Belajar Parenting dari Arinta Adiningtyas

Salah satu hal yang saya sukai dari menjadi profesi Blogger adalah kesempatan membangun pertemana denga oranglain. Terlebih bila berkesempatan mengenal lebih jauh kehidupan seorang Blogger.

Seringkali saya menemukan banyak inspirasi-inspirasi baru dari mereka. Dan kali ini ilmu saya nambah dengan karena “Tips Emak” yang ternyata beberapa diantaranya juga masuk dalam kategori yang parenting dari mbak Arinta Adiningtyas.

Saya tertarik untuk ngulik “Tips Emak dari Beliau saat mampr di blog Beliau Kayu dan Sirih. Sebuah blog, yang menurut Beliau, bertema tentang perempuan (I wish she had a definite brand or something).

Kebetulan saya sedang mencari ide tulisan tentang kehidupan ibu rumah tangga, jadi “Tips Emak” langsung menjadi pilihan saya begitu melihat jejeran kategori pada blog pos Beliau.

Tips Emak ala Arinta Adiningtyas

Ada 17 pos dalam kategori ini. Saya langsung mampir pada tips memilih sekolah anak, kebetulan kan sekarang sudah mendekati waktu pendaftaran sekolah?

Menurut mbak Arinta, meski sekolah adalah hak anak, namun sebagai orangtua kita haruslah memperhatikan juga bakat dan minatnya. Tidak hanya sekedar mentereng fasilitas.

ArintaAdiningtyas
Tips memilih sekolah untuk anak

Tips lain yang saya suka adalah parenting Islaminya. Saya seperti diingatkan saat membaca post Beliau tentang pentingnya membaca doa masuk rumah, doa nabi Ibrahim untuk keluarganya, serta bagaimana cara istri mendukung suami.

Air mata saya malah tidak bisa ditahan saat membaca niat Beliau untuk menghadiahi almarhumah Ibu mbak Arinta dengan menghafal salah satu surah dalam Al-Quran. Aduh, sholehahnya mbak Arinta nie…

Tentang blog Kayu & Sirih

Sedikit OOT, saya sangat suka dengan tampilan feature image milik mbak Arinta. Bisa otomatis zoom in dan zoom out, saat pointer mengarah padanya. Penasaran deh, bagaimana cara membuatnya.

Oya, jika boleh memberi saran, menurut saya sebaiknya kategori “Parenting” dan “Tips Emak” ini dijadikan satu atau malah dibuat Sub Kategori. Karena ketika saya memilih “Parenting”, ternyata ada beberapa post pada “Tips Emak” yang juga masuk Kategori di sana.

Tak mengapa si, bila mbak Arinta memang nyaman dengan hal tersebut, Namun menurut saya akan lebih memudahkan pembaca apabila pos terkategori dengan baik.

Bila mbak Arinta berkenan juga, saya sedikit hendak berbagi tentang trik menulis pos yang nyaman untuk pembaca.

ArintaAdiningtyas
Memilih “Clear Formatting” akan membantu post mbak Arinta lebih rapi

Beberapa pos blog milik mbak Arinta sepertinya merupakan bahan olahan pada dokumen word yang kemudian di salin rekatkan pada pos blog. Hasilnya pos blog mbak Arinta memiliki jenis huruf yang berbeda-beda, dan kadang besar kecilnya pun tidak sama.

Dalam ilmu konten, tentu hal ini mengganggu pembaca. Kalo bagi saya pribadi, tulisan yang kecil seperti pada post “Doa Nabi Ibrahim” membuat saya harus menyipitkan mata saat membaca (yah, faktor “U” gitu).

Paragraf pada post sebaiknya agak lebar, agar pembaca “tidak terpeleset” saat membaca rangkaian kalimat dalam paragraf. Inti yang sedang dibicarakan pun akan lebih mudah dipahami bukan? 

Untuk yang satu ini, saya yakin, mbak Arinta lebih paham, karya-karya Beliau di media telah banyak terbit lho.

Bagi saya sebetulnya konten yang bermutu jauh lebih baik dibanding layout blog. Tapi, layout yang menarik tentu akan membuat pengunjung betah kan?

Terima kasih mbak Arinta untuk inspirasi kepengasuhannya. 

Bagi Sahabat yang ingin mengenal jauh dengan mbak Arinta, bisa mampir pada blog kayusirih atau jalin pertemanan dengan media sosial Beliau; Facebook: Arinta Adiningtyas, Twitter: @arinta_arinta
Show 10 Comments

10 Comments

  1. Iya mba.. Beberapa tulisan ada yang beda font nya..hihi.. Lupa mau edit >_<

    Makasiih ya saran-sarannyaa.. Hug and kiss from Solo.. :* ๐Ÿ™‚

  2. Sama-sama mbak, saya suka dengan blog Arinta. Apalagi inspirasi kepengasuhan Islaminya.

  3. iya, mbak, susah nyari yg seperti itu. Soale kebanyakan teori dari LN semua

  4. Dulu saya juga fokus ke konten mbak tapi sepertinya pembaca juga butuh ilustrasi / image bahkan layout yang menarik sehingga enak dibaca. Jadi sebenarnya itu sepaket, mbak. Aku jadi gak sabar nih mau ngepo-in mbak Arinta, tp mau BW dulu hehehe

  5. Sekolah anak, memang harus dipilih dengan baik. Sy sendiri sudah merencanakannua sejak dini, ya.. Paling gak mimpi dulu deh ๐Ÿ˜€

  6. namanya pembaca digitl=al memang begitu mbakyu. Berubah-ubah terus. kemarin infografis nge-trend, sekarang sudah bergeser ke v-logger kan?

  7. sebaiknya dirapikan dulu mbak, sebelum publish. Kan enak kalo post-nya rapi

  8. jangan lupa sediakan dana dan juga sesuaikan dengna minat bakat mbak ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *