7 Destinasi Wisata Terbaik di Wilayah Indonesia Timur


Tanpa terasa, akhir tahun sudah menjelang. Selain di hari raya lebaran, akhir tahun biasanya juga menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga atau liburan. Melepaskan penat sejenak, setelah rutinitas padat sepanjang tahun.

Bagi teman-teman yang ingin menghabiskan akhir tahun dengan mengunjungi tempat-tempat wisata, berikut ini ada 7 destinasi wisata terbaik si wilayah Indonesia timur.

Sebagian besar destinasi wisata yang banyak dibahas dan populer berada di wilayah Tengah dan Barat Indonesia, seperti di Nusa Tenggara, Bali, dan Jawa. Namun sebenarnya, Indonesia yang kaya akan budaya dan keindahan alam memiliki banyak destinasi wisata menarik di belahan Timur. Pulau-pulau Papua, Sulawesi, Ambon maupun di Nusa Tenggara Timur, banyak menawarkan keindahan yang itdak kalah dengan tempat-tempat wisata lainnya.

Belakangan ini, penerbangan dari Jawa ke wilayah timur Indonesia semakin banyak. Salah satu maskapai yang melayani rute ke wilayah timur Indonesia adalah Sriwijaya Air. Tiket Sriwijaya tergolong murah karena maskapai ini menawarkan penerbangan kelas ekonomi.



Tiket Sriwijaya termurah bisa Sahabat lihat dan dapatkan melalui website atau aplikasi online travel agent.

Jadi bila Sahabat tertarik untuk berlibur ke wilayah timur Indonesia, ada beberapa destinasi wisata terkenal yang dianggap sebagai tempat wisata terbaik. Diantaranya adalah:

1. Taman Nasional Komodo


Saat ini jumlah maskapai penerbangan yang melayani rute dari Jawa menuju Nusa Tenggara Timur khususnya ke Labuan Bajo semakin meningkat. Sehingga, Taman Nasional Komodo yang masuk ke dalam daftar 1 dari 7 situs warisan dunia versi UNESCO tersebut semakin mudah untuk dikunjungi.

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan lengkap dengan pantai dan pemandangan bawah laut yang mempesona.

2. Pantai Pink di Pulau Komodo


Pantai Pink, kombinasi warnanya cantik, ya?

Masih di Pulau Komodo, Pantai Pink adalah tempat wisata yang populer di Indonesia, terutama karena warna pantainya yang berbeda (berwarna pink) dibandingkan dengan pantai-pantai yang rata-rata memiliki pasir berwarna putih atau hitam.

3. Taman Laut Takabonerate


Beralih ke Sulawesi, Taman Laut Takabonerate adalah objek wisata menarik yang ada di Kepulauan Selayar Sulawesi, yang dianggap sebagai salah satu tujuan wisata diving paling menarik.

Taman Laut Takabonerate

Di tempat tersebut tidak hanya kegiatan diving yang populer dilakukan oleh wisatawan, melainkan juga snorkelling.

Panorama bawah laut yang indah dan menarik lengkap dengan ikan-ikan yang cantik dan aneka hewan laut lainnya seperti penyu, membuat Taman Laut Takabonerate begitu mengagumkan.

4. Taman Laut Bunaken


Masih di Sulawesi, Taman Laut Bunaken adalah daya tarik wisata yang sulit ditolak oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan taman laut ini terletak pada banyaknya spesies koral dan berbagai jenis ikan yang ada di tempat tersebut. Beberapa ikan yang ada di sana adalah, ikan hiu, ikan pari, ikan mandarin, dan berbagai hewan laut lainnya seperti kura-kura, kuda laut, hingga ikan dugong atau ikan duyung.

Taman Laut Bunaken

Di Taman Laut Bunaken ada setidaknya 20 spots penyelaman yang menawarkan pemandangan menarik dan indah.

5. Taman Laut Wakatobi


Destinasi wisata terbaik lainnya di wilayah timur Indonesia adalah Taman Laut Wakatobi yang berada di Sulawesi Tenggara.

Taman Laut Wakatobi

Sulawesi memang banyak menawarkan tempat-tempat menyelam dengan pemandangan spektakuler di bawah laut seperti destinasi menyelam yaitu Taman Laut Takabonerate dan Taman Laut Bunaken yang telah lebih dahulu dibahas sebelumnya.

Seperti taman laut yang lainnya, Taman Laut Wakatobi juga menawarkan pemandangan berupa koral dan biota laut yang mempesona. Di taman laut ini setidaknya ada 750 spesies koral.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Taman Laut Wakatobi adalah pada bulan April-November.

6. Raja Ampat


Kepulauan Raja Ampat adalah salah satu destinasi wisata termahal di Indonesia. Walau dikenal mahal, namun hal itu sepadan dengan apa yang ditawarkan. Di Kepulauan Raja Ampat, selain panorama alam yang eksotis, ada banyak pantai-pantai indah serta taman laut yang mempesona.

Kepulauan Raja Ampat

Taman laut yang ada di Raja Ampat merupakan taman laut terbesar di Indonesia yang memiliki sekitar 537 spesies koral yang dihiasi lebih dari 1000 spesies ikan karang serta 700 jenis mollusca.

7. Taman Nasional Teluk Cendrawasih


Di Papua, Taman Nasional Teluk Cendrawasih adalah destinasi wisata terkenal lainnya selain Raja Ampat. Luas taman nasional ini mencapai 1.453.500 hektar.

Taman Nasional Cendrawasih

Di sana terdapat lebih dari 209 jenis ikan dan 196 jenis moluska serta hewan laut yang lainnya seperti hiu, lumba-lumba, penyu hingga kura-kura.

Tips berwisata ke wilayah timur Indonesia


Jika berlibur ke wilayah timur Indonesia, ada baiknya Sahabat memperhatikan beberapa hal berikut ini agar perjalanan wisata Sahabat tetap nyaman dan menyenangkan.

Yang pertama, sebisa mungkin datanglah bersama rombongan, karena biasanya dengan bersama-sama biaya transportasi dan akomodasi pada saat berwisata akan menjadi jauh lebih murah.

Jika berasal dari Jawa atau wilayah barat Indonesia, sebaiknya Sahabat mencari tiket promo untuk pesawat. Mengingat harga tiket sudah pasti jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga tiket ke beberapa destinasi wisata seperti Lombok atau Bali.

Karena wilayah timur Indonesia sebagian besar dan destinasi wisatanya berada di tempat-tempat terpencil, ada baiknya Sahabat mempersiapkan pakaian dan peralatan yang cocok untuk berpetualang seperti sepatu gunung, pakaian tertutup, dan jangan lupa membawa lotion anti nyamuk serta obat-obatan seperti: obat demam, alergi, obat anti mabuk, tabir surya hingga obat diare.

Gimana, sudah menentukan destinasi wisata yang tepat? Ayo, kita kunjungi dulu daerah-daerah wisata dalam negeri, sebelum berpetualang sampai ke ujung dunia. Mumpung ada banyak tawaran tiket promo kan?

CONVERSATION

10 komentar:

  1. raja ampat sama taman nasional teluk cendrawasih saya mau . . . tapi numpang aja ya uang bekal belum cukup. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, ayo, bikin afirmasi, pasti bisa kesana he he he

      Delete
  2. Pengeeen banget ke Bunaken sama Raja Ampat..huhuhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha ha aku malah pengen semuanya mbak. Semoga bisa backpackeran kesana ma Hana, One day, I hope.

      Delete
  3. Aku nggak bisa berenang apalagi menyelam. Secara anak gunung haha. Tapi aku ngiler banget baca artikel di atas, pingin hiksss, bagus2 ya Mbak :)
    Oh ya, temanggung sering ngadain acara bareng dengan penarawa Mbak. Kemarin yang baca puisi Mbak Nelly, Pak Roso Sarkoro. Yang kukenal itu sih Mbak. Aku pulang gasik sebelum acara rampung. Ada banyak wajah yang kukenal, tapi aku nggak tahu namanya, soalnya kmr Mbak Dini nggak ikut. Kalo dari penarawa sendiri yg juga wong Temanggung Mbak Dini Rahmawati, dulu asli Ambarawa juga dapat suami orang Temanggung. Dia aktif berpuisi juga. Yuk, kapan2 ikut kopdaran :)
    Mbak, kalo rumahna belakang Kawedanan, lha tetangganya Pak Warno ya? Tahu Yudi/Peang? Pak Waro Mantri kesehatan, istrinya bkkbn kalo nggak salah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho, kan nggak harus berenang, nikamti aja keindahan alamnya.

      Waduh, kedua nama itu aku nggak kenal je mbak. Eh, ntar kita lanjut ngobrol di fb ya...

      Delete
  4. Kalau ke timur emang paling bener deh berburu pemandangan alam eksotisnya, terutama pantai dengan pasir putih~~~

    ReplyDelete
  5. pengen sekali menjelajahi satu-persatu.. namun bagaimanapun tetap harus memikirkan dananaya.. he.he... yang pasti saya kepingin ke raja ampat yang sudah terkenal itu

    ReplyDelete
  6. eh kak beneran itu ada pantai pink? pengen banget dah ke pantai pink, lalu ke wakatobi, dilanjutkan ke teluk cendrawasih, lalu ke pulau komod0 ah semuanya aja dah mau,,, indah indah yah kak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon maaf untuk tidak meninggalkan link hidup.