Yuk, Belajar Kimia dari Rahmah Chemist!

by - 6/05/2016



Ada satu fenomena umum di dunia pendidikan, bahwa belajar ilmu pasti, seperti matematika, fisika, apalagi kimia adalah hal yang sulit. Sangat wajar, bila kemudian banyak yang mencari trik-trik untuk belajar ilmu pasti dengan mudah.

Dulu saya juga termasuk dalam kelompok itu, Terus terang, ilmu pasti, selain matematik, bukanlah topik yang saya suka. Apa daya, sekolah di teknologi pertanian, memaksa saya harus mempelajari kedua bidang studi tersebut. 

Mau tak mau, saya pun mencari trik bagaimana belajar kimia dan fisika dengan mudah. Dan salah satu trik yang saya pakai adalah dengan mencari referensi dari sumber lain. Bukan rahasia bukan bila satu topik bisa dijelaskan dengan banyak gaya, atau cara. Bisa saja model A susah dimengerti, tapi model B ternyata lebih mudah dipahami. 

Seperti penjelasan tentang analisa reduksi - oksidasi yang ditulis oleh mbak Rahmah Chemist dalam blog Al Chemist of Rahmah. Jujur, dulu jangankan paham prosesnya, menjawab korosi itu contoh oksidasi atau reduksi saja saya sudah bingung. Tapi ketika membaca ulasan mbak Rahmah, sekilas melihat infografisnya saya sudah langsung ingat perbedaan kedua reaksi tersebut.

Pic. source: Al-Chemist of Rahmah
Begitu juga saat membaca tentang analisa Karbohidrat, dulu boro-boro hapal jenis zat kimia yang digunakan untuk analisa, hapal jenis analisanya saja susah ... banget! Saya masih ingat bahasan analisa karbohidrat ini bisa sampai berlembar-lembar dalam modul. Eh, mbak Rahmah bisa membuat lebih simpel hanya dalam satu post saja. 

Seandainya bahasan kimia di buat dalam post blog mungkin lebih enak kali ya; seperti membaca catatan teman. Tidak akan keder duluan melihat tebalnya modul, atau puluhan zat kimia yang harus di hapal di luar kepala. 

Untuk yang belum mengenal mbak Rahmah, Beliau adalah lulusan Magister Kimia di Universitas Hasanudin. Beliau juga sempat mengajar di Universitas Palangkaraya. Itulah mengapa, ada beberapa post blog Beliau yang ditujukan untuk para mahasiswa asuhannya (cara mengajar yang unik, menurut saya).

Nama Chemist yang Beliau sematkan di belakang namanya adalah salah satu cara Beliau untuk menghargai usaha Beliau belajar ilmu kimia sedari tahun 2003 hingga 2010. 

Meskipun saat ini lebih memilih untuk berdiam diri di rumah dan menjadi full time mother (dan blogger, tentu saja), mbak Rahmah tetap meluangkan diri untuk berbagi pengetahuan dan ilmu kimia; baik ilmu kimia sebagai pengetahuan atau juga ilmu kimia sebagai sebuah terapan. 

Selain ahli dalam ilmu kimia, mbak Rahmah juga ahli dalam design grafis. Dulu, Beliau adalah rujukan kami, para ibu Ibu-ibu Doyan Nulis, saat belajar nge-blog. Blog berantakan, colek mbak Rahmah; blog acak-adut karena sok-sok otak-atik HTML, mention mbak Rahmah .... 

Nah, bagi Sahabat yang ingin bertanya seputar ilmu kimia, Sahabat bisa mengunjungi blog Rahmah; chemistrahmah.com atau menghubingi media sosial Beliau di @ammachemist (IG), @amma_Chemist (twitter) atau Rahmah Chemist (Facebook).

You May Also Like

4 komentar

  1. Coba kalau dulu pelajaran kimia seperti blog post mungkin lebih mudah memahaminya maklum meski dulu ambil jurusan fisika tapi masalah kimia nggak berkutik

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, jaman dulu pelajaran memang masih sakklek ya, pak Dwi

      Delete
  2. wow aku baru tahu Rahmah ternyata juga jagonya design grafis :) - ketauan kurang teliti nih pas mengulas blog-nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu jaman waktu kami di IIDN kok mbak. Waktu itu kalau ada masalah sama HTML, bisanya trus tanya mbak Rahmah

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.