Pentingnya Komentar Blog di Moderasi

by - 5/25/2016


Assalamualaikum,

Beberapa waktu lalu saya pernah membuat post, tentang perlu tidaknya komentar di moderasi. Pngunjung yang berkomentar si, menyarankan agar tidak perlu di moderasi karena pengunjung bisa lebih nyaman.

Tapi jawaban lebih pasti, saya peroleh saat mengikuti Fun Blogging ke sebelas kemarin.

Jadi ni, waktu itu pas sesi mbak Shinta Ries, Beliau cerita bahwa beberapa bulan yang lalu (sayang nggak dijelasin tepatnya kapan), dunia per-bloggeran heboh. Pasalnya hari itu banyak DA yang turun drastis bersamaan.

Usut punya usut (jangan tanya gimana ngusutnya), ternyata ada yang komen SPAM pada salah satu blog post. Dan karena kebetulan blog tersebut terkoneksi dengan banyak blog lainnya, maka berjamaahlah DA mereka turun. How come? Hmmm ... terus terang saya belum ngerti. Belum sempet nyari juga alasannya.

Oke deh, back to the topik ...

Jadi, itulah mengapa mbak Shinta Ries sangat menyarankan agar komentar blog di moderasi saja. Karena bial ada SPAM kan langsung bisa dihapus. Waktu itu juga pernah iseng nyari saran dari blogger luar negeri, dan ya, emang si, sebaiknya komentar di moderasi dulu. Karena komentar pada blog post juga bisa mempengaruhi branding si empunya, jadi bisa dipilih-pilih, mana yang hendak ditampilkan dan mana yang tidak.

So, maaf ya, jika beberapa kali berkunjung pada blog ini dan berkomentar, ternyata komentar kembali lagi masuk moderasi. Dah, gitu aja sekilas berita sore ini.

Wassalamualaikum.

You May Also Like

5 komentar

  1. Atuhlaaaah mbak,...
    Banyak yang suka nyepam gitu di blog aku hiks...
    Dasar tukang obat!

    ReplyDelete
  2. Saya juga memoderasi komentar d blog saya, tapi bagi yang baru pertama kali komentar saja. Pernah sekali ada orang gak jelas komentarin komentar pengunjung blog saya dengan kata-kata kasar, emang moderasi komentar itu penting banget ya mba. Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, gimana itu mbak settingnya, kok bisa dipilih-pilih gitu?

      Oya, salam kenal juga mbak. Terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  3. Banyak banget tukang obat yang suka nyepam. hiks

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.