuh pendidikan S2-nya. 

Bermula dari hobi menulis naskah fiksi dan inspiratif, mbak Yurma mulai nge-blog di tahun 2010. 
Selain sebagai sarana aktualisasi diri, kemampuan ngeblog juga membantu saya membuat naskah-naskah online untuk murid-murid saya. Kebetulan hampir semua murid punya smartphone. Jadi dengan cara ini saya ingin mengajari bagaimana memanfaatkan smartphone dengan bijak. 

See, hanya dari aktivitas nge-blog, mba Yurma bisa menjangkau anak didiknya tidak hanya dari segi materi pelajaran, tapi juga moral, Dan belajar interaktif tentu sangat menyenangkan bagi anak-anak bukan. 

Nge-blog bagi mbak Yurma juga digunakan sebagai sarana berbagi pengetahuan. Jika Sahabat mampir ke blog-nya yurmawita.com, Sahabat akan menemukan artikel-artikel yang akan membantu Sahabat untuk lebih memahami matematika.

Bagi Sahabat yang berprofesi sebagai guru. post mbak Yurma tentang software pendukung mengajar, bisa dijadikan inspirasi.

Selain di blog yurmawita.com, mbak Yurma juga membagi pengetahuannya melalui blog karyagurupemula.blogspot.com Di blog inilah mbak Yurma biasanya mengunggah bahan ajar serta beberapa materi pelajaran. 

Dari aktivitas menulis yang dilakukan mbak Yurma inilah kita bisa melihat, ketika seorang guru bersedia untuk menulis, maka ada banyak manfat yang bisa ia bagi dengan sesama. Ide-ide mengajarkan pun akan mengalir dari pelbagai sisi. 

Oya, tentu Sahabat sudah pernah mendengar jika seseorang bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari aktivitas menulis dan nge-blog. Begitu juga dengan mbak Yurma. 

Di tahun 2015, mbakYurma mulai serius merawat blog-nya untuk dapat menghasilkan rupiah alias monetisasi. Ini dapat dilihat dari tulisan mbak Yurma yang semakin banyak di blog-nya. Oya, sudah tahukah sahabat tentu tahu jika untuk memonetasi blog butuh syarat tertentu? Dan update artikel adalah salah satu cara untuk memenuhi persyaratan tersebut.

Semakin jelas bukan, ketika seorang guru bersedia untuk menulis atau nge-blog, ada begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh; baik itu secara finansial maupun tidak.
Anda juga seorang guru? Maka menulislah, seperti Yurmawita. 😊

Yurmawita Media Social Account
Facebook: yurmawitaadismal
Twitter: @yurmawita
Instagram: @yurmawita

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.