Teh Jahe, Minuman Hangat yang Kaya Manfaat

by - 1/01/2017



Halo... apa kabar? Selamat tahun baru ...

Masih ngantuk ya, karena begadang semalam? 😊

Biar badan kembali seger, gimana kalau minum yang hangat-hangat dulu? Secangkir teh jahe mungkin?

Teh jahe, selain mudah disiapkan, juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan aneka penyakit. Biasanya kalau badan saya sudah mulai terasa ngrentek, bawaannya pengen tidur, atau lagi sering lembur, selain minum multivitamin, saya juga minum teh jahe.

Jahe kaya akan vitamin C, magnesium dan juga mineral. Wajar jika bahan makanan ini  sering direkomendasikan sebagai jenis bahan makanan atau minuman yang kaya manfaat. Jahe bisa untuk mencegah peradangan, penyakit yang disebabkan oleh virus, dan bakteri.

Dalam pengobatan tradisional jahe banyak digunakan untuk memperbaiki dan meningkatkan sistem pencernaan, menghilangkan rasa sakit, melawan penyakit jantung, asma, dan aneka jenia penyakit lainnya.

Dan khasiat ini sama sekali tidak hilang saat dicampurkan ke dalam jenis makanan atau minuman lainnya, termasuk teh jahe. 

Oya, tahukah Sahabat, kalo teh jahe punya banyak variasi? Diantaranya dicampur dengan susu, air jeruk lemon, madu, atau kayu manis.

Teh jahe pun bisa disiapkan dengan pelbagai cara, baik dari jahe segar ataupun dari jahe bubuk.

Untuk membuat teh jahe dengan jahe segar, setelah jahe dicuci bersih, kupas, dan iris tipis-tipis. Masukkan ke seduhan teh kurleb 250 ml. Tutup dan biarkan 10 menit. Tambahkan gula atau madu jika tidak terlalu suka bahu jahenya.

Ibu saya malah punya cara sendiri. Setelah dicuci, jahe dibakar. Setelah dingin, kupas, dan masukkan dalam seduhan teh. Bau jahe biasanya lebih keluar kalau dibakar terlebih dahulu. Cobain deh!

Kalau dengan jahe bubuk, bisa gunakan 1sdt jahe bubuk per 250ml. Benernya sesuai selera, tapi kalo buat saya, takaran paling pas itu 1sdt. 

Beberapa manfaat dari teh jahe adalah:


  • Jahe sebagai pereda rasa sakit, menyegarkan otot yang lelah, flu, demam dan sakit kepala
  • Rasa hangat yang ditimbulkan dapat menungkatkan sirkulasi, oksigen, vitamin, dan mineral
  • Teh jahe juga bisa menjadi obat untuk melawan virus yang penyebab influenza, demam yang disebabkan karena adanya luka yang terbuka atau demam biasa
  • Jahe termasuk antioksidan, jadi bisa untuk melawan infeksi atau meningkatkan sistem imun tubuh
  • Jahe juga berkhasiat untuk menurunka resiko penyakit stroke
Nah, banyak kan manfaatnya? Selamat mencoba ya...

You May Also Like

7 komentar

  1. Wow, emang bener Mbak, kalo batuk flu, suamiku suka dengan teh jahe ini. Manjur banget bikin hangat badan sisan :)

    ReplyDelete
  2. Kalau saya biasanya kalau pegel pegel suka minum wedang jahe tapi nggak pakai teh perlu dicoba nih

    ReplyDelete
  3. Kalau pas cuaca dingin minum teh jahe, rasanya hangat dan nyaman. :)

    ReplyDelete
  4. Paling ampuh untuk meredakan flu. :) nak dinikmati waktu malam. ^_^

    ReplyDelete
  5. Aku lebih suka wedang jahe doang sih. Nggak terlalu suka teh. :p

    ReplyDelete
  6. teh jahe ini juga katanya bisa sebagai obat batuk, dan kebetulan saya sedang batuk, jadi minum teh jahe ini bisa menjadi minuman hangat saya :)

    ReplyDelete
  7. Kemarin, pulang dari liburan, bikin wedang jahe... badan langsung mendingan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.