Belajar Artikel SEO bersama Isah Kambali

by - 8/25/2016



Akhir Juli lalu, mbak Gina, salah seorang kawan di grup Blogger Mungil, woro-woro bila ada kelas artikel SEO yang dibuka.

Wah, pas banget ni, pikir saya. Secara memang sedang penasaran, gimana memaksimalkan trik SEO untuk Blogger. Selama ini pahamnya hanya trik SEO yang digunakan di WordPress. Cuss... deh, daftar.

Tangal 1 Agustus, kelas pun mulai, barengan dengan kelas Inggris juga Reparasi Bisnis. (Now I relized that I 've put my self into trouble).

Mengawali kelas dengan searching competitor, bikin blog baru, dan akhirnya, analisa kata kunci dengan Google Adwords Keyword Planner.

Saat awal diminta mencari kompetitor, saya sudah mulai merasa sepertinya saya salah masuk kamar. Ini bukan kelas SEO yang saya harapkan. Sepertinya ini adalah kelas untuk konten SEO marketing.

Dan benar dugaan saya, karena ketika pada akhirnya kami membuat PR, it's all about content marketing, bukan bagaimana nguplek blogger untuk mendukung optimalisasi artikel SEO.

Terlebih saat melihat daftar peserta yang rata-rata pelaku bisnis yang ingin menggunakan konten untuk mengekspansi bisnis mereka.

Wah, rupanya saya kurang detil bertanya sama mbak Gina ni. Nyesel? Nggak lah...

Bagaimanapun, saya akhirnya tahu bahwa basic SEO ini sebetulnya juga bisa dimanfaatkan oleh Blogger. Bukankah, setiap blogger pasti ingin masuk di halaman pertama Google atau mesin pencari bukan?

Saya juga punya alasan lain kenapa memilih untuk stay tuned dikelas online ini.

Kebetulan saya sedang merintis usaha jasa kepenulisan konten, dan apa yang saya pelajari di kelas SEO ini, justru menjadi realisasi dari kelas Reparasi Bisnis yang sedang saya ikuti. Yo, wis di tengah jalan, ketika PR untuk hard selling dimulai, saya pun mulai membangun blog untuk jasa konten.

Mulai lagi dari analisa kompetirot, membuat blog, mencari kata kunci, hingga jadilah, smartcontent.wordpress.com. 

Serunya belajar artikel SEO

Jujur, saya memang sudah kenalan dengan Google adwords, bagaimana memanfaatkannya, Insya Allah saya pun bisa. Dan dengan masuk di kelas ini, saya semakin lebih paham bagaimana mengoptimalkan Adwords untuk mendukung konten yang harus ditulis.

Karena kelas online, kadang kami berdiskusi di luar jam pelajaran. Bahkan karena mulai penasaran dengan segala pernik-pernik blogging, kami akhirnya malah ngobrol yang OOT. Dan ujung-ujungnya... pusing!

Untunglah, meski bu gurunya rada streng, tapi karena paham kami semua ini pemula, ya... lebih banyak dimaafkannya daripada dihukumnya. Sejauh ini si, cuma suruh nambah satu artikel lagi he he he.

Materi yang diberikan kebanyakan berupa voice, karena itu saya selalu siap-siap buku dan pulpen setiap kali kelas mulai. Tapi nggak berarti nggak ada print out materi lho, kami semua dapat e-book bagaimana memanfaatkan Google Keyword Planner untuk memaksimalkan bisnis yang sedang dijalani.

Begitulah, salah satu kelas yang saya ikuti bareng mbak Isah Kambali dari melekinternet.com. Dan gara-gara kelas ini pula, saya kok jadi tergoda untuk mendalami internet marketing, ya ... Hmm...maybe it is nice to try some day.

You May Also Like

4 komentar

  1. Terimakasih sharing ilmunya mbak, kapan-kapan sharing SEO lagi ya, biar tambah ilmunya lagi, hehe

    ReplyDelete
  2. Kalo udah ada ilmunya tinggal kita mau apa nggak...ayuk semangat mbak...tak bantu doa dari sini...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.