Ketika THR Hanya Bisa untuk Dana Darurat

by - 7/14/2016

Nasib THR-ku yang malang (pic. source: 4arainadeiva.wikispaces.com )


Tanggal 14 Juli, pertengahan bulan plus habis lebaran

Apa hubungan pertengahan bulan dan habis lebaran? Jelas ada ... Apalagi kalo nggak masalah dompet yang mulai meriang he he he.

Harusnya ni, harusnya kalau habis lebaran itu sesekali dompet boleh berlega hati. Pasalnya, di bulan berjalan kan kita baru aja dapat tambahan, thr-an kata orang. Tapi apa daya, THR kadang memang nggak cukup buat lebaran, bahkan sisa gaji yang rencananya sampai akhir bulan pun bisa-bisa malah melayang.

Makanya, dulu paling sebel kalo lebaran ada di minggu-minggu awal. Jantung sudah pasti deg-degan karena ngalamat bakal hutang untuk biaya hidup sampai akhir bulan.

Dulu mah, mana ngerti ngatur-ngatur keuangan gitu, Tahunya, kalau habis gajian itu sisihkan sebagian. Karena hanya disisihkan, makanya jumlahnya pun jangan diharapkan. Hasilnya, pas lebaran, ya pasti melayang.

Syukur deh, makin tua makin ngerti; kalau masalah uang memang kita nggak bisa hanya diurus selayang pandang. Musti dicermati, dan teliti. Termasuk urusan THR kali ini.

Berbeda dengan bulan-bulan kemarin, THR saya kali ini nyaris utuh lho. Pasalnya para ABG yang biasanya dapat jatah lebaran, malah sekarang gantian jadi tukang bagi-bagi saweran. Plus secara silsilah, Hana sekarang menjadi makhluk terkecil di keluarga besar. Jadi ya, sudah, selamat deh THR tersayang.

Cuma ni, cuma ...

Lebaran ini saya dapat hadiah besar, salah satu gawean konten saya diberhentikan. Sementara saya belum punya cadangan kerjaan. Jadinya, THR dari suami kali ini tidak berani saya otak-atik, langsung wuss ... masuk ke dana darurat.

Alhamdulillahnya, jatah untuk pulkam memang sudah saya sediakan. Bagi saya jatah untuk pulkam harus selalu tersedia; sekedar jaga-jaga, jika sewaktu-waktu ada kejadian tak terduga di kampung halaman. Seperti tahun ini, yang semula tidak ada rencana mudik, tapi tiba-tiba ibu manggil pulang.

Karena itulah, ketika kemudian kabar bahwa kerjaan tak lagi diperpanjang, saya langsung bisa alokasikan THR untuk dana cadangan sampai saya dapat job berikutnya. Pengennya si berbangga gitu, jatah THR saya utuh, tapi apa daya, cerita THR utuhnya harus sambil nyengir kuda.

Gitu, tu, nasib THR saya kali ini. Gimana denganmu, dialokasikan kemana aja THR-nya?

You May Also Like

2 komentar

  1. Dana darurat dalam keuangan rumah tangga memang sangat dibutuhkan sekali mba.

    ReplyDelete
  2. Nah untuk mencegah dompet meriang pasca lebaran, sebaiknya kita atur pos pos aman dulu sebelum menggunakan uang THR :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.