Belajar Matematika dengan IXL Math

by - 8/07/2016

Belajar matematika lebih menyenangkan dengan IXL Math
Pernah dengan tentang IXL Math? Saya pernah menyinggungnya sepintas pada post permainan untuk belajar matematika ala Hana.

Disana saya sempat menuliskan mungkin ide permainan tersebut Hana peroleh karena terbiasa bermain logika matematika di IXL Math.

Kenapa belajar matematika dengan IXL Math

Disclamer dulu lah ya ....

Sebetulnya, saya tidak begitu kompeten untuk menuliskan hal ini. Saya bukan guru matematika yang bisa menilai apakah logika matematika seseorang bisa berkembang setelah mempelajari IXL Math.
Apa yang saya tulis dibawah ini semata pengalaman saya saat membantu Hana belajar matematika dasar.

Jadi ceritanya, pas pulang kampung tahun yang lalu, Hana di tes sama saudara sepupunya tentang perhitungan matematika dengan cepat. Si sepupu ni, umur sebaya, kelas ... bisa dibilang selevel lah. Dia di TK besar, Hana di level 3 akhir.

Dalam perhitungan ternyata Hana kalah cepat. Lalu Yayi, dengan maksud apa pun itu, merasa bahwa TK masih lebih unggul dibanding tempat bimbingan membaca tempat Hana menempuh pendidikan pra-sekolah. Saya sebagai ibu mulai panas dong.

Whattt???!!!


via GIPHY


Iya, saya tahu kalau sekolah itu tidak tentang unggul-unggulan, tidak tentang siapa yang bisa menghitung lebih cepat, juga tidak tentang anak harus sekolah di TK. Tapi lebih tentang bagaimana anak bisa berkembang sesuai bakat dan minatnya. But .... I'm only human you know, I made mistake some times. Okay, back to topic.

Curhatlah saya sama teman yang memang paham tentang matematika. Saya pengen masukin Hana ke tempat kursus yang kabarnya bisa membantu anak untuk belajar bahasa inggris dan matematika.

Tapi, saya malah dilarang. Menurutnya, apa yang anak-anak butuhkan bukanlah cara menghitung cepat. karena anak-anak yang bisa menghitung cepat tanpa paham dasarnya, biasanya akan kesulitan saat mengaplikasikan hitungan tersebut; terlebih dalam soal matematika.

Carilah tempat kursus matematika yang bisa membantunya memahami logika dasar matematika.
Nah, saat itulah kebetulan saya kenalan dengan mbak Mira dari Rumah Inspirasi, dari Beliaulah saya tahu dengan salah satu sarana belajar matematika ini.

Saya memilih IXL Math karena dua pertimbangan. Hana ini anak logis-matematis, dan dia juga audio-deskriptif. Belajar apa pun akan lebih mudah baginya, jika ia terlibat langsung, dan mendengar langsung, dan mencoba. Karena bentuknya game interaktif, makanya saya pikir cara belajar matematika ini akan tepat untuknya.

Pertimbangan kedua, adalah penggunaan bahasa inggris. Saya berharap ia terbiasa mendengar ucapan-ucapan dalam bahasa inggris yang benar. Ya, paling tidak dasarnya sajalah, seperti posisi (inside-outside, above-under, beside-behind, dsb)

Apa isi IXL Math


Bagi yang belum mengeksplorasi IXL dan mencoba meberikannya pada anak-anak, mungkin akan bilang bahwa IXL itu sangat berat untuk anak-anak. Bagaimana tidak, di kelas Pre-school dan Kindergarten saja, hana sudah belajar bilangan melompat (perkalian), garis bilangan, memperkirakan jumlah yang mendekati, pecahan, hingga diagram venn.

Contoh soal logika dilevel akhir kindergarten

Tapi, semua menjadi mudah, karena topik yang disajikan dengan sangat sederhana. Misalkan salah satu topik di Pre-school tentang mengurutkan pola, sederhana, tapi membantu anak memahami logika. Atau topik probabilitas untuk level kindergarten diatas. Simple banget kan?

Pelajaran pola urutan pada Pre-school
Kadang saat tidak tahu bagaimana menjelaskan topik tertentu pada Hana; saya sengaja menjawab salah pada soal yang muncul. Misalkan tentang pola urutan di atas. Saat klik salah, maka akan muncul penjelasan seperti ini.

Jawaban yang salah akan mendapat penjelasan cara untuk menyelesaikannya

Dengan cara ini saya akan mendapat penjelasan lebih jauh tentang topik tersebut sekaligus bagaimana langkah-langkah untuk mengerjakannya.

Ciyus deh, ini juga ada di level kindergarten

Apakah Hana bisa mengikuti? Tentu saja, "Menyenangkan," begitu katanya. Bisa main game, sekaligus belajar. Alhamdulillah, bagi saya, meski baru level kindergarten dan itupun belum selesai, saya sudah tidak kawatir lagi dengan matematika Hana. Harapan saya si, dia mau terus lanjut sampai level high school dan sukur-sukur mau ambil science-nya juga.

Berapa harga IXL Math

Untuk trial, IXL memang diberikan gratis. Tapi kita hanya diberi 3 kali kesempata, dan setiap kesempatan hanya berisi 3-5 soal.

Untuk dapat menggunakan IXL Math sepenuhnya, kita wajib mendaftar sebagai member. Harga keanggotaanya $79/ tahun dan paid by CC. Saya pribadi tidak daftar langsung, tapi melalui Rumah Inspirasi. Dulu daftar member sekitar Rp350.000 selama satu tahun. Sayangnya, kursi IXL Math di Rumah Inspirasi biasanya terbatas. Jadi ya, harus mau masuk waiting list kalau pengen nyoba.

Gimana, cukup kan penjelasan cara belajar matematika dengan IXL Math? Kalau masih belum, feel free to ask on the comment coloum, okay? See you.

You May Also Like

10 komentar

  1. Replies
    1. Coba mampir ke situsnya, mbak. Siapa tahu cocok untuk dedek di rumah

      Delete
  2. Semacam kursus ya mba? Apa aplikasi ini? Bangus banget untuk anak anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya si, situs untuk belajar online mbak. Iya, memang bagus kalau menurut saya. Cuma ya, harus telaten mendampingi

      Delete
  3. Aih, suka sekali dengan pertanyaan sejenis yang menebak bentuk (+, segitiga) atau bisa juga angka selanjutnya, seperti soal TPA, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain aja, siapa tahu cocok untuk si kecil atau ponakan

      Delete
  4. Yang model soal "shape" itu seperti pelajaran tematik kelas satu, juga seperti itu

    ReplyDelete
  5. keuntungan apa jika kita bergelut dengan ixl
    saya sedikit bingung kalau berbayar
    apakah nanti mendatangkan keuntungan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau keuntungan dalam bentuk uang tentu saja tidak, Pak. Hanya saja, dengan menjadi member berbayar, anak-anak kita memiliki akses ratusan soal sesuai dengan jenjang/ tingkat pendidikannya.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.