Dua Versi Moonlovers Scarlet Ryeo

by - 9/29/2016

Moon Lovers Ep 8, mula awal kedekatan Hae Soo dan Pangeran Wang So

Ada yang sudah nonton moon lovers ep 8? Kalau yang sudah nonton versi raw, pasti merasa ada yang berbeda dengan versi yang telah diterjemahkan. Awalnya saya juga nggak ngeh, tapi setelah baca komen dari penonton drama ini, jadi ngerti deh kalau ada yang berbeda antara episode Raw dan episode yang telah di terjemahkan ke dalam bahasa inggris.



Di episode 8 Wa Soo terpilih untuk memimpin ritual memanggil hujan, menggantikan raja yang telah kelelahan. Sayangnya, penduduk tidak setuju, bahkan melempari pangeran Waa Soo dengan kotoran dan tanah.

Wa Soo yang meskipun mampu membunuh banyak orang, dan terlihat tegar dengan semua tantangan, ternyata memang tidak bisa berbuat apa-apa, bila berkaitan dengan luka yang dimiliki pada wajahnya.




Wa Soo akhirnya melarikan diri karena tidak tahan dengan pandangan sinis yang orang-orang berikan padanya. Terlebih, karena Hae Soo malah takut-takut memandang, dan seolah tidak ingin melihat dirinya.



Merasa gagal, doi menyendiri di danau. Tapi bukan Hae Soo namanya kalo diem aja. Hae Soo ngejar dan mencoba menghibur Wa Soo. Ia berkata bahwa semua orang hanya mencoba bertahan hidup, dan mereka akan segera melupakan kejadian yang terjadi pada So.

So yang kesal dengan ocehan Hae Soo malah bertanya, "Apa kamu pernah berpikir, mengapa kita dilahirkan ke dunia?"

"Ya, aku pernah memikirnya. Tapi jawabannya tidak ada. Yang harus aku lakukan adalah bertahan. Akulah yang menentukan takdirku."



Malamnya, Hae Soo terbayang pertanyaan Wa Soo, kenapa kita dilahirkan ke dunia, kalo akhirnya harus menderita dan seolah nggak punya pilihan.



Saat membayangkan Wa Soo itulah, Hae Soo ingat kalau di jaman modern ia sering menutupi luka di tangannya dengan kosmetik (BB cream atau CC cream kali ya, he he he). Ia tahu bahwa yang menjadi masalah bagi Wa Soo adalah luka diwajahnya. Merasa tidak bisa diam saja melihat kesusahan Wa Soo, Hae Soo akhirnya mencoba menutupi luka Wa Soo dengan make up seperti yang biasa ia lakukan di jaman modern (andai bisa sms dan tanya apa bahan pembuat cream-nya ya?)

Nah, di bagian inilah, terlihat jelas perbedaan episode 8 pada Scarlet Ryeo ini.

Jadi setelah di make-up, Wa Soo menyatakan rasa sukanya pada Hae Soo. Ia bilang ia sudah memutuskan Hae Soo akan menjadi miliknya. Dan meminta Hae Soo untuk "menyiapkan hatinya". Aigoo, si abang mah pede banget ya...Bagian Wa Soo yang menyatakan perasaannya inilah yang ternyata hilang di episode non-Raw.



Banyak yang protes si, tapi kabarnya si, karena masalah hak privasi, jadi versi subbednya nggak bisa di upload dalam full version.

Kenapa Moonlovers Scarlet Horyeo harus selalu muncul dengan dua versi?


Awalnya, saya pikir dua versi hanya mucul di episode 8, tapi episode 9 pun ternyata sama. Salah satunya adalah adegan terakhir dimana Hae Soo meminta Wa Soo untuk menjauh darinya.

Di episode Raw, Hae Soo terlihat tidak menolak saat Wa Soo menciumnya. Tapi diepisode Sub, Hae Soo jelas-jelas terlihat menolak dan berusaha melepaskan diri. Preview episode 10 pun sudah terpotong. Versi raw sempat ada preview Wa Soo yang muntah darah, sementara di versi, tidak ada sama sekali.

Belakangan baru saya tahu, bahwa versi drama yang tayang dalam negeri Korea, emang berbeda dengan versi yang tayang Internasional. Alasannya? Nggak tahu deh. Sampai sekarang masih banyak yang bertanya-tanya. Cuma ada satu jawaban, masalah copy right he he he.

Yo wis lah, yang penting kita bisa nikmati semua kan? Toh bedanya nggak banyak banget, sekitar 01.20 menit. Sayangnya, kadang scene yang dipotong malah scene yang menarik, makanya suka banyak yang baper.

Kalau kamu gimana, biasa nonton yang versi Raw atau versi Sub-nya?


You May Also Like

9 komentar

  1. Sepertinya ini cocok nih mbak untuk ditonton dengan pasangan biar nambah romantis gituh siapa tahu nular romantisnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sungguh? Tahan nonton drama korea? Wah istri pasti seneng deh di temenin nonton.

      Delete
  2. Eh udah eps 11 lho.. tambah penasaran hahah... Keren banget ih nulis drakor sampe detail kayak gini. Sayangnya saya nonton yang pake sub indo aja, yang Inggris enggak, gak begitu ngerti soalnya hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo...recap-nya ada di blog lain. Masih privat si, soale blm rapi he he he.
      Aku ga sabar nunggu sub indo mbak inuel...jadi yo gitu dapatnya yg inggris atau malah nggak ada sub sama sekali ha ha ha. Keburu bapaer mah kalau nunggu sub indo....

      Delete
  3. sejak nonton train to bushan jadi ketagihan sama k drama,moonlovers donlot dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya biasanya nonton di HDfree.se ; link download disana komplit, hendak yang raw atau sub pun ada.

      Delete
  4. Istri saya perlu dikasih tahu nih soalanya suka banget nonton dram korea kalau saya sih mending pantengin kompi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya dua-duanya Pak Dwi ha ha ha. Nontonnya juga saya jadikan blog post, jadi nggak sia-sia. trafik ginian lumayan rame lho.

      Kenalin istrinya sama saya dong Pak, biar bisa ngrumpi drakor bareng ha ha ha

      Delete
  5. Eaaaa drakor, aslinya aku bukan penggemar drakor mba. Kemarin tu pas lagi kena racun spoiler instagram, eh pas diliat endingnya gk asik. Doyannya cmn Jo In Sung doang aku, itupun blm semua serialnya kutonton wkwk

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.