Perlu Nggak Sih, Komentar di Moderasi?

perlunyamoderasikomentarpadablog
Benernya nih, benernya … nggak pengen bikin post tentang dunia blogging-an; soalnya topik yang satu itu, sudah saya pisah di blog tersendiri (rahayusbloggingcorner.blogspot.co.id)
Tapi nggak papa lah, berhubung sedang ikut arisan link dari blogger perempuan dan musti review blog-blog milik peserta arisan, jadi, baiklah bikin pojokan khusus untuk nge-blog. 

Okeh, back to topik, tentang komentar di blog, perlu nggak sih komentar di Moderasi? 

Salah satu blog yang paling saya suka mampir adalah blog mbak Annisa Stevani. Ceritanya ringan, dan sering juga ngobrolin topik-topik penting dunia blogging. Jadi sepertinya kalo nggak mampir kok sayang. 
Asiknya lagi, setiap kali ninggalin komentar di blog mbak Annisa tu nggak perlu nunggu moderasi untuk melihat komentar kita. Rasanya kok plong ya… (ketahuan punya gejala narsis he he he). Seneng gitu komentar saya langsung bisa dibaca. 
Padahal saya sendiri termasuk kelompok yang memoderasi komentar. Alasannya apalagi kalo mencegah ada komen-komen nggak jelas mampir, dan juga kawatir lupa berkunjung balik pada blog pengunjung; terlebih bila mereka komentar pada post-post lama. 
Tapi setelah sering mampir ke blog mbak Annisa, rasanya kok jadi ingin membuka moderasi itu ya…
Nah, bagaimana menurut Sahabat Blogger, perlu nggak sih, komentar dimoderasi?

Update: Jawaban pastinya ada pada artikel “Pentingnya Komentar Dimoderasi”

Show 4 Comments

4 Comments

  1. Menurut saya sih nggak perlu karena bagian dari kenyamanan pengunjung berkomentar masalah nanti ada yang nyepam kan bisa buru baru dihapus apalagi blogger bisa diakses lewat HP bisa cepat ketahuan kalau ada yang ngepam dan prosentasenya banyak komen yang baik dari pada yang nyepam

  2. perlu gak perlu sih mbak tapi mending gak usah di moderasi deh mbak biar pengunjungnya pada nyaman ๐Ÿ™‚

  3. iya, ni Pak Dwi, saya pengen buka aja moderasinya. Kadang juga kelupaan mau moderasi komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *